[Etika] Berjualan..share nyok...

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 35
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/82701
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs

    [Etika] Berjualan..share nyok...

    guys...share yuk tentang etika berjualan...mo itu jualan apa kek...soale gw ngerasa modcom itu kan banyak bgt jualannya..so apa salahnya kalo kita share tentang etika berjualan...

    agak panjang nih..mohon di baca yah

    tapi gw mo tanya dulu yah
    kasus pertama...

    - dulu gw pernah beli (sebetulnya nyokap gw) sebuah mobil baleno..pokoke harganya sesuai dengan harga pada saat tahun itu gw beli...tapi yg anehnya,gw sebelum beli ga bisa ngetes mobil itu..alasannya sih kuncinya lagi nilep entah kemana...trus,iseng2 gw masuk kedalam..(gw ga tau apa2 tentang mobil karena gw masih smp) dan emang ga ada kesalahan apa2 sama mobil itu karena emang gw ga tau apa2...karena nyokap gw kepengen punya baleno pada saat itu..di bayarlah mobil itu setelah melihat surat2 tanpa mengetes mobil...gw transaksi siang, sorenya di ambil...

    pas itu gw yg di suruh bawa ma nyokap gw...tapi kok gw ngerasanya ga enak yah sama mobil ini..goyang kiri dan kanan..kayak mobil blm di spooring, trus gw bawa balik dah ke penjualnya (perorangan) tapi begitu gw nyampe ternyata suami istri itu udah pergi alesannya mo jemput mertua di bandara...trus anak buahnya bilang mobilnya blm di spooring tuh... ya udah d gw bawa ke tukang ban buat di spooring..dan gw kaget mobil itu ga bisa di spooring...singkat cerita gw bawalah mobil itu kerumah dengan kondisi pol2an ga enak sepanjang jalan...trus kata mak gw, bawa aja ke bengkel buat di cek...dan setelah gw bawa ke bengkel ternyata kata orang bengkel, mobil yg baru ke beli adalah mobil bekas tabrakan...hahah..parah..

    malamnya nyokap gw nangis (loh kok jadi curhat..)

    beberapa hari kemudian, bokap gw nyuruh orang buat minta tanggung jawab sama si penjual ini...dan akhirnya si penjual ini ngakuin kalo mobilnya bekas tabrakan (ngaku setelah di beli dan di ancam ma temen bokap gw)...dan dia mo ganti rugiin..tapi ga banyak..paling cuman 0.5% dari harga mobil...

    sekian dulu..

    kasus kedua

    beberapa tahun lalu pas gw kuliah, gw juga mo jual mobil...gw nyadar mobil gw banyak kekurangannya..jadi coba gw tawarkan sesuai pasaran (iseng2) ..alhasil ada lah calon pembeli, dan udah nyoba mobil gw muter2 dan jalan..dan si pembeli ini udah tau apa aja kelemahan mobil ini..

    trus dia nego2..nego nya parah udah kayak pedagang ngakunya sih pemakai....mula nya gw ga mau, tapi dia bilang kalo lumayan buat ganti ini itu...trus gw bilang aja kalo emang setuju, lo lebihin aja dikit dari pedagang...trus dia deal dan dp...besoknya dia datang buat ngelunasin....mobil lunas dan gw pulang lah ke rumah..dan si orang ini juga pulang..


    eh malamnya gw di telp2 gtu ma orangnya..bilangnya mobil gw ini lah itulah...trus ga puas telp..dia sms gw...dan ga gw balas...

    lah kan gw bingung...kok dia protes sama mobil yg udah di bayarin..? bukannya udah deal dengan harga segitu..
    (harganya 5-8 juta di bawah pasaran)

    panjang yah? hahaha...

    yg gw pengen tanyain adalah..
    dari kasus pertama dulu deh...
    1. pantes ga sih kalo nyokap gw minta ganti rugi atas mobil yg baru aja di beli yg teryata bekas tabrakan?

    dari kasus yg kedua
    1.wajar ga sih orang ini komplain atas mobil yg udah di belinya?


    dan pertanyaan gw selanjutnya adalah...

    seharusnya etika berjualan itu bagaimana sih?? thx for sharing...

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs
    no pertamax allowed...hahahah..

  4. #3
    Letnan Kolonel
    Location
    Malang
    Posts
    5,313
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 20 Hrs 43 Mins 24 Secs
    klo yg kedua kan udah nyoba,,,udah tau kekurangannya,,,,udah deal harganya,,,

    ga blh komplain lg dunk

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs
    Quote Originally Posted by sandi_speed View Post
    klo yg kedua kan udah nyoba,,,udah tau kekurangannya,,,,udah deal harganya,,,

    ga blh komplain lg dunk
    thx buat opininya bos...artinya disini jual putus gtu kan bos?? lepas dari penjual berarti bukan tanggung jawab penjual lagi...bukan gtu bos maksudnya?

    kalo yg pertama boleh di bantu bos di jawab....

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs
    ada lagi yg mo ngasih saran?

  7. #6
    Mayor
    Location
    jakarta barat
    Posts
    3,706
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 13 Mins 13 Secs
    klo g share ajah....g dulu sama persis kejadian ama nyokap lu,tp ini terkena ke g pribadi...wkt itu g beli mbl great...maklum, cupu...pas ngetes, mblnya si ok2 aja, tp pas bawa ga gt enak...kata orangnya ini blom spooring..n mesin wkt itu agak miring, engine mounting kli g pikir.....pas bsoknya g bawa ke bengkel buat rapiin...e, ternyata mbl bekas kena....g nanya tuh orang, katanya iya, nabrak ringan...tp ya mau gmana lg?? ga mungkin mbl g balikin, krn g beli dr perorangan...bner jg, knapa dr awal g ga cek dg teliti...n dia jg bilang, dia ga maksa g buat beli..bner juga si..ya akhirnya g rapiin d tuh mbl pelan2...n akhirnya jd lumayan perfecto...heheheh..itu uda resiko si bro...klo mau beli mbl yg bisa complain, mau ga mau, mesti keshowroom resmi...klo perorangan, rata2 beli putus..lain halnya klo beli ama sodara...hehehe...terkadang showroom personal pun jg ga mau tanggung jawab, n jual putus...gt bro...sory klo ada kata2 yg kurang berkenan....hehehhehe.......

  8. #7
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs
    Quote Originally Posted by beruangsirkus View Post
    klo g share ajah....g dulu sama persis kejadian ama nyokap lu,tp ini terkena ke g pribadi...wkt itu g beli mbl great...maklum, cupu...pas ngetes, mblnya si ok2 aja, tp pas bawa ga gt enak...kata orangnya ini blom spooring..n mesin wkt itu agak miring, engine mounting kli g pikir.....pas bsoknya g bawa ke bengkel buat rapiin...e, ternyata mbl bekas kena....g nanya tuh orang, katanya iya, nabrak ringan...tp ya mau gmana lg?? ga mungkin mbl g balikin, krn g beli dr perorangan...bner jg, knapa dr awal g ga cek dg teliti...n dia jg bilang, dia ga maksa g buat beli..bner juga si..ya akhirnya g rapiin d tuh mbl pelan2...n akhirnya jd lumayan perfecto...heheheh..itu uda resiko si bro...klo mau beli mbl yg bisa complain, mau ga mau, mesti keshowroom resmi...klo perorangan, rata2 beli putus..lain halnya klo beli ama sodara...hehehe...terkadang showroom personal pun jg ga mau tanggung jawab, n jual putus...gt bro...sory klo ada kata2 yg kurang berkenan....hehehhehe.......
    gpp bos...kita sama2 sharing disini..thx bos...

    jadi intinya kalo pembeli itu berhak komplain apa ga sih?

  9. #8
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,291
    Power
    126 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 15 Hrs 30 Mins 4 Secs
    kalo menurut gue sih, kalo beli mobil gak dikasih tes mending gak jadi dech, aneh aja gue mau beli kok gak dikasih nyoba, kecuali gue minta nyoba sendiri trus gue bawa kabur hehe, tapi kalo gue cuma nyoba keliling bentar dan ditemenin sama yang punya mobil, apalagi kalo harga sudah mendekati deal, masa gak boleh nyoba..??

    kalo kasus yang kedua, gue bilang sih emank pedagangnya aja rese tuh..!! gue berapa kali jual ke pdg mobil gak masalah tuh, malahan jualnya agak tinggi, mo kata dia nawar gue bilang aja loe dateng liat dulu, cek dulu, gue punya bengkel dan ini mobil gue pribadi yang pake, jadi kondisi terawat, paling banter dari pasaran beda 2-3 juta, sbab gue tau kalo tuh pdg ambil mobil gue gak butuh dandan ini itu, paling banter tinggal cuci, trus pajang dech hehe
    dan kalo dia komplain setelah dibeli, menurut gue sih gak bisa diterima, kecuali yah gue emank nepu, misal kaya mobil yang dibeli nyok u, eks tabrakan tapi gak ngobrol, meski sebetulnya sih kita juga harus teliti sebelum membeli (tp itu kan dari penjual berusaha menutupi dengan gak kasih test drive).
    tapi kalo gak ada yang gue tutupin dan kerusakan itu yang masih dalam kategori rusak karena pemakaian atau umur barang itu sendiri, misal tiba2 dia telp kok ban serep botak..?? atau kok bohlam depan mati..?? kan itu bisa di cek sewaktu loe mau beli.
    jadi yah kalo menurut gue sih teliti sebelum membeli, dan persilahkan orang untuk meneliti sebelum membeli. gitu dech bos menurut ane.
    thx, sori kepanjangan hehe

  10. #9
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 3 Hrs 58 Mins 55 Secs
    Quote Originally Posted by ad_s View Post
    kalo menurut gue sih, kalo beli mobil gak dikasih tes mending gak jadi dech, aneh aja gue mau beli kok gak dikasih nyoba, kecuali gue minta nyoba sendiri trus gue bawa kabur hehe, tapi kalo gue cuma nyoba keliling bentar dan ditemenin sama yang punya mobil, apalagi kalo harga sudah mendekati deal, masa gak boleh nyoba..??

    kalo kasus yang kedua, gue bilang sih emank pedagangnya aja rese tuh..!! gue berapa kali jual ke pdg mobil gak masalah tuh, malahan jualnya agak tinggi, mo kata dia nawar gue bilang aja loe dateng liat dulu, cek dulu, gue punya bengkel dan ini mobil gue pribadi yang pake, jadi kondisi terawat, paling banter dari pasaran beda 2-3 juta, sbab gue tau kalo tuh pdg ambil mobil gue gak butuh dandan ini itu, paling banter tinggal cuci, trus pajang dech hehe
    dan kalo dia komplain setelah dibeli, menurut gue sih gak bisa diterima, kecuali yah gue emank nepu, misal kaya mobil yang dibeli nyok u, eks tabrakan tapi gak ngobrol, meski sebetulnya sih kita juga harus teliti sebelum membeli (tp itu kan dari penjual berusaha menutupi dengan gak kasih test drive).
    tapi kalo gak ada yang gue tutupin dan kerusakan itu yang masih dalam kategori rusak karena pemakaian atau umur barang itu sendiri, misal tiba2 dia telp kok ban serep botak..?? atau kok bohlam depan mati..?? kan itu bisa di cek sewaktu loe mau beli.
    jadi yah kalo menurut gue sih teliti sebelum membeli, dan persilahkan orang untuk meneliti sebelum membeli. gitu dech bos menurut ane.
    thx, sori kepanjangan hehe
    gpp bos kepanjangan juga...nanti nya buat banyak orang jadi bahan untuk beli atau menjual mobil bos...thx anyway opininya...

    iya bos..yg kasus kedua itu dia pertama minta di naeken mobilnya karena sebelumnya ceper..tapi ga gw spooring..jadi geal geol gtu mobilnya...eh dia bilang ban nya botaklah..ban nya bergelombang lah..mesin ngelitik lah..bla bla bla...gw jadi malas nanggapin sms dan telpnya abis itu..




    ayo ada yg lain..

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    JKT
    Posts
    474
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 5 Hrs 19 Mins 38 Secs
    wah wah wah/.... klo boleh jawab pertanyaan pak kura2....

    1.) itu namanya PENIPUAN bro!!! soalnya dia banyakan alesan gak boleh nyoba dll, dkk... boleh dibawa ke jalur hukum, bisa2 dapet 2 kali lipat tuh ganti ruginya (klo mo mbales dengan cara melorotin).. soalnya ada saksi ada bukti juga... cukup kok tuh buat menangin kasus begituan... tp ini bisa dijadikan pelajaran buat pak kura2 agar lebih teliti membeli...

    2.) itu dianya aja yang rempong, gw setuju ma jawabannya bung sandi... khan doi dah coba, dah nawar dengan ngestimasiin harga perbaikan... dah deal yah wess... salah dia sendiri gak bawa montir pas ngetes boilnya.... dia juga dah dapet untung dengan dikuranginnya 7-8jtan dr harga pasar.. biaya segitu bukannya dah bisa yah ganti sana sini... kecuali klo mo smuanya diganti (dimana yang kurang bagus di baruin lagi trus dia mau cat ulang dll mah gak mungkin) yah toh ini namanya mobil bekas... klo mau rapih yah rapihin aja sendiri...

    lebih ato kurangnya mohon maaf sebesar2nya...


    cheers

    8)

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. pantaskah menurut etika?
    By jengky_007 in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 95
    Last Post: 17th August 2013, 04:14
  2. Replies: 3
    Last Post: 8th September 2012, 00:41
  3. Ask: Boleh berjualan barang baru?
    By hendra_terminal in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 3
    Last Post: 2nd August 2012, 19:36
  4. share ttg mtor injection nyok...
    By yapz in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 6
    Last Post: 14th March 2009, 04:06
  5. 5 Tahun Berjualan Daging Sampah Hotel
    By anthonsianturi in forum Automotive
    Replies: 69
    Last Post: 18th September 2008, 16:58
Back to top