Fuel Injection : Image yang berubah positif
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 19
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/9872
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs

    Fuel Injection : Image yang berubah positif

    Dulu banget saat sistem FI ini pertama diperkenalken di Indonesia,

    biasa ....

    masyarakat Indonesia masih resist & berprasangka buruk

    tapi tahun demi tahun berkembang,
    maka sistem FI jadi keharusan buat mobl baru yang akan dibeli masyarakat

    bahkan dalam perawatan,
    untuk "menstandardkan" kembali FI lebih mudah dari carburetor (coba
    tanya Boss Ditech Bdg)

    Secara teknis, carburetor adalah saluran-saluran bensin manual yang
    sangat rumit
    perubahan toleransi sedikit saja pada ukuran saluran dan celah antar
    komponen akan mengakibatkan perubahan kinerja

    berbeda dengan sistem FI, yang bagian manualnya hanya nozzle-solenoid
    & throttle body, selebihnya diatur oleh microchip yang terprogram

    Buat pabrik "material cost" untuk membuat system FI lebih murah,
    lha wong isinya cuman solenoid & jarum doank,
    lalu untuk bikin "board" dari ECU bisa dibuat di China yang production
    cost-nya amat sangat rendah (seperti motherboard Abit kompie gw)
    sensor-sensor juga murah jatuhnya kalau dibuat dalam jumlah besar
    tapi untuk sekarang "technology cost" untuk FI memang masih agak mahal
    untuk beberapa jenis kendaraan

    untuk membuat carburetor, banyak proses pencetakan (casting),
    penghalusan (machining) yang sulit dan sangat presisi

    lihat carburetor terdiri dari ini bagian yang bikin mumet :

    - Venturi; bagian utama carburetor yang berupa nozzle & diffuser untuk
    mengabutkan bensin
    - MainJet; saluran utama yang menyalurken bensin ke venturi kerjanya
    mirip dengan spray gun cat
    - Throttle Body; isinya katup-kupu (untuk type carburetor CV /
    constant velocity yang umum dipakai mobil)
    - Vacuum diaphragma; untuk mengangkat jarum di main Jet

    belum lagi komponen lain :
    - Choke; untuk menyalakan mesin saat dingin
    - Air Cut Valve; saat pedal gas ditutup mendadak, jumlah udara kedalam
    carburetor dikurangi untuk menghilangkan gejala nembak di knalpot
    - Acceleration pump; saat pedal gas ditekan mendadak, ada tambahan
    bagian yang menambah jumlah bensin
    - Idle system; saat pedal gas tertutup, saluran ini yang menyalurkan
    udara ke dalam mesin
    - Idle Up; untuk menaikkan putaran saat AC atau power steering bekerja

    antar komponen dalam carburetor dihubungken dengan linkage yang rumit
    & saluran-saluran halus

    fungsi-fungsi komponen carburetor tersebut, kalau di FI cukup diganti
    pakai program dalam ECU

    Dalam hal me-manage supply bensin, Carburator juga terkenal dogol,
    kalau di FI saat putaran mesin masih tinggi, kita lepas pedal gas maka
    supply bensin akan di hentikan sama sekali untuk penghematan,
    sedangkan di Carburetor ngocor terus

    coba bandingken komputer+printer sama mesin ketik manual, He..he..he.....

    di mobil Fuel Injection sudah diterima
    tapi pada sepeda motor masih butuh waktu untuk diterima masyarakat,
    hasil test kita menunjukkan kinerja lebih baik dan jangka waktu servis
    lebih panjang dibandingken yang pakai carburetor

    Art

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Dua
    Posts
    202
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    siiiip..jelas dan lugas informasinya. mertua gw dulu jg anti sama FI tp begitu bawa kijang efi dan ngerawat sendiri baru ngerasa kalo dia ngga perlu repot nyetel karbu lagi....paling ganti busi doang..he..he..he..

  4. #3
    Kapten
    Posts
    2,187
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 21 Hrs 3 Mins 52 Secs
    jadi inget beberapa tahun lalu bokap anti banget sama yang namanya EFI.takut perawatannya mahal dsb.
    tapi nyatanya selama pake mobil EFI justru yang ditakutkan belum pernah kejadian..

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    straped tightly in a cefiro
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Mins 46 Secs
    itulah orang indo.. mobil bagus bisa ga laku.. emang pada takut sama teknologi mutakhir.. dulu aja pas neil amstrong mendarat di bulan, para kyai pada heboh.. ga percaya.. walaupun skarang banyak yg masih mempertanyakannya...

    yah FI juga gitu.. dulu pikirannya, kalo karbu, lagi di luar kota, kalo rusak, bengkel pinggir jalan juga bisa betulin.. tp syukurlah sekarang udah mulai merata skill mekanik di seluruh indo...

  6. #5
    kalista
    Guest
    aku mau tanya beda EFI (electronic fuel injection) pada vios dan EPI (electronic petrol injection) pada baleno next-g. itu sama apa beda sih? atau cuma ganti nama aja.

  7. #6
    Kapten
    Posts
    2,187
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 21 Hrs 3 Mins 52 Secs
    cuma penamaan aja kok.tiap pabrikan punya penamaan sendiri2.contoh, toyota : EFI, Mitsubishi : MPFI, Honda : PGM-FI..tapi pada intinya sama, multipoint injection yang diatur oleh komputer..

  8. #7
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    tp kok kalo kita dapat mesin ex trus di aplikasikan ke mobil kita kenapa gak pake injeksi yah....
    malah pake karbu lagi tuh....

    alasannya setting injeksi lebih susah....
    padahal gampang (kalo ada alatnya)....

    hidup injeksi....

    heheheheheheee

  9. #8
    Anton G
    Guest

    Re: Fuel Injection : Image yang berubah positif

    Quote Originally Posted by theansoracing
    Dalam hal me-manage supply bensin, Carburator juga terkenal dogol,
    kalau di FI saat putaran mesin masih tinggi, kita lepas pedal gas maka
    supply bensin akan di hentikan sama sekali untuk penghematan,
    sedangkan di Carburetor ngocor terus

    Art
    Menurut saya sih pada saat lepas gas di FI itu bukan berarti supply bensin di hentikan, kalau bensin distop mesinnya dapat power dari mana ?

    Menurut saya yang terjadi adalah penutupun throtle plate, dengan tertutupnya throtle plate, maka fungsi perhitungan BBM akan dihitung menggunakan besaran ISCV sensor. Berhubung jumlah udara yang masuk melalui lobang ISCV memang lebih kecil dibanding throtle, maka tentu saja untuk mendapatkan stochometric 14.7:1, maka ECU akan otomatis mengurangi juga jumlah semprotan bensinnya. jadi bukan distop tapi akan berkurang sehingga mobil menjadi irit.

    Itu sih pendapat saya pak, mohon didiskusikan juga kalau ada yang salah..!

  10. #9
    Kapten
    Location
    BANDUNG
    Posts
    2,276
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 56 Mins 37 Secs
    Quote Originally Posted by theansoracing
    tp kok kalo kita dapat mesin ex trus di aplikasikan ke mobil kita kenapa gak pake injeksi yah....
    malah pake karbu lagi tuh....

    alasannya setting injeksi lebih susah....
    padahal gampang (kalo ada alatnya)....

    hidup injeksi....

    heheheheheheee
    mungkin mesinnya ga dapat ecu n wiringnya om, jadi pake karbu...hehehhee
    "Goldfish Lover" ^_^
    http://www.modupload.com/images/yvzp6mci4zolj11ta4sw_thumb.jpg
    "MOVE TO ANOTHER FORUM........................"

  11. #10
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by fordian
    Quote Originally Posted by theansoracing
    tp kok kalo kita dapat mesin ex trus di aplikasikan ke mobil kita kenapa gak pake injeksi yah....
    malah pake karbu lagi tuh....

    alasannya setting injeksi lebih susah....
    padahal gampang (kalo ada alatnya)....

    hidup injeksi....

    heheheheheheee
    mungkin mesinnya ga dapat ecu n wiringnya om, jadi pake karbu...hehehhee
    nah itu dia repot kan kalo beli mesin tanpa injeksinya.......
    mendingan beli mesin yg udah ada injeksinya.......

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. All About Engine with EFI (Electronic Fuel Injection)
    By Fuego in forum Tips & Artikel Mesin Mobil
    Replies: 20
    Last Post: 7th August 2013, 13:10
  2. image files dan attachment image
    By ni1305 in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 2
    Last Post: 1st February 2010, 18:01
  3. FS WIRING HONDA yang mau bikin injection
    By jero in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 28th May 2009, 13:08
Back to top