Ask : Bensin yang optimal buat Peugeot 406 D8
Scuto Laminating Simota 36Goal.com

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/95747
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    Batavia
    Posts
    480
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Ask : Bensin yang optimal buat Peugeot 406 D8

    Salam ModComers,

    Ada pengalaman begini :
    - Waktu musim hujan kemaren, kalo pakai premium, tarikan lebh enak (ringan). Kalo pake pertamax malah loyo
    - Kalo cuaca panas, enakan pakai pertamax (permium loyo).

    Jadi bensin apa yang optimal ya?

    Kalo ada yang bisa kasih masukan.

    Terima kasih

  2. Jayapoker
  3. #2
    Sersan Satu
    Location
    Medan - Bogor
    Posts
    343
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kalo nanyanya yg optimal ya minimal pertamax.
    masalah cuaca panas atau hujan itu bisa berbeda2, saya kuatirnya hanya perasaan anda aja.

  4. #3
    Mayor
    Location
    Suroboyo rek
    Posts
    3,194
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by Blue Lion View Post
    Salam ModComers,

    Ada pengalaman begini :
    - Waktu musim hujan kemaren, kalo pakai premium, tarikan lebh enak (ringan). Kalo pake pertamax malah loyo
    - Kalo cuaca panas, enakan pakai pertamax (permium loyo).

    Jadi bensin apa yang optimal ya?

    Kalo ada yang bisa kasih masukan.

    Terima kasih
    Pertamax punya oktan lebih tinggi daripada premium
    jadinya lebih sulit menguap ketimbang premium.
    Di udara panas,suhu ruang bakar juga lebih panas karena input dari luar suhunya lebih tinggi.Ditambah dengan kompresi yang tinggi,maka premium akan habis terbakar sebelum busi memercikkan api karena panas ruang bakar+kompresi tinggi.

    Klo hujan input udara suhunya lebih rendah otomatis suhu ruang bakar lebih rendah.Jadinya pake premium enak2 saja.Klo pake pertamax ga enak pas ujan harusnya tidak.Justru lebih enak.Tapi pernah dapet info setiap kenaikan ketinggian berapa gtu diatas laut,kebutuhan oktan bisa berkurang karena suhu udara lebih rendah.

    Pernah coba pake premium di surabaya sama kota malang rasanya memang berbeda.Seperti enakan di malang.Mungkin secara ga langsung teori yang saya dapet itu bener.
    Melihat kebutuhan mobil anda kayaknya minimum pertamax.

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Medan - Bogor
    Posts
    343
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    emang enakan di malang ya rek?
    atau emg karena cuacanya jauh lebih adem?
    hehehehe singgah di batu utk panen apel..
    peace, just kidding..

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    Batavia
    Posts
    480
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Bro2x yang expert. Thank you atas masukannya. Masukkannya saya rasa ada benarnya.
    Teori yang pernah saya dapat sbb :
    Kondisi udara, semakin dingin maka kandungan Oksigennya (O2), lebin padat (kaya),
    Dalam pembakaran yang dibutuhkan bukan volume udara tetapi volume Oksigen sehingga kalo kita mengendarai pada kondisi dingin (hujan atau di gunung) maka tenaga mesin terasa enak dan enteng (karena banyak Oksigen). Sedang jika udara panas maka akan terasa lebih berat.

    Kemarin saya dapat masukkan dari pakarnya peugeot bahwa 406 D8 bisa menelan premium dengan kondisi :
    > Jika udara dingin (hujan) : OK
    > Jika Udara Panas : direkomendasi pakai aditive bensin yang dapat meningkatkan angka RON (Oktan) dan yang dapat mengikat uap air (mengikat oksigennya)

    Catatan : Peugeot saya pakai bensin apa saja tidak pernah ngelitik (padahal system ECU, sensor dalam kondisi OK)

    Pertanyaannya : Additive apa yang bagus dan harga yang relative terjangkau ?

    Thank you dan salam

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    Medan - Bogor
    Posts
    343
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bro, peugeot anda wajar saja tidak pernah ngelitik karena sudah canggih, ada knocking sensor-nya.
    utk aditif sangat banyak pilihannya, cm saran saya pake yg bentuknya cairan aja biar gak menyumbat fuel filter dan saluran bahan bakarlainnya, termasuk CC. hindarkan pemakaian pil/tablet.
    satu lagi, rata2 aditif tsb mengadung timbal jd pilih aja komposisinya yg bebas timbal.

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    teori tentang ron yang gw tau, semakin tinggi angka ron semakin "susah" menyala dalam artian pecahnya molekul dan berubah menjadi pambakaran, disebabkan unsur kimia yang memang dikonstruksi seperti itu untuk memenuhi mobil dengan suhu ruang bakar yang tinggi disebabkan oleh kompresi tinggi atau perbandingan ratio yang tinggi.

    kalo ngomongin masalah pembakaran, pug identik dengan ratio yang tinggi dengan kekuatan sistem percik yang rendah, (di mesin 405 sih gw liat konstruksinya gituh )
    berarti tenaga bersumber hanya pada konsekwensi pembakaran ruang bakar yang optimal, alhasil dalam perubahan suhu yang drastis membuat perbedaan signifikan dalam keluaran tenaga mesin,

    kalo bro blue lion, mempunyai pengalaman tersebut dan mencari solusi terbaik. gw saranin sih untuk pake aditive octane boster atau sejenisnya pada saat cuaca berubah, karena selalu mengganti bensin juga enggak bagus, bikin temperatur dalam ruang bakar berubah-ubah. sebaiknya konstan
    pake premium yah premium, pertamax yah pertamax

    yang jadi masalah pasti kalo ke pertamax pada saat udara "humid" membuat mesin kaya akan afr, hal tersebut pasti bikin geregetan yah dah keluar duit lebih hasilnya enggak seberapa.
    untuk solusinya coba ganti busi iridium kalo cocok
    lebih baik dan disarankan sih ganti coil pasti lebih maksimal (menurut panduan spesialist)

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    altezza_zita@yahoo.com/satyrwebstore@yahoo.com
    Posts
    6,187
    Power
    139 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 10 Hrs 36 Secs
    pertamax aja dah

    udah ga mahal kan?
    www.satyrwebstore.web.id - automotive online store since 2006
    Osram, Forch, DS, Wealthy, K&N, Michelin, Denso, NGK, NWB, Castrol, Mobil, Shell, Aral, Total, etc

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    Batavia
    Posts
    480
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    teori tentang ron yang gw tau, semakin tinggi angka ron semakin "susah" menyala dalam artian pecahnya molekul dan berubah menjadi pambakaran, disebabkan unsur kimia yang memang dikonstruksi seperti itu untuk memenuhi mobil dengan suhu ruang bakar yang tinggi disebabkan oleh kompresi tinggi atau perbandingan ratio yang tinggi.

    kalo ngomongin masalah pembakaran, pug identik dengan ratio yang tinggi dengan kekuatan sistem percik yang rendah, (di mesin 405 sih gw liat konstruksinya gituh )
    berarti tenaga bersumber hanya pada konsekwensi pembakaran ruang bakar yang optimal, alhasil dalam perubahan suhu yang drastis membuat perbedaan signifikan dalam keluaran tenaga mesin,

    kalo bro blue lion, mempunyai pengalaman tersebut dan mencari solusi terbaik. gw saranin sih untuk pake aditive octane boster atau sejenisnya pada saat cuaca berubah, karena selalu mengganti bensin juga enggak bagus, bikin temperatur dalam ruang bakar berubah-ubah. sebaiknya konstan
    pake premium yah premium, pertamax yah pertamax

    yang jadi masalah pasti kalo ke pertamax pada saat udara "humid" membuat mesin kaya akan afr, hal tersebut pasti bikin geregetan yah dah keluar duit lebih hasilnya enggak seberapa.
    untuk solusinya coba ganti busi iridium kalo cocok
    lebih baik dan disarankan sih ganti coil pasti lebih maksimal (menurut panduan spesialist)

    Thank you bro Kikosky,
    Saya setuju dimana semakin tinggi angka RON semakin susah terbakar dan ini didesign untuk mobil jaman sekarang yang cenderung kompresi tinggi (kompresi tinggi = tenaga besar).

    Beberapa pengisian terakhir, saya coba pakai premium + additive (cair) dan membuat hati saya legowo.

    Untuk busi, setahu saya yang iridium dengan resistor harganya sampai 700 ribuan, benar bukan? Karena spesifikasi peugeot 406 harus pakai busi yang ada resistornya kalo nggak berabe akibatnya . . .

    Untuk busi, kayaknya agak susah karena bentuk Coilnya menyatu dengan kabel busi dan sebagai cover atas mesin.

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    Batavia
    Posts
    480
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by satyr2 View Post
    pertamax aja dah

    udah ga mahal kan?
    Bro Satyr2, antara bensin premium dan pertamax selish harganya lumayan (5600-4500):4500 = 24%.

    BTW, saya denger isu, premium mau tun lagi jadi 3500 rp.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Peugeot 505 SX, buat yang Hobby
    By BajaItem in forum Peugeot
    Replies: 4
    Last Post: 21st May 2012, 18:38
  2. Velg yang cocok buat Peugeot 406?
    By play in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 3
    Last Post: 15th September 2007, 13:52
  3. Bikin Box Subwoofer yang Optimal
    By udadony in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 58
    Last Post: 19th November 2006, 14:20
  4. ada yang tau harga filter bensin buat twincam gt ngk??
    By mukemen in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 10th October 2005, 15:13
Back to top