4-2-1 atau 4-1?????
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 30
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/931
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    bennix
    Guest

    4-2-1 atau 4-1?????

    Mau tanya bagus mana yah mw bikin saluran pernafasan mobil qt? Gw baca2 di FasTune sih memang yg paling bagus 4-2-1, tp kata mekanik gw dia punya knalpot custom, pk 4-1, n katanya tarikan atas/bawah kenceng. Pdhl setahu gw mn mungkin khan dua2 kyk gitu......tp gw lihat Estillo dy mmg BOMB abis....

    Mohon pencerahannya...

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Location
    Antara Depok pinggir dan Jakarta coret
    Posts
    3,175
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Days 20 Hrs 3 Mins 39 Secs
    Setau gw,, 4-1 buat tarikan bawah. Jd buat drag enak. Kalo 4-2-1 buat tarikan atas alias buat top speed enak bgt. Gw sih pk 4-2-1 di escudo 2.0.

    Kalo estillo kayanya enakan pk 4-1 deh. Tp ya terserah lo sih.

  4. #3
    Kapten
    Location
    Surabaya
    Posts
    2,875
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 28 Mins 10 Secs
    hemm... kalo mau diakalin. pake 4-1 tapi agak dipanjangin pipanya jadi tarikannya agak panjang dikit. tapi tetap aja tidak bisa menyamai 4-2-1 lho.
    Alpine CDA 9815 + volt stabilizer (DIY)
    Ciare CT250 + ceramic midrange (DIY) + Ciare CW171
    Helix HXA500 ++
    10" Carbon fibre subwoofer (DIY)
    Capasitor Banks (DIY)
    Cables by Flux

  5. #4
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 21 Secs
    ngga tebalik tu..?
    41 buat atas..
    gw pake 4-1, dari 0-3000rpm ngga ada tarikan, ngempos..

  6. #5
    [ANNOU]
    Guest
    lha koq pada salah persepsi semua?

  7. #6
    Kapten
    Location
    Surabaya
    Posts
    2,875
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 28 Mins 10 Secs
    masak se... aku pake 4-1 malah tarikan awal bertambah.. 0-100 kenceng banget tapi top speed hilang, 140 ke atas naeknya uda lambat banget. o ya, boilku avanza...
    Alpine CDA 9815 + volt stabilizer (DIY)
    Ciare CT250 + ceramic midrange (DIY) + Ciare CW171
    Helix HXA500 ++
    10" Carbon fibre subwoofer (DIY)
    Capasitor Banks (DIY)
    Cables by Flux

  8. #7
    Kapten
    Location
    Surabaya
    Posts
    2,875
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 28 Mins 10 Secs
    mungkin ada salah persepsi mengenai tarikan awal dan tarikan bawah, serta top speed dan tarikan atas ???
    Alpine CDA 9815 + volt stabilizer (DIY)
    Ciare CT250 + ceramic midrange (DIY) + Ciare CW171
    Helix HXA500 ++
    10" Carbon fibre subwoofer (DIY)
    Capasitor Banks (DIY)
    Cables by Flux

  9. #8
    satyr
    Guest
    duh...puyeng lama2

  10. #9
    bennix
    Guest
    Penjelasan:
    1. 4-1 = Untuk putaran bawah [ex.Gigi 1-2/3]
    Ini percepatan nya cepat naik, tapi top speed turun.[cck tuk drag]
    2. 4-2-1 = Untuk putaran atas [ex.Gigi 4/5]
    Ini percepatan lama,tapi top speed panjang.

    Yak,itu gw udh mahfum.
    Gw mau bikin sendiri knalpot,coz gw lb percaya sm kmampuan gw drpd bengkel2 speedshop itu [walo cm modal majalah doang :oops: ].

    Nah yg bikin gw heran pas konsul kbngkl diatas itu,dy punya 4-1 tp ktnya atas bawah TOP, ga abis pikir gw,gwnya yg bego atw dynya yg sok tw...gw lht lekukan pipe mmg lain dr headernya smp tabung tengah.

    Klo pgn liat disentul sering lwt tuh estillo, warna merah/silver ada tulisan HONDA besarnya...mobil touring bgt.

    @Avanza diatas tinggal dicibubur yak?? :lol:

    @Bener bisa dipanjangin mid-pipenya,tp hati2 malah tendangn balik..

  11. #10
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs

    Re: 4-2-1 atau 4-1?????

    Quote Originally Posted by bennix
    Mau tanya bagus mana yah mw bikin saluran pernafasan mobil qt? Gw baca2 di FasTune sih memang yg paling bagus 4-2-1, tp kata mekanik gw dia punya knalpot custom, pk 4-1, n katanya tarikan atas/bawah kenceng. Pdhl setahu gw mn mungkin khan dua2 kyk gitu......tp gw lihat Estillo dy mmg BOMB abis....

    Mohon pencerahannya...

    Semoga tidak puyenk baca yang di atas - atas ..
    Header baik 4 - 1 ataupun 4 - 2 - 1 bisa dimainkan di atas ataupun di bawah. Untuk main di semua RPM gue belum bisa temukan racikannya di header 4-2-1 yang sudah gue ganti 3 kali. Pertama pake standard (super-pendek), tenaga akan ngacir kalau di RPM 4000 keatas. kedua pake yang panjang banget. Pipa 2 ketemu 1 nya di bawah dashboard kalau ditarik garis lurus dari atas mobil. Hasilnya tenaga atas nya drop luar biasa. Sekarang gue pake seri middle aja, biar gigi 3 , 4 bisa nendang sampai dengan RPM 4500 dan RPM atasnya tidak dikorbankan terlalu banyak.

    Persepsi bagus di RPM atas ataupun RPM bawah ini sebenarnya dilihat dari torque dan range nya ..
    Kalau kerasa nendang di bawah, biasanya torque akan membesar di bawah. di RPM tingginya dia sudah turun drastis.
    kalau kerasa nendang di atas, biasanya torque akan maximum di RPM atas hampir berbarengan dengan naik nya HP range.
    Akan semakin jelas kalau dilakukan dyno setelah ganti header.
    Kalau pake feeling agak susah. Karena kalau testing mesti di gigi 3 dan gigi 4.
    kalau masih di gigi 1 dan 2 rasanya sih masih enteng. Baik 4 - 1 atau 4 - 2 - 1 rasanya kalau masih di gigi 1 dan 2 akan sama2 enteng.

    Kalau ada tanjakan panjang, ini bisa digunakan untuk testing. Lebih beruntungnya lagi kalau pas tanjakan ini sepi dan bisa masuk gigi 3.
    Coba dari bawah larikan mobil dengan gigi 2, mulai menanjak masukkan gigi 3 lalu coba di RPM 1500 - RPM 2000. Lalu coba injek pedal gas perlahan - lahan .

    Kalau dia naik ke RPM 3000 bahkan 4000 nya cepat, artinya torque di RPM bawahnya sangat besar, sehingga istilah ini cocok dikatakan nendang di RPM bawah konstuksi headernya. Sedangkan kalau dia lambat, berarti konstruksi header di pakai untuk RPM tinggi.

    Demikian, akhir kata CMIIW ..
    :lol:
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. wurth palsu atau philips palsu... eh aspal deng!
    By AutoTech Club in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 15
    Last Post: 26th September 2013, 22:56
  2. YAHOO MESSENGER atau msn
    By jonideep in forum Automotive
    Replies: 636
    Last Post: 21st June 2009, 09:25
  3. kulit? suede atau cat?
    By black beetle in forum Diskusi Interior
    Replies: 35
    Last Post: 30th August 2005, 21:42
  4. JL W6V2 atau KIcker SL7
    By m_michoo in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 25
    Last Post: 13th August 2005, 02:13
  5. ada yang tau power atau speaker merk cube accoustic?
    By ricemodeon in forum Diskusi Power Amplifier
    Replies: 12
    Last Post: 3rd August 2005, 17:31
Back to top