Irit BBM dengan Vacuum Meter
Rgotogel Gelap.net 36Goal.com

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 26 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 255
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/9983
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Serpong
    Posts
    307
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Irit BBM dengan Vacuum Meter

    Tujuan : Meminimalkan konsumsi bensin.

    Berdasarkan anjuran teman di AvanzaXenia.Net gua beli vacuum meter merek Auto Gauge. Ada yang bilang merek ini kurang bagus tapi untuk belajar mungkin udah cukup.

    Pada saat stationer tanpa AC, jarum harus menunjukan angka diantara 22-24 seperti gambar dibawah ini :



    Begitu AC nyala, jarum diangka 17-19 :



    Kalau lagi akselerasi, jarum akan turun keangka 0-10 yang artinya pemakaian bensin dalam jumlah banyak. Tapi begitu agak lama dikit atau jarum RPM diangka 3000 maka jarum vacuum meter akan naik ke angka 15-20 yg artinya pemakaian bensin sedikit.

    Pada saat RPM tinggi diatas 3000 dan gas dilepas (tidak injak kopling dan rem) maka jarum akan loncat ke angka 26-27, yang katanya berarti oli masih bagus.

    Gua terbiasa nyetir di RPM rendah , ternyata jarum vacuum meter menunjukan angka dibawah 15. Jadi bukannya suara mesin terdengar lebih halus karena RPMnya rendah tapi karena putaran mesin terbeban atau RPM dengan kecepatan gak sesuai.

    Harga vacuum gua beli 185 ribu berikut rumahnya.

    Suatu hari, gua rasa kok jarum Vacuum Meter susah untuk mencapai angka diatas 15. Buka filter udara ternyata throtle body sudah kotor, setelah disemprot dengan cairan pembersih jarum vacuum meter gampang keangka 15 keatas lagi. Jadi, vacuum meter juga bisa jadi indikator untuk melakukan maintanance.

    Ada yang pakai di Avanza S A/T, sebelum pkai cuman dapat FC di 1:8, setelah pakai bisa mencapai 1:11 dengan kondisi jalanan yg sama.

    vacuum meter ini bukan hanya sekolah untuk kaki kanan tapi juga sekolah untuk tangan kiri agar mengatur perseneling dengan benar.

    Cara pasang di Avanza non VVT-i





    Foto dimobil gua :



    Selang karet harus dipotong untuk taruh T Conector.

    Patokan pembacaan jarum meter vakum.



    POOR : Bensin boros.
    FAIR : Bensin cukup boros.
    GOOD : Bensin irit.
    DECEL: Saat engine brake sblm pedal rem ditekan.



    Angka-angka (skala) tsb adalah angka tekanan udara (dlm inHg) di Intake manifold yg terukur dibawah tekanan udara luar (1 atm/30 inHg), jadi klu jarum pada angka 30 inHg berarti hampa udara alias 0 (=1-1) atm, sebaliknya saat mesin mati maka angka 0 inHg berarti tekanan udara Intake manifold = tekanan udara luar.

    Report dari salah satu pemakai vacuum meter (Pak Budi):

    Sedangkan fungsi utama meter vakum ini agar spt yg pak Bobby sebutkan bensin yg dibakar dioptimalkan sesuai kecepatan & beban mobil (termasuk tanjakan & beban riil/penumpang) agar bensin yg dibakar tidak sia-sia. Khan fungsi sensor MAP di A/X kita utk memberikan inputan beban mobil (kec vs beban) ke ECU agar ECU dapat menyemprotkan jumlah bensin yg tepat/sekali semprotan sesuai dgn kebutuhan.
    Setelah pemasangan meter vakum ini AVS sy lebih mudah mencapai 10 km/liter utk DAKOT melalui patokan pembacaan meter vakum tsb padahal sebelumnya rata-rata pemakaian bensin AVS DAKOT di 8,5 s/d 9,5 km/liter. Bahkan bln yl wkt ke Tegal dgn 6 penumpang dewasa utk jarak 413 km (tol 100 km & lainnya non-tol sekitar 5.5-6 jam perjalanan) cuman pake Pertamax 27,3 liter saja (> 15 km/liter) & wkt di tol Kanci sempat coba sampe 150 kmh/5000 rpm di sekitar -8 inHg.


    Buat yg jago ngebut meter vakum ini juga dapat digunakan sbg patokan kok.
    Selama meter vakum belum mentok di 0 inHg (= tekanan udara luar/1 atm) berarti tenaga/kecepatan A/X belum maksimum pak.
    Jadi kalau sampe pedal gas sudah pol ke lantai ttp meter vakum tetep blum mentok di 0 inHg berarti jadwal tune-up mesin sudah tiba (filter udara sudah mampet).

  2. SbcAgent
  3. #2
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    yg gw pengen tau:
    1.ini alat hanya sebagai penunjuk sensor saja kan?alias di mana kita optimal ngegas.agar jadi patokan biar irit?(untuk merubah kebiasaan nyetir)?

    2.di mana pengaruh langsung ke mesinnya?melihat itu hanya membypass selang ke sensor saja?dimana campuran afr,tetep ecu yg pegang kendali mengikuti standar prosedur,dan tidak dapat bisa diubah kecuali pake piggy.gimana menurut TS?

    3.Sedangkan fungsi utama meter vakum ini agar spt yg pak Bobby sebutkan bensin yg dibakar dioptimalkan sesuai kecepatan & beban mobil (termasuk tanjakan & beban riil/penumpang) agar bensin yg dibakar tidak sia-sia. Khan fungsi sensor MAP di A/X kita utk memberikan inputan beban mobil (kec vs beban) ke ECU agar ECU dapat menyemprotkan jumlah bensin yg tepat/sekali semprotan sesuai dgn kebutuhan.
    bukannya tuh mang fungsinya ECU?mang yg disebutin di atas kan kerja keseluruhan dari ecu,bukan vacum meter.gmn nih penjelasan dari kalimat tersebut?"no offence"lho hehe..

    4.kl mang khasiatnya kaya gt,menarik jg sih.cuma gw lagi nunggu komentar master2 yg lain,terutama bos Dayak(dipersilahkan maju deh hehe ) buat nanggapin hal beginian.

    5.apa semua mobil bisa?apalagi yg uda bermain2 dengan expert technologi?

    maap nih jadi banyak nanya.maklum,blom pernah denger ginian,masih awan nih.,hehe..

    thx

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Ya hanya indikator untuk measurement throthle position agar effesien.

    Smart.

    Thanks

    Aerio_Standard

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Serpong
    Posts
    307
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by anakjalanan
    yg gw pengen tau:
    1.ini alat hanya sebagai penunjuk sensor saja kan?alias di mana kita optimal ngegas.agar jadi patokan biar irit?(untuk merubah kebiasaan nyetir)?

    2.di mana pengaruh langsung ke mesinnya?melihat itu hanya membypass selang ke sensor saja?dimana campuran afr,tetep ecu yg pegang kendali mengikuti standar prosedur,dan tidak dapat bisa diubah kecuali pake piggy.gimana menurut TS?

    3.Sedangkan fungsi utama meter vakum ini agar spt yg pak Bobby sebutkan bensin yg dibakar dioptimalkan sesuai kecepatan & beban mobil (termasuk tanjakan & beban riil/penumpang) agar bensin yg dibakar tidak sia-sia. Khan fungsi sensor MAP di A/X kita utk memberikan inputan beban mobil (kec vs beban) ke ECU agar ECU dapat menyemprotkan jumlah bensin yg tepat/sekali semprotan sesuai dgn kebutuhan.
    bukannya tuh mang fungsinya ECU?mang yg disebutin di atas kan kerja keseluruhan dari ecu,bukan vacum meter.gmn nih penjelasan dari kalimat tersebut?"no offence"lho hehe..

    4.kl mang khasiatnya kaya gt,menarik jg sih.cuma gw lagi nunggu komentar master2 yg lain,terutama bos Dayak(dipersilahkan maju deh hehe ) buat nanggapin hal beginian.

    5.apa semua mobil bisa?apalagi yg uda bermain2 dengan expert technologi?

    maap nih jadi banyak nanya.maklum,blom pernah denger ginian,masih awan nih.,hehe..

    thx
    1. Betul, sebagai indikator saja.

    2&3. Betul, ECU akan menyemprotkan bahan bakar sesuai bukaan throtle / injakan gas.

    4. Lebih mantap kalau diaplikasikan di obil A/T.

    5. Semua mobil bisa, injection/karburator.

    Dengan VC: injakan gas, gigi, dan kecepatan dapat disesuaikan.

    Maksudnya, waktu kita nanjak kadang kita pakai gigi 3. Mobil tetap bisa nanjak dengan RPM rendah tapi ternyata bensin lebih boros daripada pakai gigi 2 dengan RPM yg tinggi.

    Pengalaman gua, sehabis akselerasi misalnya dari bayar tol sampai kekecepatan 80km/jam, injakan gas terlalu dalam (jarum VC di 12). Bensin disemprot lebih banyak tapi percepatan gak nambah. Kurangin injakan pada gas sedikit, percepatan tetap sama (jarum VC di 15).

    Kadang kita gak sadar kalau jalanan yg kita lalui menurun atau menanjak, dengan VC bisa tahu.

    Kerusakan pada mesin juga bisa diketahui dari VC seperti injection pincang, pengapian pincang (misfire), knalpot bocor, filter udara mampat, dsb.

    Contoh paling baru : VC gua susah menunjukan angka 15 (gak seperti biasanya) setelah di cek ternyata throtle body sudah kotor, setelah disemprot dengan cairan pembersih throtle maka tingkat kevakuman naik lagi alias gampang melewati angka 15.

    Makin vakum makin irit.

    Irit disini bukan mengurangi tenaga mesin tapi efisiensi.

    1 dibakar = 1 tenaga sesuai spek mesin.

    Coba deh ! Terutama buat yg suka ngeluh boros BBM, siapa tahu masalahnya ada pada kaki kanan anda :smt002

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    718
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    58 Mins 12 Secs
    wah info yg bagus nih ... thanks boss

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    319
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Re: Irit BBM dengan Vacuum Meter

    Quote Originally Posted by bobbysant
    vacuum meter ini bukan hanya sekolah untuk kaki kanan tapi juga sekolah untuk tangan kiri agar mengatur perseneling dengan benar.

    Ntar kalo udah lulus, oper ke gw ya Bos... :smt002

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    Serpong
    Posts
    307
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Re: Irit BBM dengan Vacuum Meter

    Quote Originally Posted by Uchienp

    Ntar kalo udah lulus, oper ke gw ya Bos... :smt002
    :smt003 :smt003 :smt003 Beli aja yg baru gak sampai 200 ribu kok.

    Konsumsi BBM Avanza gua :

    Dalam kota 1:10-an dengan kondisi jarang pakai dan jarak dekat. Penguapan bensin di Avanza sangat tinggi.

    Luar kota dgn kecepatan 80-100 km/jam dapat 1:15,6.

    Filter udara JFC, Busi NGK Iridium.

    Easy Clutch.

    Semua standar.

  9. #8
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Pasangnya di bengkel mana Boss???

  10. #9
    Anton G
    Guest
    Quote Originally Posted by theansoracing
    Pasangnya di bengkel mana Boss???
    DIY tuh Bos Bobby. Beli barangnya di Atrium.

  11. #10
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Anton G
    Quote Originally Posted by theansoracing
    Pasangnya di bengkel mana Boss???
    DIY tuh Bos Bobby. Beli barangnya di Atrium.
    ok thx.....

 

 
Page 1 of 26 12345 ... LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [WTS] Defi Meter : Vacuum Meter, Water Temp & Dudukan Pilar (Replika)
    By ricky74 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 84
    Last Post: 3rd January 2013, 15:30
  2. Vacuum Meter AutoGauge Second
    By eliezer_elbert in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 21st August 2011, 17:40
  3. (WTS) TACHOMETER Motorsport+VACUUM Meter AutoGauge 7 warna
    By rezagojel in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 9
    Last Post: 2nd July 2011, 06:45
  4. [WTS] Vacuum Meter, Timing Light & Sparepart Corolla
    By grecoer in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 12th August 2010, 13:23
  5. jual 2nd autogauge blackface boost meter,vacuum meter dan SPW gauge volt meter..MURAH
    By bibongs in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 84
    Last Post: 3rd November 2009, 16:38
Back to top