KINETIC ENERGY RECOVERY SYSTEM (KERS)
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/99604
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs

    KINETIC ENERGY RECOVERY SYSTEM (KERS)

    Regulasi Formula 1 2009 mengijinkan penggunaan "kinetic energy recovery system" atau "KERS". Perangkat ini berfungsi menyimpan energi yang terbuang saat mengerem dan dimanfaatkan untuk menambah dorongan mobil.

    Apa itu KERS?
    Energi kinetik dibuang sebagai panas lewat gesekan rem saat pengereman. KERS menyimpan sebagian energi itu untuk dimanfaatkan sebagai dorongan tambahan.

    Bagimana KERS bekerja?
    Bergantung pada jenis sistem yang dipakai, KERS dapat menyimpan energi secara kinetik (gerak) dalam komponen bernama "flywheel" yang mampu berputar hingga 60.000 rpm. Pada sistem yang lain, KERS mengubah energi kinetik yang terbuang menjadi energi listrik dan menyimpan dalam baterai atau kapasitor.

    BATERAI/KAPASITOR
    Selama pengereman

    1. "Input gear", yang berhubungan dengan "drive train", menggerakkan unit generator motor (MGU) yang menghasilkan arus listrik.
    2. Energi listrik disimpan dalam baterai dan kapasitor.

    Selama menambah dorongan
    Baterai memberi tenaga kepada MGU untuk menggerakkan "input gear".


    FLYWHEEL
    Selama pengereman

    1. Energi kinetik ditransfer ke "flywheel". KCU menambah kecepatannya dengan mengubah rasio "gearbox".
    2. Menambah pengereman karena tahanan meningkat ketika "flywheel" berputar.

    Selama menambah dorongan

    KCU membalik rasio "gear" mengirim balik energi "flywheel" ke drivetrain".


    Gabungan Kedua Sistem
    Selama pengereman

    1. "Gearbox" MGU, dalam mode generator, menghasilkan arus listrik.
    2. "Flywheel" MGU, dalam mode motor, menggunakan energi kinetik untuk memutus "flywheel".

    Selama menambah dorongan
    "Flywheel" MGU beralih ke mode generator, mengirim tenaga ke "gearbox" MGU, dalam mode motor untuk memberikan tambahan.

    KERS Rules
    Penambahan tenaga dorongan diperbolehkan dilakukan beberapa kali dalam setiap lap. Penambahan dorongan hanya bisa diaktifkan oleh pembalap lewat tombol di kemudi.
    Tenaga maksimum yang dihasilkan KERS adalah 60 kW (80,46 tenaga kuda).






  2. Jaya Bet
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    INA-Seattle-Dubai-L.A-Seattle-INA-
    Posts
    883
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by AP View Post
    Regulasi Formula 1 2009 mengijinkan penggunaan "kinetic energy recovery system" atau "KERS". Perangkat ini berfungsi menyimpan energi yang terbuang saat mengerem dan dimanfaatkan untuk menambah dorongan mobil.

    Apa itu KERS?
    Energi kinetik dibuang sebagai panas lewat gesekan rem saat pengereman. KERS menyimpan sebagian energi itu untuk dimanfaatkan sebagai dorongan tambahan.

    Bagimana KERS bekerja?
    Bergantung pada jenis sistem yang dipakai, KERS dapat menyimpan energi secara kinetik (gerak) dalam komponen bernama "flywheel" yang mampu berputar hingga 60.000 rpm. Pada sistem yang lain, KERS mengubah energi kinetik yang terbuang menjadi energi listrik dan menyimpan dalam baterai atau kapasitor.

    BATERAI/KAPASITOR
    Selama pengereman

    1. "Input gear", yang berhubungan dengan "drive train", menggerakkan unit generator motor (MGU) yang menghasilkan arus listrik.
    2. Energi listrik disimpan dalam baterai dan kapasitor.

    Selama menambah dorongan
    Baterai memberi tenaga kepada MGU untuk menggerakkan "input gear".


    FLYWHEEL
    Selama pengereman

    1. Energi kinetik ditransfer ke "flywheel". KCU menambah kecepatannya dengan mengubah rasio "gearbox".
    2. Menambah pengereman karena tahanan meningkat ketika "flywheel" berputar.

    Selama menambah dorongan

    KCU membalik rasio "gear" mengirim balik energi "flywheel" ke drivetrain".


    Gabungan Kedua Sistem
    Selama pengereman

    1. "Gearbox" MGU, dalam mode generator, menghasilkan arus listrik.
    2. "Flywheel" MGU, dalam mode motor, menggunakan energi kinetik untuk memutus "flywheel".

    Selama menambah dorongan
    "Flywheel" MGU beralih ke mode generator, mengirim tenaga ke "gearbox" MGU, dalam mode motor untuk memberikan tambahan.

    KERS Rules
    Penambahan tenaga dorongan diperbolehkan dilakukan beberapa kali dalam setiap lap. Penambahan dorongan hanya bisa diaktifkan oleh pembalap lewat tombol di kemudi.
    Tenaga maksimum yang dihasilkan KERS adalah 60 kW (80,46 tenaga kuda).


    ada yg tau ga apakah teknologi KERS ini bisa diaplikasikan pada mobil? lebih efektif mana bila dbndingkan dgn turbo kit?
    Seperti F1 BMW ya bos....Ini Sumbernya..http://www.kontekaja.com/article.php?id=5464

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    Banyak orang yang belum mengetahui apa itu KERS pada F1. KERS adalah singkatan dari Kinetic Energy Recovery Systems. Teknologi ini adalah teknologi dimana energi atau power yang terbuang sia-sia dari mobil F1 saat melakukan pengereman akan disimpan yang nantinya dapat dipakai sebagai power booster dengan menekan tombol tertentu (seperti A1). Tenaga yang terbuang saat F1 melakukan pengereman tidaklah sedikit. Sedikitnya 2200 HP dengan temperatur yang dapat mencapai 1000 derajat Celcius. Dengan begitu maka, pada musim 2009 ini. Kita akan disuguhkan banyak aksi overtaking….

    Cara elektro-mekanis lebih dulu diusulkan yaitu sejak tahun 2005 lalu yaitu dengan cara menghubungkan satu generator pada poros keluaran dari engine. Generator ini terhubung dengan kapasitor listrik berkapasitas besar. Sistem ini sepenuhnya dikontrol oleh ECU engine. Saat pembalap menginjak pedal rem, ECU memerintahkan generator untuk mengangkap energi kinetik berupa putaran poros dan mengkonversikannya menjadi energi listrik yang disimpan pada kapasitor. Konversi energi kinetik menjadi listrik ini mempunyai efek pengereman yang berguna untuk membantu rem bekerja. Dengan demikian, tempratur discbrake tidak akan terlalu panas karena sebagian energi pengereman sudah tersimpan dalam kapasitor. Pada saat berakselerasi, giliran kapasitor yang diperintahkan ECU untuk meng-energize generator (yang dalam hal ini bertindak sebagai motor) untuk berputar. Putaran motor ini akan menambah power yang berasal dari engine.



    Cara yang full mekanis sering dinamai orang sebagai Kinetic Energy Recovery System (KERS) atau sistem pembangkitan kembali energi kinetik. Prinsip kerjanya hampir sama dengan sistem elektro-mekanis yatu menangkap energi kinetik (berupa putaran poros) yang kemudian disimpan dan nantinya akan dikeluarkan kembali saat mobil berakselerasi. Bedanya, pada sistem ini penyimpanan energi kinetik tidak dalam bentuk energi listrik tetapi tetap berupa energi kinetik yang tersimpan pada putaran flywheel. Selain flywheel, KERS dilengkapi dengan sistem tranmisi plus kopling. Kopling bertugas sebagai penyambung/pemutus hubungan antara KERS dengan poros penggerak dari engine.

    Flywheel adalah roda bermassa besar. Benda bermassa besar mempunyai momentum yang juga besar. Momentum besar ini mempunyai prinsip dasar yaitu, saat dalam keadaan diam susah untuk diputar tetapi saat sudah berputar susah untuk direm. Prinsip ini dimanfaatkan dalam KERS. Saat mobil melaju normal, sistem KERS tidak terhubung dengan poros engine. Tetapi begitu pembalap menginjak rem ECU memerintahkan kopling pada sistem KERS untuk menghubungkan KERS dengan poros engine. Akibatnya, massa poros engine akan mengalami perlambatan karena sebagian powernya dipergunakan untuk memutar flywheel yang berat. Efek perlambatan ini membantu pengereman. Saat pedal rem tidak lagi terinjak, KERS terpisah dari poros engine tetapi flywheel (karena massanya yang besar) terus berputar. Saat pembalap berakselerasi, ECU bisa memerintahkan kopling untuk kembali terhubung dengan poros engine dan kali ini putaran flywheel akan membantu engine untuk berakselerasi. Sistem transmisi di KERS akan mengatur putaran KERS agar sesuai dengan kebutuhan engine untuk melakukan perlambatan atau percepatan.

    ECU bisa mengatur kapan percepatan itu harus dilakukan. Timing ini bisa dihubungkan dengan tombol power-boost di gagang setir pembalap apabila kelak power-boost diijinkan di F1.

    Secara tradisional, balap mobil biasanya identik dengan pemborosan bahan bakar. Tetapi teknologi bisa mengubah semuanya. Sebagai pioneer pada bagi perkembangan teknologi di dunia otomotif, F1 bisa menyumbangkan sesuatu bagi kebutuhan dunia otomotif dunia, termasuk issue-issue sensitif di bidang lingkungan seperti ini.

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    Quote Originally Posted by JV86 View Post
    Seperti F1 BMW ya bos....Ini Sumbernya..http://www.kontekaja.com/article.php?id=5464
    yup..kira2 bisa ga ya diaplikasikan di mobil...kegunaannya sih mirip2 seperti NOS yah..

  6. #5
    Mayor
    Location
    Suroboyo rek
    Posts
    3,194
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by AP View Post
    yup..kira2 bisa ga ya diaplikasikan di mobil...kegunaannya sih mirip2 seperti NOS yah..
    NOS yang bisa diisi ulang lewat mesin hehe,.

    Bagus neh buat yang demen naek gunung hehe.Tapi apakah kuat material girboks dari pembalik daya Kers itu yang kita belum tahu.

    Tapi next time klo dilanjutkan keren nie

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    Quote Originally Posted by soluna_nyeleneh View Post
    NOS yang bisa diisi ulang lewat mesin hehe,.

    Bagus neh buat yang demen naek gunung hehe.Tapi apakah kuat material girboks dari pembalik daya Kers itu yang kita belum tahu.

    Tapi next time klo dilanjutkan keren nie
    yap...ini teknologi keren abis..tp msh blum tau emank aman apa ga...jd pnasaran pngen cepet2 liat F1 2009...

  8. #7
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    dibanding ama turbo mending mana ya?

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    wah sepi yah...

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    surabaya
    Posts
    312
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    49 Mins 9 Secs
    rasanya kok mending turbo ya, komponennya lbh simple dari yg d atas..

    -dari cara kerja aja lbh enak turbo, karena ngandelin tenaga gas buang(exhaust) untuk muterin turbin sby nyadot udara masuk k intake...

    -rasanya KERS baru benar2 efektif, kl ketika rem, kecepatan mobil kita bener2 cepet kyk F1(150, 250, 320 km/j)..kl mobil2 biasa kyknya kurang efektif

    - trus dr segi elektrikal juga lbh sedikit..kl KERS elektrical juga perannya besar, maksudnya ECU lbh kerja keras kl pake sistem KERS..

    - trus dr segi perawatan juga kyknya komponennya(terutama yang mekanis) kl rusak ato emang perlu d ganti(karena pake kopling, berarti ada kampas koplingnya juga kn?) mahal, blum lg kl yang elektrik, mesti cek2 baterainya ato kapasitornya

    - blum lg bobot dari flywheel tambahan yang menambah bobot mobil, kl d F1 kan emang ringan tuh bobotnya(1 penumpang), kl mobil biasa kan banyak tuh, gitu sih mnrt ak.

    kl ada tambahan tolong d tambahin juga, kan teknologi baru ini, hehe..

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    surabaya
    Posts
    312
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    49 Mins 9 Secs
    sory dobel post, inet dudut..hehe

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Akankah Ferrari 599 HY KERS Menjadi Supercar Yang Irit BBM?
    By ES_Vtec in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 21
    Last Post: 9th April 2015, 22:36
  2. ada yang tau cara kerja sistem KERS???
    By eterna 4g63 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 1st July 2010, 10:37
  3. (ask) mo recovery jok
    By zuma09 in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 24th July 2009, 16:01
Back to top