Mini mungkin sudah ada sebelum tahun 60-an, tetapi kerja sama antara Sir Alec Issigonis dan John Cooper baru dimulai pada September 1961, yang melahirkan Austin Mini Cooper dan Morris Mini Cooper.





Untuk merayakan peristiwa penting tersebut, Mini telah merilis model edisi khusus. Terbatas di seluruh dunia, Mini Anniversary Edition bertujuan untuk mengingatkan kembali kolaborasi antara semangat balap tradisional merek Mini dan kesuksesan John Cooper di Formula 1.

Karena mobil balap rancangan John Cooper dikenali dari cat hijau dengan aksen putih, model Mini Anniversary Edition ditawarkan dalam warna British Racing Green metallic. Varian Midnight Black metallic juga tersedia, sedangkan Mini John Cooper Works Anniversary Edition juga bisa hadir dengan warna bodi Rebel Green. Sementara itu, atap, cover spion, handle pintu, dan bezel lampu depan dan belakang berwarna putih.

Aksen lainnya termasuk garis-garis kap mesin putih, garis aksen merah, dan nomor 74. Untuk melengkapi penampilan, satu set velg 18-inci John Cooper Works dalam desain two-tone Circuit Spoke hadir sebagai standar, bersama dengan logo COOPER yang ditemukan di door sill plate, side scuttles, pilar C dan bagian tengah setir.

Di dalam, permukaan interior menampilkan tanda tangan John, Mike dan Charlie Cooper di sisi pengemudi. Panel pintu pengemudi juga menampilkan lambang dengan tanda tangan John Cooper, catatan tulisan tangan "1 dari 740," dan kata-kata "60 TAHUN MINI COOPER - UNDERDOG YANG TAK TERDUGA." (motor1 19/7/2021)