4-1 lebih merata powerbandnya drpd 4-2-1?
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/80904
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    home....
    Posts
    270
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    4-1 lebih merata powerbandnya drpd 4-2-1?

    hello expert2 exhaust sekalian...ane mo tanya nih yah...sekalian sharing dan review...

    sebelum nya...ane mau tanya dulu yah...secara teori, header 4-1 seharusnya putaran bwh mesinnya lbh tidak berisi drpd 4-2-1...aneh nya di mobil saya itu malah 4-1 lbh berisi hampir di segala putaran, kenapa yah?apa krn yg dsb dgn efek scavenging?
    jadi begini...dl memakai 4-2-1...memang tidak berisi (rpm 2000-4000), tp kalo WOT, akan ada jeda di putaran mesin tertentu, lantas itu mobil lompat kodok, nah kalo yang baru malah smooth2 saja...tapi kerasa tarikannya..do u guys think this is better?
    binun sih saya, secara yang lama lbh terasa terobosannya..yang baru kaya nya adem2 saja, tapi tarikan emg masih mantab...
    buat rekan2 dan expert2 sekalian, lbh milih yang gimana yah bagusnya?mohon dibantu...

    konfigurasi dulu adalah header 4-2-1, tabung tengah(resonator/front muffler), piping ke muffler and muffler, yg baru adalah header 4-1 kansai, down pipe asli, reson kansai, dan muffler blitz, no welding, all bolt-on.
    mobil saya memakai konfig oem 4-1(nissan x-trail).

    ini yang mau saya sharing skg...

    mulai dari header..knalpot kansai ini kalo di banding dgn yg dulu, yg pasti kenyamannya meningkat jauh, pertama kebisingannya, jauh lbh sunyi yg kansai ini, mgkn dari konfig nya itu yah...secara saya baca2 di forum juga katanya kalo pake pipa flexible yg anyaman emg lbh bising..sdg kansai ini mempertahan konfig asli dimana packing batu mangkok masi dipakai ke sambungan downpipe nya, jadi saya rasa otomatis lbh bagus redamannya with absolutely NO RASPING sound, which is gud I guess
    kedua sih redaman getarannya, jauh lbh bagus yang kansai ini, getarannya di dek mbl jg berkurang, dimana suara knalpot saya jadi terasa lbh ngebass dari luar( pengaruh reson maybe) dan suara exhaust juga di belakang muffler.kalo yg dulu sih kerasa getaran suara nya di reson, jadi macam 2 suara gitu dgn getaran yg terasa di dek dimana knalpotnya seperti suara kaleng yg garing.

    dari rancang bangun, kansai menggunakan aluminized steel, yg dulu stainless, tekukan yg dulu lbh bagus tentunya secara dibuat mandrel bent, kalo las nya lbh halus yg kansai.
    perbedaan material jg membuat perbedaan saya rasa, ruang mesin memakai header SS lbh panas, gak tahu yah kalo ketahannya dipakai lama misalkan 5 tahun bakalan gimana SS vs aluminized steel?

    saya tidak tahu berapa kenaikan tenaga dan torsi setelah saya mengganti header 4-2-1 maupun yg 4-1 skg krn di kota saya tidak mempunyai dynometer, tapi feeling saya mengatakan both is good, but I prefer this new one so far (walo buatan Indo yah).

    sekian posting panjang saya, komen2, argumen dan jwban rekan2 sekalian atas pertanyaan dan thread saya, saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Kapten
    Location
    Capital of Indonesia
    Posts
    2,667
    Power
    73 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 4 Hrs 36 Mins 47 Secs
    kurang ngerti nih yg bro ketik. jadi menurut bro yg lebih enak 4-2-1 or 4-1 ?

    ada yg pernah bilang orang bengkel.
    4-2-1 bgus buat topspeed and hp
    4-1 bagus buat torsi tapi ga bgus buat dapetin topspeed

    4-1 ga slalu bawahnya jelek malah kalo mesin sudah upgrade mayan 4-1 bih enak karena lebih plong dari rpm bawah sampe atas.

    solusi bro buat tau mobil bih enak atau enga.
    beli alat nama nya apexi rsm . itu alat buat ngitung time 0-100m,200m,400m
    sama elapsed time acceleration 0-100km/h,200km/h,300km/h.
    jadi bro tau mobil makin cepat gak nya.

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    fact 4-1 enak di atas & 4-2-1 enak di bawah itu adalah hasih konversi hitungan pada knalpot standar,
    kl tunner-tunner luar negri itu hitungan & kalkulasinya jago, jadi mereka bisa menjamin perubahan power band karena dari hasil kalkulasi konversi desain knalpot standar.

    jadi mereka udah punya standar ukuran & panjang tiap2 pipa nya baik ukuran 4-1 atau 4-2-1 untuk sebuah tipe merk kendaraan.

    nah kl indo, tukang knalpot banyak yg membuat cuma mengacu pada desain 4-1 atau 4-2-1 saja, tp kalkulasi dr desain knlapot standar diabaikan, tau karena keterbatasan ruang mesin.

    padahal panjang pipa2 itulah yg lebih banyak mempengaruhi powerband yg keluar
    jd jangan heran kl ada yg dapet header 4-1 tapi tarikan bawah nya enak tau 4-2-1 tarikan atasnya enak.

    kl di bilang 4-1 powerband nya rata, mungkin aja desain pipa 4 nya nanggung atau tidak cukup panjang ( dengan asumsi telah di hutung dari desain standar)
    atau 4-2-1 yg menggunakan pipa 4 atau pipa 2 panjaaang, bisa aja putaran atasnya jadi galak.

    CMIIW

  5. #4
    Sersan Dua
    Location
    home....
    Posts
    270
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    ooo...itu lhor..apexi rsm nya disini ga ada yg tau masang..klaim nya tau cara nya..tapi praktek nya who knows?hahahaha
    apa yg pak/bu rihanna yg tidak mengerti?bole di perjelas koq..hehehehehe...sekalian sharing2 review2 aza apa yg kita tau disini...

    yup..bener nih apa yg pak rahargo blg..saya jg setuju..panjang main pipe itu sgt menentukan...
    dari konstruksi sih yg 4-2-1 py saya pipe sesudah main pipe nya itu panjang bgt...mgkn itu yg buat galak di putaran atas..
    tapi ada rentang putaran mesin dimana tenaga kosong..hehehe
    mnrt saya secara pribadi, sy lbh memilih powerband merata krn mobil dipakai di jalan raya..cmiiw
    nah pak rahargo, kalo misalkan, pembuat exhaust indo mengambil acuan pada header rancangan luar?
    misalkan ini kansai, secara susunan pipa saya rasa diambil dari hotshot...mirip banget...pipanya buat urutan silinder 1-4-3-2, dimana yg lama adalah 1-3-4-2...kalo mnrt tuner luar sih yg bagus tuh kalo pipa yg bersambung tuh opposite dari combustion sequence mesinnya, contoh qr25de yg sekuens nya 1-3-4-2, jadi harusnya 1-4-3-2....efeknya macam efek suara gitu katanya..ane jg kurang ngerti sih...yg saya ngerti cuman sebatas itu...cmiiw yah

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    waduh ampun boz.. gw jg cuma pinter text book doank
    apalagi kl masalah efek2 suara belom pernah baca2 hehehe..

    btw sequens mobil 4 silinder umum nya adalah 1-4-3-2, cukup jarang yg 1-3-4-2 ( saya kurang tau qr25de tuh mesin apa )

    karena biasanya gerak piston silinder 1-4 itu bareng & silinder 2-3 jg bareng (4 silinder umumnya) walaupun firing ordernya gak bareng.

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    altezza_zita@yahoo.com/satyrwebstore@yahoo.com
    Posts
    6,187
    Power
    139 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 10 Hrs 36 Secs
    QR25 nissan kan?

    x-trail kayanya sih

    cmiiw
    www.satyrwebstore.web.id - automotive online store since 2006
    Osram, Forch, DS, Wealthy, K&N, Michelin, Denso, NGK, NWB, Castrol, Mobil, Shell, Aral, Total, etc

  8. #7
    Sersan Dua
    Location
    home....
    Posts
    270
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    yep...thanks tyr..itu xtrel...bukannya umum nya itu 1-3-4-2?hehehehe

  9. #8
    Sersan Dua
    Location
    home....
    Posts
    270
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya..mksdnya kaya efek suara di organ gitu(organ di gereje mksdnya)...ane jg kurang ngerti nih..maklum..pengetahuan pas2an..hehehe

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    oo gitu ya... mohon di maap ken kesalahan nya

    sotoy mode : off

  11. #10
    Sersan Dua
    Location
    home....
    Posts
    270
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    mkgn ane yg salah..hahahaha

 

 
Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 97
    Last Post: 21st November 2012, 09:46
  2. Bisakah suara sub merata di semua bagian?
    By chrisly in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 21
    Last Post: 27th March 2012, 23:13
  3. velg oem civic vti jual murah aja drpd nganggur
    By sengirman in forum Ragam Ukuran
    Replies: 5
    Last Post: 25th December 2011, 15:05
  4. Replies: 7
    Last Post: 2nd September 2009, 21:45
  5. Replies: 1
    Last Post: 25th August 2009, 21:00
Back to top