Bagusan mana tuning engine pake p-plus ato shell ato p-nas??
Scuto Laminating Simota HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/8483
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs

    Bagusan mana tuning engine pake p-plus ato shell ato p-nas??

    dear all,

    tolong di-share kenaikan tenaga mesin dari bensin pertamax, pertamax plus, shell extra, shell super extra, dan bensol ??
    misalkan: pake premium 100 hp, begitu diisi pertamax jadi 102 hp, pake pertamax plus jadi 105 hp dst.

    kenaikan dari bensin2 tsb tentu-nya setelah ecu atau piggiback (dastek, e-manage) di-setel ulang kembali untuk mengoptimalkan perbedaan oktan.

    tolong share ya. tku..
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    jkt
    Posts
    864
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Jazz idsi gw waktu pake premium cm dapet 102,6 hp,setelah pake pertamax unichip di setting ulang dapet 105,6hp

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Sebetulnya, apapun bensinnya dan berapapun oktannya, terbakarnya kan pasti menjadi HC sama CO. Tapi yang paling menentukan besarnya kenaikan tenaga, apakah bensinnya terbakar habis atau tidak. Makanya kalau bensin terbakar habis, selain konsumsi BBM jadi irt, otomatis tenaga yang dihasilkan lebih besar.

    Bagimana cara membakar habis bensin?
    Hal ini terkait dengan stelan timing pengapian dan rasio kompresi ruang bakar. Kalau untuk mobil yang pakai delko, bisa memainkan delkonya sesuai jenis BBM yang dikonsumsi. Banyak orang bilang, majukan timing pengapian agar tenaga mesin meningkat. Kenapa bisa meningkat? Karena dengan memajukan timing pengapian, bensin akan terbakar lebih cepat sehingga kesempatan bensin terbakar habis jadi lebih besar.

    Kalau mobil yang sudah DIS, tergantung mobilnya juga. Beberapa mobil keluaran terbaru, bisa mengatur timing pengapian menggunjakan engine scanner (biasanya yang sudah qualified untuk OBD-II). Nah, kalau mobil yang pakai DIS tapi belum masuk OBD-II, bisa dengan menaikan kompresi ruang bakar (di slep 0,25 sampai 0,5mm cukup kok) atau mendesign ulang chamber.

    Sedikit cerita. Waktu event dulu, pas QTT saya cuma bisa dapat ET terbaik 18,3 dengan bensin pertamak plus. Pas race day, bensin isi pakai premium, ga taunya malah BO karena dapet ET 17,8. Ya entah karena hoki atau karena apa, intinya, perhatikan dulu kondisi mesin anda (timing pengapian, stelan busi, stelan CO, rasio kompresi, dll), untuk menentukan bahan bakar yang akan dipilih.

    Untuk mobil yang belum pakai CC, bensin busuk beroktan 88 yang harganya 4500perak ga jelek2 amat kok :smt001 :smt001
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    Bung beni:
    kok bisa ya, pake premium malah lebih bagus time-nya. apa pas pake pertamax sudah disetting pengapian dan head-nya atau pertama kali PnP head, memang diatur untuk premium ???

    kemudian, dengan re-design chamber bagaimana bisa menaikkan timing pengapian atau membuat bensin menjadi lebih cepat dibakar ?? karena bisa saja setelah re-design, kompresi menjadi lebih rendah.

    tku..
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  6. #5
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    btw, bagi yang sudah pernah coba tuning dengan berbagai macam bensin (termasuk dyno-tuning) pada mesin yang sama, tolong share kenaikkan atau kehilangan hp dari berbagai bbm tersebut.
    tku..
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  7. #6
    Hanggar
    Guest
    Timing maju or mundur itu sebenarnya gimana sih . . . gue rada bingung juga?? Dimajuin or advance itu artinya dibakar lebih cepat or lebih lambat?? Apakah timing maju itu artinya pembakaran lebih cepat dan timing mundur itu timing lebihl lambat??
    Gue taunya kalo timing advance itu berarti bensin baru dibakar pada titik kompresi tertinggi shg sebelum mencapai titik kompresi tertinggi maka busi belum mencharge api. Nah kan biasanya kalo bensin oktan rendah macam premium dipake pada timing yg lebih advance dr standarnya kan bensin bakal udah terbakar duluan sebelum titik kompresi tertinggi dicapai atau sudah terbakar sebelum busi menyala . . . makanya orang bilang jadi knocking or ngelitik kan?? Kalo angka RON makin tinggi kan harusnya bensin jadi lebih tahan kompresi tinggi or tidak mudah terbakar.

    Sbg contoh mesin ngelitik itu kan bukan berarti bensin nggak kebakar semua malah udah kebakar dulu sebelum waktunya . . . tapi malah ngelitik menyebabkan tenaga potensial hilang sebagian. Jadi setau gue bensin habis terbakar belum tentu mendapat hasil maksimal . . . yg maksimal itu kalo seluruh bensin terbakar tepat pd tingkat kompresi yg seharusnya . . . artinya mesti pake BBM yg sesuai dgn tingkat kompresi. CMIIW

  8. #7
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    @ngebutzz:
    Maka dari itu saya bilang, harus disesuaikan terlebih dahulu kondisi mesin terhadap bahan bakar yang akan digunakan. Sebagai info, baleno 1500 memakai DIS, jadi tidak ada delko. Untuk menyetel timing pengapian paling tidak harus dengan piggibek, sedangkan saya tidak pakai piggibek.

    Kata mekanik bengkel langganan saya, waktu pakai pertamak plus, bensin tidak terbakar semua karena timing pengapiannya kan ndak berubah (sangat mundur sekali, 6 drjt sblm TMA). Sedangkan pertamak plus memiliki oktan yang tinggi (94) sehingga memiliki kemampuan menahan tekanan panas ruang vakum yang jauh lebih baik daripada premium (88).

    Nah, ketika diganti premium, karena timing pengapiannya sangat mundur (tidak bisa dimajuin), dan kompresi hanya 9,6:1, kemungkinan bensin terbakar habis jadi lebih besar. Makanya waktu tempuh jadi lebih baik. Malahan lebih irit waktu pakai premium.

    Terkait dengan design chamber, rasio kompresi memang jadi lebih rendah, tapi tekanan kompresi (menggnakan compression tester) jadi lebih tinggi karena jumlah campuran yang masuk ruang bakar jadi lebih banyak (efisiensi volumetrik meningkat, sebab volume ruang bakar meningkat). Makanya tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar.

    Kalau kompresi dinaikan, jumlah campuran yang masuk memang lebih sedikit, tapi panas yang dihasilkan lebih besar sehingga kemungkinan bensin terbakar habis lebih besar (efisiensi termometrik meningkat). Kalau boleh memilih, ya lebih baik mendesign ulang chamber. Karena selain tenaga meningkat, kebutuhan oktan jadi lebih rendah.

    Kenapa mobil turing sentul rata2 menaikan kompresi? Karena setahu saya di peraturan IMI tidak boleh melakukan modifikasi pada silinder head (Pnp, design chamber, multi angle) kecuali memapas kepala silinder(mohon dikoreksi).

    @hanggar:
    Kalau timing pengapian di advance, busi lebih cepat nyala. Akibatnya ruang bakar menjad lebih panas. Makanya kemungkinan bensin terbakar habis jadi lebih besar. Akan tetapi, kalau maju melebihi batas tahanan bensin dalam ruang vakum (yang terwujud dalam angka oktan), akibatnya ledakan silinder terjadi sebelum seher sampai TMA (pre-ignition).

    Ledakan ini mendorong seher ke bawah (TMB) sementara seher sedang bergerak ke atas (menuju TMA), makanya walaupun samar2 bisa terdengar suara dentingan yang dikenal dengan ngelitik. Jadi ngelitik itu efek akibat tekanan balik ledakan ruang bakar ke seher yang terjadi sebelum waktunya, bukan karena majuin timing pengapian.

    Karena ledakan cenderung mendorong seher kebawah sementara keadaan asli seher sedang bergerak ke atas, tenaga yang tersalur untuk menggerakan flywheel (efisiensi mekanis) berkurang, makanya ngelitik menyebabkan mesin kehilangan tenaga.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  9. #8
    Kopral Kepala
    Posts
    129
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Om beni,
    timming pengapian ada hubungannya ga dengan kadar CO yang dikeluarkan?

  10. #9
    Hanggar
    Guest
    Quote Originally Posted by beni
    @ngebutzz:
    Maka dari itu saya bilang, harus disesuaikan terlebih dahulu kondisi mesin terhadap bahan bakar yang akan digunakan. Sebagai info, baleno 1500 memakai DIS, jadi tidak ada delko. Untuk menyetel timing pengapian paling tidak harus dengan piggibek, sedangkan saya tidak pakai piggibek.

    Kata mekanik bengkel langganan saya, waktu pakai pertamak plus, bensin tidak terbakar semua karena timing pengapiannya kan ndak berubah (sangat mundur sekali, 6 drjt sblm TMA). Sedangkan pertamak plus memiliki oktan yang tinggi (94) sehingga memiliki kemampuan menahan tekanan panas ruang vakum yang jauh lebih baik daripada premium (88).

    Nah, ketika diganti premium, karena timing pengapiannya sangat mundur (tidak bisa dimajuin), dan kompresi hanya 9,6:1, kemungkinan bensin terbakar habis jadi lebih besar. Makanya waktu tempuh jadi lebih baik. Malahan lebih irit waktu pakai premium.

    Terkait dengan design chamber, rasio kompresi memang jadi lebih rendah, tapi tekanan kompresi (menggnakan compression tester) jadi lebih tinggi karena jumlah campuran yang masuk ruang bakar jadi lebih banyak (efisiensi volumetrik meningkat, sebab volume ruang bakar meningkat). Makanya tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar.

    Kalau kompresi dinaikan, jumlah campuran yang masuk memang lebih sedikit, tapi panas yang dihasilkan lebih besar sehingga kemungkinan bensin terbakar habis lebih besar (efisiensi termometrik meningkat). Kalau boleh memilih, ya lebih baik mendesign ulang chamber. Karena selain tenaga meningkat, kebutuhan oktan jadi lebih rendah.

    Kenapa mobil turing sentul rata2 menaikan kompresi? Karena setahu saya di peraturan IMI tidak boleh melakukan modifikasi pada silinder head (Pnp, design chamber, multi angle) kecuali memapas kepala silinder(mohon dikoreksi).

    @hanggar:
    Kalau timing pengapian di advance, busi lebih cepat nyala. Akibatnya ruang bakar menjad lebih panas. Makanya kemungkinan bensin terbakar habis jadi lebih besar. Akan tetapi, kalau maju melebihi batas tahanan bensin dalam ruang vakum (yang terwujud dalam angka oktan), akibatnya ledakan silinder terjadi sebelum seher sampai TMA (pre-ignition).

    Ledakan ini mendorong seher ke bawah (TMB) sementara seher sedang bergerak ke atas (menuju TMA), makanya walaupun samar2 bisa terdengar suara dentingan yang dikenal dengan ngelitik. Jadi ngelitik itu efek akibat tekanan balik ledakan ruang bakar ke seher yang terjadi sebelum waktunya, bukan karena majuin timing pengapian.

    Karena ledakan cenderung mendorong seher kebawah sementara keadaan asli seher sedang bergerak ke atas, tenaga yang tersalur untuk menggerakan flywheel (efisiensi mekanis) berkurang, makanya ngelitik menyebabkan mesin kehilangan tenaga.
    OOhh gitu yah Om . . . (sambil manggut2 . . .)
    Trus Om kalo mesin dipakein komputer pengapian kaya MSD 6AL gituh kan itu katanya bisa memperbanyak jumlah spark oleh busi kan?? Nah kalo buat mesin kompresi tinggi macam 10.1-10.5 tapi keadaan standar kira2 bermanfaat nggak yaa buat pemakain harian?? Thx before.

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    114
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Secs
    utk om beni masa sih baleno timingnya di minus 6 derajat dan kompresinya cuma 9,8 kalo gitu mah kemungkinan ada yg nggak beres dong sori cuma mao tuker pikiran namanya juga baru belajar nih :-))

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. ASK BAGUSAN MANA??
    By modmus in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 9th January 2011, 13:05
  2. [ask] bagusan sub mana ??
    By -GokiLL- in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 1
    Last Post: 6th January 2009, 01:57
  3. bagusan pake tako yg mana?
    By poseidon in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 20
    Last Post: 25th February 2007, 17:34
Back to top