BMW E39 Review Lengkap, Perhatikan Ini Sebelum Beli
Rekeningku.com Forum Header 320x100 Blackvue
Results 1 to 4 of 4
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/671072
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    5
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 18 Mins 31 Secs

    BMW E39 Review Lengkap, Perhatikan Ini Sebelum Beli

    Kamu sedang mencari BMW E39 bekas? Sebelum beli, kamu bisa perhatikan beberapa hal penting ini. Inilah review lengkap dari BMW E39.

    BMW E39 merupakan generasi keempat dari BMW seri lima. Mobil ini mulai diproduksi pada tahun 1995 hingga 2003.
    Mobil ini masuk dalam kategori mobil mewah mid-size. Dirancang oleh Joji Nagashima (1992) untuk menggantikan pendahulunya, BMW E34. (Sumber : Wikipedia)

    Eksterior BMW E39

    Secara desain, BMW E39 mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Kini terlihat lebih mewah dan jauh dari kesan kaku.

    Terlihat dari headlampnya, kini sudah dilengkapi dengan mika pelindung. Namun tetap mengadopsi dua buah lampu yang menjadi ciri khas BMW.

    Untuk teknologi standar pada headlampnya pun sudah dilengkapi dengan projector. Sebenarnya sudah ada teknologi xenon, namun untuk E39 ini hanya menjadi opsionalnya saja.

    Masih menggunakan bohlam halogen biasa untuk lampu dim dan foglamp. Kemudian lampu utama dan lampu sign nya menggunakan bohlam pijar biasa.

    Desain grillenya juga menjadi ciri khas BMW dengan tampilan dua grille.
    Penampilan bumper sangat simple sekali. Dilengkapi sentuhan krom yang membuat mobil ini tampil elegan dan tidak terlalu berlebihan.

    Untuk kaca spion, pengaturannya bisa dilakukan secara elektrik. Tapi pelipatannya masih manual.
    Dan untuk velg nya sebagai standard memiliki ukuran 15 inchi. Ketika facelift, berubah menjadi 16 inchi.

    Selain itu, sistem pengereman sudah dilengkapi dengan disc brake pada bagian depan dan belakangnya.
    Sekarang beralih ke bagasi, akses untuk membuka bagasi bisa dilakukan dari dalam ataupun luar kabin melalui micro switch.

    Kapasitas bagasinya besar sekali, benar-benar memanjang ke bagian sisi dalam. Pada sisi sebelah kanan, ada tempat penyimpanan terbuka. Dimana sebenarnya pada bagian bawahnya ada sebuah tempat penyimpanan aki.
    Sedangkan di sisi kiri, ada tempat penyimpanan juga untuk CD changer.

    Sedangkan pada bagian bawahnya, terdapat ban serep dan juga dongkrak.
    Pada sisi atap bagasi, seperti biasa ada toolkit. Ini menjadi ciri khas BMW dari generasi ke generasi.

    Mesin dan Transmisi BMW E39

    BMW E39 mulai masuk ke Indonesia sejak 1996-2000. Hanya terdapat 2 tipe yaitu 523i (2.500 cc, 170 ps) dan 528i (2.800 cc, 192 ps).

    Untuk versi pre facelift, menggunakan mesin M52 (inline 6, single vanos). Sedangkan pada versi facelift, menggunakan mesin M54 (inline 6, double vanos).

    Pada masa facelift tersebut, hadir model baru dengan tipe 520i (2.200 cc, 170 ps), 525i (2.500 cc, 192 ps), dan 530i (3.000 cc, 231 ps).

    Selain itu juga, terdapat beberapa model lain yang tidak masuk secara resmi oleh ATPM. Diantaranya 535i (V8, 3.500 cc, 235 ps), 540i (V8, 4.400 cc, 286 ps), dan M5 (V8, 4.900 cc, 400 ps).

    Terdapat didalamnya modul untuk ABS serta EBD sebagai standarnya. Selain itu juga terdapat fitur reaction controlnya.

    Pada bagian atap mesin dilengkapi dengan peredam. Kemudian E39 juga sudah dilengkapi dengan bukaan pegas, jadi anda tidak perlu menahannya lagi.

    Interior BMW E39

    Di bagian interiornya sendiri, sebenarnya E39 punya beberapa pilihan warna interior. Mulai dari batch, hitam, dan juga abu-abu.

    Kualitas dari BMW seri 5 tidak perlu diragukan lagi. Ini merupakan medium sedan yang memberikan kemewahan.
    Bisa dilihat dari kualitas dashboard, seluruhnya menggunakan material soft touch. Terasa empuk sekali.

    Begitu juga pada door trim dan joknya, menggunakan material kulit yang sangat premium.
    Kemudian sentuhan panel kayu yang memanjang pada sisi dashboard memberikan kesan elegan yang sangat kuat sekali.

    Dibalik panel kayu ini, ternyata terdapat head unit. Mulai dari pemutar kaset hingga pengaturan audio.

    Layar digitalnya memang masih ukuran kecil pada tahunnya. Namun sudah memiliki fitur radio.

    Selain itu, pengaturan untuk jam, tanggal, bisa diatur melalui head unit ini.

    Nah berlanjut ke kontrol unit AC. Kontrol unit AC sudah full digital, sangat canggih sekali di zamannya karena sudah ada dual climate control.

    Jadi pengaturan udara sisi kanan dan kiri dapat diatur secara terpisah menggunakan tombol.

    Pada sisi kirinya ada beberpa pengaturan udara untuk berhembus dari sisi bawah, tengah, ataupun atas. Kemudian juga sudah dilengkapi dengan fitur auto.

    Sedangkan pada sisi kanannya terdapat tombol defogger kaca depan dan belakang, tombol AC, dan katup udara pemisah.

    Kemudian di bagian bawahnya terdapat tombol untuk central lock dan hazard. Model rem masih konvensional menggunakan tangan.

    Untuk model instrumen cluster pada E39 masih analog. Berisi informasi penunjuk tangki bahan bakar, speed, putaran mesin, dan econometer.

    Sebagai BMW seri 5, multi information display ini bisa dibilang paling canggih pada zamannya. Karena sudah menampilkan banyak informasi bagi pengendaranya.

    Pada sisi kanan speedometer, terdapat tuas untuk menyalakan lampu utama. Kemudian ditunjang fungsi roller untuk menerangi atau menggelapkan lampu.

    Sedangkan pada tuas kiri, berfungsi untuk menyalakan foglamp depan, belakang, atau keseluruhan depan dan belakang.

    Selain itu juga, ada pengaturan untuk ketinggian dan kerendahan dari lampu utama.
    Untuk stir sudah dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic. Bahkan bukan manual, melainkan bisa diatur secara elektrik.

    Fitur elektrik juga sudah ada untuk jok pengemudi dan penumpang depan. Pengaturannya mulai dari maju, mundur, ketinggian, dan kerendahannya.

    Kemudian untuk doortrim sudah dilengkapi dengan power window. Keempatnya juga sudah menerapkan full auto.
    Ruang penyimpanan terdiri dari bagian bawah dashboard, konsol tengah, dan door pocket.

    Dan untuk sistem keselamatannya sendiri, mobil ini sudah dilengkapi dengan air bag. Mulai dari bagian pengemudi, penumpang, dan seat airbag di masing-masing pintu bagian depannya.

    Sekarang beralih ke bagian belakang, posisi duduk di kabin belakang ini nyaman sekali. Mulai dari posisi kaki, sudut kemiringan, dan sandaran terasa lega.

    Pada sisi bagian tengah, terdapat kisi kisi AC. Mengalirkan udara yang pengaturannya dikendalikan dari bangku kemudi.

    Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli

    Pengecekan Sistem Elektrikal

    Hal pertama yang harus anda perhatikan pada mobil ini adalah sistem elektrikalnya. Sistem elektrikal pada mobil ini terbilang cukup banyak kerena dilengkapi berbagai fitur-fitur kemewahan. Jadi sebaiknya memeriksa seluruh fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut secara mendetail

    Melakukan Test Drive

    Periksakan juga transmisi otomatisnya pada saat anda melakukan test drive. Rasakan setiap perpindahan giginya, apabila ada yang terasa menyentak, kemungkinan besar ada masalah.

    Modul Control Unit ABS ASC

    Kemudian hal berikutnya adalah modul dari ABS dan ASC ataupun reaction controlnya. Ini yang banyak sekali mengalami masalah dan hingga saat ini belum banyak yang bisa melakukan perbaikan. Jika bermasalah, maka anda harus melakukan penggantian satu unit.

    Pemeriksaan Detail Eksterior

    Selanjutnya perhatikan bagian eksterior untuk detail-detail kecil. Seperti panel dibagian bawah lampu. Karena panel ini sering mengalami masalah yang tidak lagi bisa menempel secara normal. Akhirnya membuat penampilan mobil tidak lagi terlihat segar.

    Karet kaca di bagian depan dan belakang juga kadang ada yang sudah mengalami retakan. Maklum saja karena faktor usia.

    Penggantian karet kaca sebetulnya tidak terlalu mahal, namun cukup sulit. Karena harus melepas kaca depannya untuk mengganti secara utuh. Apabila tidak diganti, kemungkinan akan mengalami kebocoran.

    Selain itu, pada list plang sisi samping mobil pun banyak pengguna yang mengabaikannya. Masalah ini timbul biasanya karena kesalahan dalam penggunaan dongkrak. Yang akhirnya membuat panel di sisi sampingnya menjadi penyok-penyok.

    Kisaran Harga

    Kisaran harga BMW E39 pada April 2021 dari Mobilman.id bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp 60 jutaan hingga Rp 150 jutaan.

    Harga tersebut tergantung dari kondisi dan seberapa banyak kilometer yang ditempuh.

    Rangkuman Akhir

    BMW E39 merupakan sedan terbaik yang dapat memberikan kenyamanan, kecepatan, dan harga yang terjangkau. Fitur dan teknologi yang digunakan cukup modern, ini bisa menjadi boomerang jika tidak dirawat. Maka dari itu, perhatikan secara detail sebelum membeli mobil ini.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Dua
    Location
    Surabaya
    Posts
    28
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 15 Mins 47 Secs
    ikutan nimbrung ah.


    my 2nd time pelihara E39.
    1st E39 Black 523 Manual 1997 (pake 6 bulan)
    2nd E39 Silver 520 Automatic 2001 (pake 18 bulan)

    Overall puas banget pake mobil ini (since upgrade dari E46 318 M43 2000) , kalo suruh rangkum feelings yang dapet dalam 1 kata, ya tak lain dan tak bukan adalah KENYAMANAN, udah itu aja gak kurang gak lebih.

    Nyaman nya seri-5 emang jadi mindset nomor 1 waktu BMW bikin E39 ini, desain gagah, mobil anteng/tenang, interior komplit banget, cerita tentang teknis E39 uda banyak kali ya, spesifikasinya blablabla, suka duka blablabla, saya coba sajikan sisi lain dari saya selaku user E39.

    Anehnya, mobil ini secara gak langsung "mendewasakan" drive-habit kita, dulu ketika pake E46 berasa pingin selap selip, masuk kanan kiri, ada lurusan dikit pingin kickdown, tapi since pake E39 jadi berasa bawa mobil priyayi, pingin nya yang santai elegan, pingin nya menikmati setiap perpindahan gigi, menikmati RPM yang dibetot sedikit demi sedikit, menikmati turning point, menikmati tiap langkah pokoknya, sampe sampe playlist di dalem mobil saya rubah total dari musik dak duk dak duk (baca: trance) jadi music 90's, evergreen, jazz, dll, entah mengapa kerasa match banget mainin lagu lagu evergreen di mobil ini, kekedapan kabin , empuknya jok fabric (luckily saya dapet yang masih interior original fabric seat), serta bau "khas" BMW, kerasa match banget saya classic old soul, dan di titik ini saya menyebutnya "pendewasaan diri" pada pilihan, gaya mengemudi, dan cara menikmati mobil.

    what a good chance, bersyukur saya menjadi bagian dari generasi muda yang menikmati premium sparks dari mobil yang sudah berusia 21 tahun ini, i think this sparks gonna stay forever.
    BAVARIAN MOTOR WORKS

    E39 523 M52 1997 Black
    E46 318 M43 2000 Black
    E39 520 M54 2001 Silver

  4. #3
    Kopral Kepala
    Location
    Bali
    Posts
    188
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 17 Hrs 2 Mins 35 Secs
    Electrical E39:

    Cek lampu lampu di kabin. Kalau buka cermin terus steering column naik turun sendiri, itu elektrikalnya udah kena. Bisa ignition switch, bisa light control module.

    Cek karpet belakang basah atau tidak (kalau perlu bawa ke carwash). Dibawah karpet belakang ada fuse box, dan kalau karpet basah karena vapor barrier door trim tidak merekat dengan baik, fuse box ini rentan karatan. Voltase nanti gak sampe ke bagian bagian cluster.

  5. #4
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 24 Mins 48 Secs
    udah pengen banget mobil ini dari dulu semoga segera punya
    Cari duit biar bisa modif. Lokernya cari di TopKarir

 

 
Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Wajib Lihat Ini Sebelum beli Mobil Terbaru Wuling New Confero S
    By andiharamain in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 17th April 2021, 08:48
  2. Sebelum Pasang Peredam Mobil, Perhatikan Hal Ini
    By Zenuarbgnx in forum Tips & Artikel Interior Mobil
    Replies: 2
    Last Post: 22nd November 2018, 07:46
  3. (ASK) Mitos Dalam Audio. Baca Ini Sebelum Beli.
    By wijayab in forum Diskusi Speaker
    Replies: 1234
    Last Post: 17th April 2017, 12:23
  4. Replies: 11
    Last Post: 23rd December 2012, 15:05
  5. Beli Mobil Bekas, Perhatikan 11 Bagian Ini BAGIAN 1
    By Flic.Valentino in forum Automotive
    Replies: 19
    Last Post: 9th June 2008, 08:57
Back to top