Konsultasi Mesin& permasalahan TIMOR.. GRatiSS...!!
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 98 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 975
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/97
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Coen
    Guest

    Konsultasi Mesin& permasalahan TIMOR.. GRatiSS...!!

    Bole Konsultasi koq,
    untuk masalah Ringan sampai kelas Berat.

    bisa telp ke 08888179052 atau Email ke s515i@yahoo.com.


    MOdifikasi Mesin Timor dengan harga Muarah, Hasil Bergairah... Harga Mahasiswa..

    Coen

  2. Ysbjaya88
  3. #2
    Letnan Satu
    Location
    diSkoTiK (di sisi kota saeutik)
    Posts
    1,868
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Harga mobil Timor berapa? j/k

  4. #3
    Kapten
    Location
    bogor
    Posts
    2,636
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    percaya deh, kalo ada masalah timor pasti beres! om coen ini salah satu dedengkot timor-er
    (asal gak mulai melenceng ke ganti oli aja )

  5. #4
    Coen
    Guest

    Harga Timor?

    Tergantung jenis, Kondisi mobil & tahunnya om.
    harga ini kira2 untuk mobil bagus tingkat pemakai lsg.
    DOHC 97 : 45~48jt
    SOHC 97 :40~44jt

    kalau yg taksi punya DOHC 2000 : 48jt.

    Coen
    punya saya juga mo di jual ni , DOHC 1999.. Tarikan Ringan, body seadanya, Peredam suara, lampu terang, Max speed 200kpj. warna putih... 54jt (nego).

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    jakarta
    Posts
    362
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 20 Hrs 44 Mins 33 Secs
    om..kira2 timur bisa di ganti engine apa yah? diskbrake mobil lokal depan belakang yang bisa masuk ke timor apa om? gpp kham manggil om?
    trs kaki2 bisa pake merek apa yang bagus? bilstein ada gak yah buat timor? sori banyak nanya...? lg bingung mau ganti mobil tapi yang enak buat di oprek2...

    thx aaaa lot

  7. #6
    Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    9,782
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 12 Hrs 18 Mins 12 Secs
    setau gw timor itu mesinnya mayan bagus yah, alias kenceng kalo dioprek, cuman masalah di dashboard, kalo dah tua, suka meleot2 gitu dashboardnya kena panas, bener ga sih
    cmiiw

  8. #7
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,519
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 6 Hrs 19 Mins 5 Secs
    bener..
    dan pula rem nya gampang modar.. alias kaga ada pakem2nya..
    saran gue ganti rem depan belakang sekalian..

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    diSkoTiK (di sisi kota saeutik)
    Posts
    1,868
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Wah pusing jg ganti ini itu. Ujung2nya abis duit gd dong.

  10. #9
    Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    9,782
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 12 Hrs 18 Mins 12 Secs
    hehehe, yah namanya timor bos

  11. #10
    Coen
    Guest

    Mesin & Rem

    mungkin saya bisa kasih masukan sedikit atas kesamaan mesin2 Timor/KIA dan Mazda, paling tidak yg relevan dgn yg ada di Indonesia. Mazda mempunyai mesin-mesin seri B, F, dan G, tapi kita akan membahas yang seri B aja, kalau semuanya, ogut bisa nulis buku tuh. Ulasan dibawah ini berdasarkan fakta yg saya ingat dikepala aja, alias yg penting2 aja, kalau pake reference lagi bisa ada buku jilid 2 nantinya.

    Mesin Timor 1500cc yang ada di Indonesia berbasis mesin Mazda seri B, lebih spesifik lagi seri B5 (1500cc). Mesin ini sendiri mempunya varian yg mencakup dari 1300cc (B3) hingga 1600cc (B6), SOHC dan DOHC. Mesin seri B ini menggunakan blok mesin yg sama, perbedaannya terdapat pada Bore & Stroke dari tiap mesin. Contohnya mesin Timor Bore&Stroke nya 78mmX78.4. Mesin yg 1600cc 78mmX83.6mm, jadi stroke (langkah) nya lebih panjang agar volume jadi 1600cc. Begitu juga untuk mesin 1300cc, 71mmX83.6mm, jelas menggunakan piston yg lebih kecil, namun langkahnya sama, yang berarti mobil yg berbasis mazda 1300cc bisa meng-upgrade ke 1600cc hanya dengan mengganti piston saja, mungkin dengan connecting rodnya apa bila ukuran dari piston pinnya berbeda. Versi mesin Mazda yg 1500cc agak berbeda bore&stroke nya dgn TImor/KIA, yaitu 77mmX80mm. Kesimpulannya, dari sekian banyak varian daripada mesin ini terdapat pada Crankshaft, Con Rod, dan Piston. Transmisi (Gearbox) untuk seri B ini !
    bisa dipertukarkan.

    Untuk mesin seri B ini, kapasitas maximum adalah 1600cc (78mmX83.6). Baik KIA maupun Mazda tidak merekomendasi Overbore piston melebihi 1mm. Jadi gak bisa dinaikkan lagi CCnya. Oleh karena itu Mazda terpaksa membuat 'extension' daripada mesin ini agar kapasitas bisa ditingkatkan dengan cara men-stretch mesin ini sekitar 2.5cm agar piston yg lebih besar bisa digunakan. Akibatnya, crankshaft, camshaft, dan cylinder head jadi lebih panjang pula. Mesin ini disebut seri BP. Pinternya Mazda, walaupun di stretch, bagian depan (tempat aksesori mesin seperti A/C, P/S, Pulley, dll) dan bagian belakang (flywheel) dipertahankan sehingga memungkinkan banyak parts yg dapat dipertukarkan seperti alternator, A/C, bahkan Gearbox. Untuk mesin ini, standard bore&stroke 83mmx85mm (1840cc). Bahkan engine mounting pun tidak perlu dirubah karena memang didesign untuk dipertukarkan (biar ngirit cost produksi). Bagusnya juga, paling tidak untuk Mazda, mesin seri B ini adalah turunan langsung dari!
    versi Turbo (B6T, dan BPT), jadi blok mesin sangat kuat dan menyediakan 'oil spray' buat piston cooling. Kalau yg Timor punya, karena diproduksi ulang di Korea dengan Blue Print Mazda, gak janji deh, Metalurgy yg diterapkan bisa jadi beda.

    Untuk mesin seri B, di Indonesia dipakai di mobil Mazda seri 323 dan Ford Laser dari yg 1300cc hingga 1600cc. Bahkan Taksi yg berbasis Mazda pun memiliki jeroan yg sama. Mesin seri BP bisa ditemukan dimobil Mazda Astina, Lantis, Familia, dll. Mesin KIA seri BP digunakan di KIA Sephia 1800cc dgn bore&stroke nya (lupa), tapi dibawah Mazda (<1800cc).

    Nah, dengan mengacu kepada fakta diatas, baik pemilik Timor maupun Mazda bisa punya Resource untuk spare parts dari beragam tipe mobil. Yang punya Mazda seri B3-B6 kalau mau ngirit dikit bisa pake parts Timor, dan sebaliknya. Saya gak bisa sebutkan seluruhnya, tapi berikut ini saya buatkan daftar parts yg bisa dipertukarkan sesuai yg ada dikepala saya:
    1. Alternator, kompresor A/C, Starter, Power Streeing pump. (B ke BP, BP ke B).
    2. Camshaft (B ke B, BP ke BP), perlu diperhatikan perbedaan Cam yg menggunakan Cam angle sensor untuk mesin yg menggunakan DIS (Direct Ignition System). Dan tentunya SOHC dan DOHC harus dibedakan.
    3. Crankshaft, Con Rod, Piston (B ke B, BP ke BP).
    4. Distributor dan Coil (B ke BP, BP ke B), perlu diperhatikan perbedaan antara Distributor yg menggunakan intergrated Coil (Coil didalam distributor) dengan yg menggunakan external coil. Timor 1500cc menggunakan external coil, sedangkan mazda lantis/familia (1800cc) menggunakan integrated coil, namun Astina (1800cc) menggunakan external coil. mesin KIA 1800cc menggunakan DIS (gak pake distributor).
    5. Gear box (B ke BP, BP ke B), apabila meng-upgrade gearbox dari B ke BP, clutch set dan flywheel harus menggunakan dari seri BP karena perbedaan dalam diameternya dan ukuran input shaft yg berbeda, begitu juga sebaliknya. Untuk konversi ke Automatic, perlu ganti flywheel untuk automatic. Final Gear dan Pinion dapat dipertukarkan, kalau mau ngacir tarikannya pake punya taksi dimana rasio Final Gearnya tinggi, jadi tarikannya pendek-pendek.

 

 
Page 1 of 98 12345 ... LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. KONSULTASI SWAP MESIN HONDA--GRATISS
    By quest in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1003
    Last Post: 13th September 2015, 18:36
  2. Konsultasi khusus TIMOR DOHC Injection..
    By Coen in forum Diskusi Mesin
    Replies: 35
    Last Post: 12th September 2015, 06:38
  3. Replies: 4
    Last Post: 15th December 2008, 12:20
  4. konsultasi mesin avanza....
    By jepanx in forum Diskusi Mesin
    Replies: 49
    Last Post: 1st November 2007, 19:04
  5. Help wanted, mau konsultasi soal turun mesin...
    By welem in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 9th May 2006, 06:26
Back to top