Frequency Response .. Impedance and SPL
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 38
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/93762
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Kepala
    Location
    Cabin Gain
    Posts
    637
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 48 Mins 57 Secs

    Frequency Response .. Impedance and SPL

    Dear Unscac ..

    Mohon dibantu mengenai frequency Response ama SPL nya (Tweeter)
    Dah baca2 dimana2 ga ada yang bikin puas penjelasannya ..

    - Kalau untuk Midrange dan Midbass kan bisa di Zobel untuk membuat flat impedansinya.

    - Kalau impedansi naik +- 3 Db saja kan dibutuhkan Watt Power hampir 2x lipat.

    Untuk Tweeter .. gambar di bawah dengan naiknya impedansi misal mulai 3 KHz tetapi response SPL nya tetap di +- 90 db cukup flat On Axis .. Nanti kalau sudah berupa music maka yang kita dengar itu kan tetap SPL nya kan ? atau gimana ..



    Wish you all the best and Thanks..

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,419
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 54 Mins 40 Secs
    hahahaha, pertanyaan di forum ini banyak yang kelas berat ya? :smt003
    OK deh, ini juga kesalahan umum yang sudah sudah menjadi 'common truth but it's not!'

    Sampai hari ini, satu-satunya jalan bagi umat manusia -yang mengaku berteknologi sangat canggih- untuk mengubah energi listrik menjadi gerak adalah transit dulu ke magnet, jadi, listrik menjadi magnet dan magnet menjadi gerak.

    Masalahnya juga, satu-satunya cara kita bikin magnet dari listrik adalah menggunakan coil.

    U can see, semua peralatan yang bergerak dengan colokan listrik, sebut saja, bor, jigzaw, pompa air, kipas angin, AC, dll,dll, u akan selalu menjumpai komponen utama berupa gulungan kawat yang dikelilingi besi.

    MASALAHNYA, COIL TIDAK MEMILIKI IMPEDANSI SAMA DI SEMUA FREQ. Induktor punya impedansi semakin tinggi ketika freq input semakin besar. Itu adalah sebuah sifat, dan in fact, hal itu bisa menjadi sebuah kelebihan dan kekurangan, tergantung pemakaiannya. Pada teknologi switching regulator yang sudah sehari-hari kita pakai di charger HP apapun (nobody consider? it's pretty light for a adapter?) dengan mengubah freq 50Hz rumah menjadi ribuan hz, kita bisa menggunakan trafo dengan gulungan sedikit, karena sekalipun nilai L-nya rendah, berhubung freq sangat tinggi, maka impedansinya juga menjadi tinggi. Makanya hari ini kita punya adapter yang ringan, masih ingat tahun <90? u bisa usir maling dengan adapter kalkulator.

    Masalahnya di audio, coil menjadi basis penggerak speaker, PADAHAL sejatinya, speaker harus berimpedansi tetap, supaya memiliki gain dan efisiensi yang selalu sama di semua freq. Tapi, seperti yang tadi saya bilang, we have no choice. Kita TERPAKSA menggunakan coil, sekalipun untuk tweeter. beberapa teknologi filter di magnet dan bahan coil yang sangat hebat berhasil membuat impedansi tetap flat hingga 20KHz, (R7000 misalnya :smt003) tapi bagi yang lain, itu masih impian. Dengan begitu, menjadi ironi bagaimana tweeter yang seharusnya bekerja di freq tinggi, justru mengalami penurunan gain di freq tinggi itu.

    Bagaimana dengan gambar?
    apapun yang terjadi di sana, betul, sekalipun impedansi naik, gain tetap bertahan, semakin baik tweeternya, semakin tinggi angka freq dia bisa bertahan. Pengukuran itu dilakukan dengan input 1W dan diukur dari jarak 1m. Speaker diisi dengan Pink-Noise, yaitu suara sinus campuran mulai 20-20Khz dengan gain rata, (suara cessssss) yang mana suara itu mewakili semua jenis suara yang mungkin kita dengar. bagaimana dengan music? kalau graphic menunjukkan flat, maka juga music akan keluar sebagaimana seharusnya. Kalau dari data di atas, u punya tweeter hebat yang tidak drop sampai 30Khz, maka soal permintaan power yang lebih tinggi di freq tinggi, tidak usah u pikirkan.

    Masalahnya bukan cuma di situ. Dalam pembuatan passife, semua rumus umum dihitung dengan asumsi impedansi tetap dan itu menjadi masalah, impedansi tidak pernah tetap! sehingga 'daya saring' filter XO mengalami sifat yang berbeda di setiap freq.

    ada dua jebakan impedansi, satu kita sebut fs=freq dimana impedansi menanjak tinggi, singkatnya: resonansi, dan kedua adalah kenaikan impedansi di freq tinggi tadi.

    untuk mengatasi Fs, kita bisa pakai rangkaian Notch filter, yaitu band-stop-filter, itu akan menurunkan impedansi di posisi resonansi tadi.

    untuk mengatasi freq tinggi, kita menggunakan Zobel, yaitu low-pass filter, yang menurunkan impedansi di freq tinggi supaya tetap di 4ohm.

    Masalahnya, baik notch maupun zobel filter memiliki sifat reduksi, yaitu mereka menurunkan impedansi dengan cara MEMBUANG suara-yang mana we pay for that!

    Pertanyaannya: perlukan mereka? Tidak tentu, pada beberapa jenis midbass/midrange, dimana terjadi noise atau lengkingan di titik-titik itu, kita memang terpaksa menggunakan mereka, setidaknya, salah satunya. Biasanya ini pada midbass/midrange dengan konus dari logam, tapi andaikata mereka sudah bersuara baik tanpa lengkingan atau gaung, maka rangkaian zobel/notch tidak lagi diperlukan.

    intinya, Zobel/Notch hanya digunakan kalau midbass/midrange sudah tidak bisa dijinakkan lagi. Bagaimanapun juga, penggunaan mereka menurunkan performa speaker yang tidak kita inginkan.

    JUGA, zobel/notch TIDAK SEHARUSNYA bercokol di passife-tweeter karena tweeter umumnya justru kesulitan mencapai freq tinggi -zobel malah memakan freq tinggi sehingga malah buntung. dan notch tidak diperlukan karena FS selalu berada dibawah freq kerja tweeter sehingga tidak usah diurus juga ga akan bikin rese.

    Tindakan desainer yang memaksakan untuk menggunakan rangkaian itu untuk membuat passife tampak mahal, cakep, canggih (dan layak dihargai mahal) juga bukan tindakan yang bisa dibenarkan.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    New Avexis FU6s on:
    http://www.modifikasi.com/showthread...ur-Entry-Level!
    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Bagi yang ingin berkonsultasi secara personal, bisa melalui:
    E-MAIL: unscac@yahoo.com
    Whatsapp, Cell : 082141139097
    Line: Hwely

    Please DON'T sent via PM!!!

  4. #3
    Sersan Kepala
    Location
    Cabin Gain
    Posts
    637
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 48 Mins 57 Secs
    :o .. Gua dah tunggu jawaban ini 3 hari ..
    Jelas deh sekarang ... Gimana rekan2 lain .. Mantab yah jawaban bos kita ???
    Cuman akhir2 ini jarang online saja ..

    Untuk Tweeter Notch ga diperlukan soalnya jauh diatas fs nya..
    Untuk Zobel di Tweeter juga ga diperlukan membuat buntung malahan..
    Untuk SPL Response flat di +- 90 db dan penjelasannya sudah jelas..
    Untuk kenaikan impedansi coil seiring naiknya frequency sudah jelas..
    Untuk kriteria bagus tidaknya response suatu driver sudah jelas..

    Barangkali ada rekan yang membutuhkan perbandingan kalau gambar di atas saja sudah bagus apalagi yang satu ini ..

    Top of the line and Scanspeak's Mascot untill now ..




    Responsenya :



    di atas yang sering diomongin ama bos bisa menahan impedansi flat hampir 4 ohm sampai 40 Khz ..

    Cuman mesti tahu cara menjinakkan gainnya yah bro Unscac ..
    LPad yang bener2 pas kali .. :smt050

    Salam,

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Joglosemar (Jogja Solo Semarang)
    Posts
    491
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 10 Hrs 54 Mins 44 Secs
    aduh sesama dewa ngomong, sini yang manusia cuma bisa mlongo, baca2 wikipedia upgrade ilmu dulu nih baru baca ulang...

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    Cabin Gain
    Posts
    637
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 48 Mins 57 Secs
    Quote Originally Posted by unscac View Post
    ... Tindakan desainer yang memaksakan untuk menggunakan rangkaian itu untuk membuat passife tampak mahal, cakep, canggih (dan layak dihargai mahal) juga bukan tindakan yang bisa dibenarkan.
    Suerrr .. Kalau ini jarang yah yang ngomong gini soal pasif ..

    Jadi inget bebrapa article nya di Modcom tentang Natan budiono (World Champion) yang saya koleksi : (terlepas pro dan kontra yang ada dan siapa yang benar.)

    Natan Says :
    Ngak ada abisnya argue tentang kabel memang nya. Menurut saya, biasanya yg suka pakai kabel mahal . eksotik, dll itu , orangnya cuma punya duit tapi nggak ngerti / bisa setting. Kalau saya cenderung minimalis, pakai barang secukupnya dan semua nya bisa di setting dengan DSP processor/EQ. System saya total nya termasuk paling murah dibanding peserta lainnya, meskipun mereka ngak pakai sponsoran, saya pakai. Tapi hasilnya kosisten bagus terus. Lihat aja, yg biasanya konsisten menang terus, system nya ya gitu 2 aja. Yg pakai barang mewah2 biasanya cuma kebetulan aja menangnya. memang kabel mewah hasinya suara bagus, timbul dll. Tapi saya bisa dapatkan suaran sama atau lebih bagus dengan kabel menengah karena bisa setting yg bener.

    Natan Says :
    Tentang kabel itu rasanya yg dibuat argument itu gara2 nya orang2 yg main home audio. Di home audio kan ngak pake processor, ngak pake EQ, jadi mesti cari kabel yg suaranya bagus dengan content system nya. Terus jadi menular ke car audio.
    Buat Car Audio, yg penting kabel bahan cukup bagus, jack yg tight contact nya sudah cukup. Tentang suara, semuanya tergantung processor/EQ. Di car audio, EQ itu sudah keharusan, karena interior acoustic mobil yg tidak sempurna. Tidak mungkin ada car audio suara bagus tanpa EQ. Maka dari itu saya sukaan active system karena flexible dan final suaranya tetep tergantung EQ. Semua sifat suara, deep, bulat, lebar, dll itu yg menentukan dari equalisasi spectral balance. Meskipun ganti kabel atau pasive memang suaranya ganti, tapi suara ganti nya itu bisa di reproduksi dengan electronic processor. Suara kabel mahal itu cuma sugesti psikology aja. Wah udah abis uang banyak buat kabel, pake NASA shielding dll, suaranya mesti bagus nih

    Natan Says :
    Saya bukan bilang semua kabel suaranya sama!! Memang sudah saya katakan, kabel mahal ada bedanya itu sudah di setujui semua orang termasuk saya. INTI yang saya bilang itu bahwa meskipun kabel suaranya beda antara satu dan yg lain, perbedaan suaranya itu bisa saya duplikat dengan setting dari processor, jadi conclusinya asal kabelnya bisa menghantar listrik secara reliable sudah cukup, SEMUANYA Tergantung settingan processor, dan ini berlaku untuk Car Audio saja, BUKAN Home Audio. I don't care about home audio!!
    Sekali lagi, memang kabel berbeda suara, tapi bisa di duplikat dengan processor. wong ternyata di car audio Equalisasi itu mandatori.
    Ke kitanya sih butuhnya cuma asal copper kable dan JAck nya yg lebih penting buat saya bukan kabelnya, karena dianya yg bikin kontak penghantar listrik nya.
    Saya ini bukan asal omong pendapat. Semua nya ini berdasarkan pengalaman sendiri dan ada bukti dari keberhasilan secara konsisten. Ngak cuma mgomong tok kayak salesmannya kabel (marketing.....hint hint)

    Natan Says :
    Gini nih maksud saya, System "someone" pakai kabel A , suaranya seperti X. Kalau punya audio measurement yg akurat, boleh tuh di lihat frequency response nya. terus di ganti kabel B, suaranya jadi Y. Terus kalau di measure freq. response nya, mestinya bisa kelihatan beda nya. nah beda nya itu bisa di tiru dengan processor. Jadi kembali pakai kabel A, processor di adjust bisa hasilnya jadi suara Y.
    memang kalau cuma ganti kabel tok di dengering yg hasilnya jadi lebih baik pasti bisa. tapi buat apa repot mbrodoli instal ganti2 kabel, wong cuma adjust prcessor tok bisa jadi suara akhir nya. Tapi syarat nya processor nya mesti yg powerful featurenya.

    Natan Says :
    Kalau content systemnya semuanya sama (Konstan) Kecuali modifide interior nya besar2 an; mau tambah treatment, ganti kabel venture, ganti pasive x over , pake tambah jimat, dll pun, Frequensy response nya bedanya ngak lebih dari 1-2 dB. Jadi, base system nya yg kalau memang perlu dikoreksi dengan EQ, tetap aja EQnya sama, ngak bakal drastis lain. Ngak ada mobil sehari2 yg ngak perlu EQ.
    Semuanya ini berdasarkan mobil diem tanpa engine running.
    Wah, kok lama2 saya mbilangin banyak rahasia nih, Sudah ah, cari jawabannnya sendiri, Ok

    Itu saja sebagian saja .. (Kalau ga boleh nyuplik article di atas akan saya hapus .. )

    Thanks

  7. #6
    Sersan Kepala
    Location
    Cabin Gain
    Posts
    637
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 48 Mins 57 Secs
    Oh Ya .. Melihat response nya Ring Radiator Scanspeak R2904_700000 di atas .. harusnya dipasang ga boleh OFF Axis yah ? Typicalnya Ring Radiator kali yah .. SPL energy nya maximal dengan ON Axis ! Bad OFF Axis harusnya !

    Correct me if i'm wrong ..

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    Joglosemar (Jogja Solo Semarang)
    Posts
    491
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 10 Hrs 54 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by Tendean17 View Post
    Oh Ya .. Melihat response nya Ring Radiator Scanspeak R2904_700000 di atas .. harusnya dipasang ga boleh OFF Axis yah ? Typicalnya Ring Radiator kali yah .. SPL energy nya maximal dengan ON Axis ! Bad OFF Axis harusnya !

    Correct me if i'm wrong ..
    iya itu udah keliatan banget, 30 off axis aja sudah langsung turun 8 dB daripada waktu pengukuran on-axis dan terus nyungsep cuepet banget, berarti R2904 ini kurang bagus untuk kriteria dispersi frekuensi tingginya padahal yang R2905, di pengukuran 30 off axis masih manteng di sekitaran 3 dB sampai 15, 000 Hz sebelum nyungsep.

  9. #8
    Sersan Satu
    Location
    Joglosemar (Jogja Solo Semarang)
    Posts
    491
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 10 Hrs 54 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by Tendean17 View Post
    Itu saja sebagian saja .. (Kalau ga boleh nyuplik article di atas akan saya hapus .. )

    Thanks
    Artikel bagus banget tuh, logis banget, mending ngulik di processor daripada sibuk di kabel sama pasif custom atau jimat yang lain, hehehe

  10. #9
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,419
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 54 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by Tendean17 View Post
    Suerrr .. Kalau ini jarang yah yang ngomong gini soal pasif ..

    Jadi inget bebrapa article nya di Modcom tentang Natan budiono (World Champion) yang saya koleksi : (terlepas pro dan kontra yang ada dan siapa yang benar.)

    Itu saja sebagian saja .. (Kalau ga boleh nyuplik article di atas akan saya hapus .. )

    Thanks
    Ah, sebenarnya ada jawaban yang bisa menjawab kedua pihak dengan baik, intinya perlu seorang yang pernah hidup di kedua dunia itu sekaligus, baik home dengan cara pikirnya maupun car dengan cara pikirnya, aku sendiri penah hidup di 3 dunia sekaligus (home-car-Pro), sekalipun focusnya masih di car, jadi sedikit banyak kita tahu cara pikir mereka. Intinya adalah dua orang melihat gajah dari sudut yang berbeda dan bertengkar merasa pandangan orang lain itu tidak seperti yang dia lihat.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    New Avexis FU6s on:
    http://www.modifikasi.com/showthread...ur-Entry-Level!
    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Bagi yang ingin berkonsultasi secara personal, bisa melalui:
    E-MAIL: unscac@yahoo.com
    Whatsapp, Cell : 082141139097
    Line: Hwely

    Please DON'T sent via PM!!!

  11. #10
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,419
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 54 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by Tendean17 View Post
    :o .. Gua dah tunggu jawaban ini 3 hari ..
    Jelas deh sekarang ... Gimana rekan2 lain .. Mantab yah jawaban bos kita ???
    Cuman akhir2 ini jarang online saja ..

    Untuk Tweeter Notch ga diperlukan soalnya jauh diatas fs nya..
    Untuk Zobel di Tweeter juga ga diperlukan membuat buntung malahan..
    Untuk SPL Response flat di +- 90 db dan penjelasannya sudah jelas..
    Untuk kenaikan impedansi coil seiring naiknya frequency sudah jelas..
    Untuk kriteria bagus tidaknya response suatu driver sudah jelas..


    Cuman mesti tahu cara menjinakkan gainnya yah bro Unscac ..
    LPad yang bener2 pas kali .. :smt050

    Salam,
    hahaha, makanya kemarin aku lihat grafik kepikir, wow, ini grafiknya sekelas R7000, eh ternyata memang dari situ tho?

    sebenarnya masih online tiap hari bos, tapi memang semenjak dua minggu ini, surat yang masuk di PM tiap hari hampir 20, kalau minggu aku ga buka malah bisa >30:o jawabin satu-satu itu udah spend 2jam! jadi waktu masuk ke forum udah banyak tamu di kantor ga enak kalau ditinggal ngetik kan?

    R7000 main 3way dengan midrange RM120, TIDAK USAH LPAD, TIDAK MUNGKIN LARI! huahuahua:cool:
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    New Avexis FU6s on:
    http://www.modifikasi.com/showthread...ur-Entry-Level!
    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Bagi yang ingin berkonsultasi secara personal, bisa melalui:
    E-MAIL: unscac@yahoo.com
    Whatsapp, Cell : 082141139097
    Line: Hwely

    Please DON'T sent via PM!!!

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
NGK Busi Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. MONOBLOCK + sub Frequency Response ...
    By countofjava in forum Diskusi Power Amplifier
    Replies: 0
    Last Post: 11th March 2011, 00:14
  2. Capture Frequency Response
    By EMC2 in forum UnSCAC- Hwely Audio
    Replies: 2
    Last Post: 1st January 2011, 23:35
  3. impedance sub
    By swiftest_thing in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 3
    Last Post: 31st March 2008, 12:11
  4. frequency response di subwoofer
    By yanti in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 205
    Last Post: 8th November 2007, 02:39
  5. Frequency response
    By bang juri in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 16
    Last Post: 2nd August 2007, 14:22
Back to top