sproket (cam gear) pls share
Scuto Laminating Simota HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 101
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/8001
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs

    sproket (cam gear) pls share

    bos sekalian,
    yang pasang sproket cam ato cam gear, tolong share manfaat, efek-nya apa, jauh gak dari standard sebelum pake cam gear tersebut ??
    tku..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    P.1 ENGINEERING JL.RADEN SALEH CILEDUG TANGERANG TLP.7301376
    Posts
    1,373
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    tergantung dari sejauh mana modifikasi mesin lo.. udah stage 1/2/3 biasanya cam gear adjustable dipake kalo udah stage 2 kalo mau berasa peningkatan.. walaupun tuning stage 1 pun pasti ada peningkatan tapi tidak telalu signifikan

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,127
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    25 Mins 49 Secs
    Adjustable cam gear itu biasanya dipake utk mobil2 yg udah ganti camshaft ya?

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    prof: mo nanya lagi sbb:
    1. peningkatan dalam arti penambahan hp atau peningkatan akselerasi saja ???
    2. kemudian sproket adjustable ini bisa di pasang sendiri atau harus tuner??
    3. trus apakah perlu tuning ulang untuk unichip-nya ??
    tku..
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  6. #5
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    kayaknya sih gak juga.. cam std pun bisa pake adjustable cam gear.

    Quote Originally Posted by welem
    Adjustable cam gear itu biasanya dipake utk mobil2 yg udah ganti camshaft ya?

  7. #6
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by Ngebutzz
    prof: mo nanya lagi sbb:
    1. peningkatan dalam arti penambahan hp atau peningkatan akselerasi saja ???
    2. kemudian sproket adjustable ini bisa di pasang sendiri atau harus tuner??
    3. trus apakah perlu tuning ulang untuk unichip-nya ??
    tku..
    jawab:
    1) hp nambah = akselerasi nambah.
    2) yg dimaksud tuner apa? lo bisa pasang sendiri kl lo ngerti gmn cara bongkar mesin. copot sproket artinya lo copot cam-belt. musti bawa mesin ke TDC (0 derajat) trus copot sproket, pasang yg baru (dgn posisi 0 derajat). pasang kencengin semua baut sesuai torsi yg dianjurkan (pake torque wrench). kelewat kencang bisa bikin baut patah, kelewat longgar bikin baut bisa copot. kalo lo biarin di 0-derajat, ga ada fungsi apa2, sama aj dgn sproket std. cuma beda bling-factor.
    3) unichip? kl sproketnya ga di tune, buat apa tune unicip elo?

    Dasar dr adjustable cam-gear.
    Fungsinya utk fine-tune valve timing mesin. mungkin sederhananya sama dgn sistem VVTi dr toyota, yaitu mengadjust posisi cam-shaft dgn mengubah posisi cam-gear apk itu dlm keadaan langsam ato under-load.
    Ideally, utk tune di tingkat ini, spt yg udah dipost diatas, mulai dr stage-2. I/H/E, P&P, piggy-back, after-market camshaft hrs udah ada baru ada hasil yg optimum. kalo cuma adjustable cam-gear doang, ga ada hasil yg signifikan. mending pake cam-gear std.

    sama aj kyk sekolahan, modifikasi ada tingkat2nya. ada modifikasi yg dasar sampe ke modifikasi yg advance. kl lo maen loncat ke part2 yg advance tanpa ada dasar2 yg mendukung, ga bakal optimum hasilnya. ini yg byk org salah mengerti.

    [/end lecture]

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    tks sugarfree... ada pertanyaan tambahan nih hehe..

    gimana cara tune cam gear-nya? lo tadi bilang kalo dibiarin dalam posisi 0 derajat, maka gak ada efek apa2. kalo mau ada efek harus di setel berapa derajat ?
    kalo masalah loncat2-an kelas, kalo udah i/h/e plus pnp dan piggyback itu udah kelas berapa yah? apa udah boleh maen cam gear??
    tku boss..
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  9. #8
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Kalao pada mobil SOHC, benda diatas ini hanya mengatur powerband saja. Beda dengan DOHC dimana dengan memasang benda ini kita bisa mengatur LSA (lobe separation angle) / overlap sehingga bisa menambah tenaga walaupun tidak banyak. Untuk bendadiatas sendiri punya ajustability +/- 5drjt (setengah gigi).

    Jika dikombinasi dengan benda diatas, efeknya akan lebih terasa lagi.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  10. #9
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by Ngebutzz
    gimana cara tune cam gear-nya? lo tadi bilang kalo dibiarin dalam posisi 0 derajat, maka gak ada efek apa2. kalo mau ada efek harus di setel berapa derajat ?
    biasanya, kl mo tuning spt ini, hrs trial & error diatas dynamometer (dyno machine). g jg ga tau caranya gmn, gw blom perna ngalamin. tp gw cukup yakin kl misalnya piggy back lo uda di setting yg optimal dlm keadaan tanpa cam-gear, trus lo pasang adjustable cam-gear. trus tinggal di dyno trus di set di posisi yg berbeda2... dicari posisi yg paling optimum. but dont take my word, gw ga tau. g cuma kira2 aja. thats the only possible way i can think of.

    posisi brp derajat itu tergantung dr mesin elo, tuning yg udah ada, etc etc. ga ada rumus pastinya.


    Quote Originally Posted by Ngebutzz
    kalo masalah loncat2-an kelas, kalo udah i/h/e plus pnp dan piggyback itu udah kelas berapa yah? apa udah boleh maen cam gear??
    tku boss..
    stg-1 >> basic I/H/E. simple bolt on stuff (including piggy back), high capacity intake manifold.
    stg-2 >> PnP (mgkn head-skim buat naekin kompresi), high-degree cam-shaft, high performance valves, valve-springs, & retainer, high performance clutch.
    stg-3 >> mgkn adjustable cam-gear (kl ga di stg-2), high capacity fuel pump & FPR, high capacity injectors.
    stg-4 >> mgkn high-performance piston & conrod, cylinder oversize (re-honing), crankshaft rebalancing.

    sekali lg, bukan rumus pasti. gw ga ada pengalaman lgsg, so dont quote me on those things. itu cuma perkiraan gw doang.

  11. #10
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    bung beni:
    sengaja tidak mau digabung dengan cam karena mobil toh dipakai buat mengantar ke kantor pulang pergi bukan buat kompetisi.
    so gw pikir cam-gear akan membantu buat trek pendek dimana penting buat lalu lintas di jakarta.

    untuk tuning-nya sendiri, apakah ada patokan yang pasti atau bagaimana buat setel / seting cam-gear ini ??
    gw mencegah tuning di dyno, mengingat kasian mesin seperti "disiksa" (itu yang gue rasa pas seting unichip, mesin meraung-raung di rpm tinggi).
    tku..

    Quote Originally Posted by beni

    Kalao pada mobil SOHC, benda diatas ini hanya mengatur powerband saja. Beda dengan DOHC dimana dengan memasang benda ini kita bisa mengatur LSA (lobe separation angle) / overlap sehingga bisa menambah tenaga walaupun tidak banyak. Untuk bendadiatas sendiri punya ajustability +/- 5drjt (setengah gigi).

    Jika dikombinasi dengan benda diatas, efeknya akan lebih terasa lagi.

 

 
Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Share Final Gear yang Pas Untuk Innova Diesel
    By black horse in forum Diskusi Mesin
    Replies: 5
    Last Post: 5th October 2012, 12:26
  2. WTB Cam Gear [Sproket] AEM
    By SatanJr91 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 21st February 2010, 01:02
  3. Wtb: cam gear (sproket second for p08)
    By road runner in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 21st January 2010, 16:16
  4. share ttg oli gear M/T
    By ian_k790 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 30th January 2009, 07:50
Back to top