Gempa Manokwari..Sudahkah kita memperhatikan mereka?

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 2 of 2
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/83352
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Location
    Bintaro - Cawang....
    Posts
    1,511
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 9 Hrs 24 Mins 8 Secs

    Gempa Manokwari..Sudahkah kita memperhatikan mereka?

    Diambil dr Kompas..


    Gempa di Manokwari
    Presiden Instruksikan Beberapa Menteri Berangkat ke Lokasi
    AP Photo/Budi Setiawan / Kompas Images
    Penduduk memeriksa reruntuhan sebuah hotel, menyusul gempa bumi yang melanda Manokwari, Papua, Minggu (4/1). Serangkaian gempa bumi kuat pada Minggu dini hari menewaskan sedikitnya tiga orang dan mencederai belasan orang. Aliran listrik terputus dan bangunan-bangunan rusak berat.
    Senin, 5 Januari 2009 | 00:15 WIB

    Jayapura, Kompas - Gempa di Manokwari, Papua Barat, Minggu (4/1), mengakibatkan seorang anak tewas, lebih dari 40 orang luka, dan ratusan bangunan rusak. Siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan, ada dua korban jiwa.

    Gempa pertama terjadi Minggu pukul 02.43 dengan kekuatan 7,2 skala Richter. Pusat gempa berada di sebelah barat Manokwari dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan terjadi pada pukul 05.33 dengan kekuatan 7,6 skala Richter.

    Getaran gempa membuat Hotel Mutiara Sanggeng dan Hotel Kali Dingin Wosi ambruk. Empat tamu terjebak dalam Hotel Mutiara. Keempat korban dapat dievakuasi enam jam sesudahnya dalam kondisi kritis.

    Di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari, Yolanda Fabiola Banggoanbo (10) tewas tertimpa bangunan.

    Hingga Minggu petang, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan, Manokwari diguncang 29 kali gempa tektonik berkekuatan lebih dari 5 skala Richter.

    Direktur RSUD Manokwari Hengky Tewu menuturkan, ada 26 orang dirawat karena patah kaki dan tangan. Lima di antaranya penumpang kapal Dorolonda yang sedang merapat di dermaga Pelabuhan Manokwari, Minggu pagi. Mereka terjatuh dari tangga kapal.

    Menurut Kepala Polres Manokwari Ajun Komisaris Besar Pit Wahyu, berdasarkan laporan para kepala polsek, korban jiwa ada 1 orang, luka ringan 40 orang, dan luka berat 3 orang. Jumlah pengungsi sekitar 1.000 orang di kota dan 7.000 orang di Distrik Masni, 90 kilometer dari kota.

    Pit mencatat, Kantor Gubernur Papua Barat, kantor bupati, dan sejumlah kantor distrik rusak ringan. Sebelas bangunan rusak berat di kota (Distrik Manokwari Barat), antara lain Hotel Swiss-Bell, Mal Hadi, Gedung Pelni, rumah dinas bupati, dan gudang beras. Selain itu, 106 rumah rusak ringan dan 60 rumah rusak berat. Sebuah masjid dan dua gereja juga rusak.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari Anthony Lessnusa mengatakan, warga butuh bahan makanan dan tenda. Warga Manokwari berjumlah 200.000 memilih tinggal di luar rumah karena takut gempa susulan.

    Untuk sementara, pemkab dan aparat keamanan menyediakan posko pengungsian di Lapangan Borarsi, Markas Kodim Manokwari, dan Lapangan TNI AL.

    Aktivitas penerbangan di Bandara Rendani Manokwari dialihkan ke Bandara Frans Kaisiepo, Biak, dan Bandara Sentani, Jayapura. Kepala Bandara Rendani Sabaruddin mengatakan, gempa menyebabkan peralatan navigasi dan komputer di menara kontrol terjatuh sehingga membutuhkan kalibrasi ulang.

    Gempa juga terasa di Sorong. Sejumlah bangunan rusak, tetapi tak ada korban jiwa.

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu siang, menginstruksikan sejumlah menteri agar berangkat ke Manokwari. Presiden juga berkomunikasi dengan Gubernur Papua Barat Abraham Octovianus untuk memeriksa langkah darurat yang dilakukan. ”Saya menerima informasi ada empat orang meninggal akibat gempa dan beberapa bangunan rusak,” katanya.

    Menurut siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala BNPB, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Sosial, dan Menteri Kesehatan beserta sejumlah wartawan berangkat ke lokasi bencana pukul 14.00. Dengan pesawat Hercules, tim membawa 1 mobil penyelamat, instalasi penjernih air, 20 tenda peleton, dan 200 tenda gulung.

    Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan telah mengecek kondisi pascagempa bumi di Manokwari.

    Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono menyatakan, warga tak perlu khawatir terjadi tsunami karena pusat gempa berada di darat.

    Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,6 skala Richter juga melanda Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Minggu pukul 02.20. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. (ICH/HAR/CHE/SEM)

    Bro n Sis..
    Bukannya mengecilkan Palestina-Israel..Mari kita sedikit 'melirik' ke saudara sebangsa dan setanah air kita di Papua yg juga sangat membutuhkan bantuan dan doa dr kita..
    Karena saya pikir masih banyak yg dapat kita lakukan untuk mereka, di kala kita demo untuk Israel-Palestina..

    Terima kasih..

  2. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    Bandung Paris Van Java
    Posts
    10,382
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah sedih yah, kita enak2an nonton tv ngemodcom dan lainnya mereka kesusahan...

    mari kita kirimkan do'a teman teman

    btw, nice post pak :smt023
    5 Thread Notification for Comment
    **MODCOM Girl MasterPieces**


    !! JUST CLICK'EM !!






 

 
MBtech Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 70
    Last Post: 9th June 2015, 14:21
  2. Replies: 100
    Last Post: 9th June 2015, 14:14
  3. Replies: 37
    Last Post: 20th February 2014, 17:30
  4. Gempa China: Kisah Mereka yang Selamat
    By Flic.Valentino in forum Automotive
    Replies: 35
    Last Post: 9th June 2008, 15:57
Back to top