Mesin Panther drop waktu idle, kondisi baru start/dingin
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 9 of 9
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/8640
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Location
    Pluit - Jakarta
    Posts
    8
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 4 Hrs 37 Mins 49 Secs

    Mesin Panther drop waktu idle, kondisi baru start/dingin

    Hi all,

    Gua pny Panther LS thn 2001, ada masalah sepele yg bikin sebel. Tiap kali hidupin mesin dalam keadaan masih dingin, mesin ngak bisa langsam lama. Rpm pelan2 drop akhirnya mati. Berasanya seperti kurang ada pasokan solar ke pompa injektor. Musti di hidupkan lagi, dan tahan gas ampe rpm kurang lebih di 850 baru bisa idle yg lancar.

    Dah ganti filter solar, kuras tangki solar dan water separator(sebelah filter solar). Tapi tetap aja gejalanya masih ada. Dan lebih parah lagi kalo dalan tanjakan, sepertinya kehabisan solar, dan musti geber dulu baru ok.

    Tapi anehnya kalo mesin dah panas, rpm idle akan tetap di 850 rpm, semua gejala2 drop begitu hilang. Kira2 ada yg pernah alamin masalah seperti saya ngak? Tolong di share dong, thanks.. banget...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    Jakarta - Surabaya
    Posts
    2,308
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 25 Mins 43 Secs
    kalo di tanjakan drop gue juga ngalamin, pernah abis servis injektor ilang gejalanya tapi belakangan ini muncul lagi.

    kalo pagi dingin juga di start pertama rpm 700an trus dua detik kemudian drop ke 550 trus 8 detik kemudian normal lagi ke 700an, gak sampe mati sih dan gue anggap normal aja tuh.

    yang mengganggu tuh kalo mesin ga di kagetin sampe 1000 rpm, lampu merah indikator batere gak mo mati, tapi klo dah dikagetin lampu mati dan walaupun gas dilepas lagi ke rpm 700 lampu tetap mati dan gak ada masalah, emang setahu saya panther kayak gini kan yah? dari dulu dah begini.

  4. #3
    Prajurit
    Location
    Pluit - Jakarta
    Posts
    8
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 4 Hrs 37 Mins 49 Secs
    Kalo lampu aki ngak mau mati2 waktu start mesin, biasanya gara2 relay buat charge ada masalah. Tapi panther saya ampe skg juga gitu, ngak pernah ada prob. Denger2 dari tukang spare part, kalo mau bagus, yah ganti ma yg origial relay charger, ngak mahal juga palingan cuma 50 ribu.

    Wuah kalo soal rpm drop mustri servis injektor, bisa tekor nih. Padahal pengennya tuh injektor ngak dikutak katik, palagi skg ini kalo dah panas semua lancar2 aja. cuma waktu dingin aja bikin masalah

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta - Surabaya
    Posts
    2,308
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 25 Mins 43 Secs
    kalo gitu pas dingin aktifkan gas tangan aja bos diputer sampe 1000rpm.

  6. #5
    Prajurit
    Location
    Pluit - Jakarta
    Posts
    8
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 4 Hrs 37 Mins 49 Secs
    Yah, itu sih solusi gampangnya pake gas tangan. Tapi yg paling heran, panther di rumah yang satu lagi ngak gitu. Malah pagi2 hidup dengan rpm rendah juga ok2 aja ngak kan mati.

    Pernah iseng2 coba kocok pompa solar yg disebelah filter solar, hasilnya mesin tetap idle bagus kaya dah panas mesinnya. Tapi sesudah ngak dipompa lagi, mesinnya mulai drop lagi rpm nya.

  7. #6
    Kapten
    Location
    Jakarta - Surabaya
    Posts
    2,308
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 25 Mins 43 Secs
    wah kalo gitu sih kayaknya emang problem di pompa injeksi bos, di kalibrasi aja kalo gak ada yg diganti sama sekali cukup 500 ribu kok, cuman kalo ada yg diganti harga jeroan pompa tuh mahalnya seanjing anjing.

  8. #7
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 5 Hrs 28 Mins 45 Secs
    punya gw kalo tiap pagi pasti indikator tetep nyala semua walopun mesin udah nyala.....trus tinggal gw gas dikit mati dah indikatornya....

  9. #8
    Kapten
    Location
    Jaxel
    Posts
    2,632
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 7 Hrs 48 Mins 39 Secs
    iye panther gue juga sama kayak juneau..

    tapi kyknya itu normal deh karena idle gas terlalu rendah.

    untuk panther,begitu start langsung puter pake gas tangan aja ke rpm 1100-1200.trus setelah 10 detik turunin ke rpm 1000.
    kalo jarum temperature dah nyentuh garis bawah yah normalin gas tangannya..biar idle sendiri dari default masin.

    soalnya gue ngikutin cara mesin bensin yang pake ECU.biasa kan mobil yg uda diatur komputer pasti begitu dan gue ngerasa cara itu adalah yg paling baik untuk memanaskan mesin mobil karena itu diatur oleh komputer.

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    Harapan Yang Indah
    Posts
    1,103
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 21 Hrs 57 Mins 29 Secs
    Kalo rpm sdh nga setabil (after ganti filter, baik u/ solar ataupun udara) sangat mungkin sekali itu injector bermasalah mesti dikalibrasi supaya mendapatkan sistempengabutan yang sempurna. Biasanya juga nosel nosel ada kotoran (ingat ini hati2 saat membersihkan, boasanya bengkel maen sikat az pake kawat, ini justru membuat dimensi ujung nosel bisa melebar) pengalaman seh... di jalan loutze pasar baru bagus tuh

 

 
Mitsubishi Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. HELP!!! Maestro gw kalo baru start dari dingin rpmnya tinggi
    By maestrotyper in forum Diskusi Mesin
    Replies: 23
    Last Post: 22nd June 2015, 21:12
  2. Replies: 0
    Last Post: 17th November 2010, 01:23
  3. (help) masalah stater dingin dan idle naek turun
    By WRX in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 15th May 2010, 20:26
  4. [ask] rpm naik turun waktu idle
    By pr3m4n in forum Diskusi Mesin
    Replies: 15
    Last Post: 20th March 2010, 09:30
Back to top