Pelurusan salah paham dr. thread tuning minibus Diesel
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/7945
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Kepala
    Posts
    570
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    26 Mins 33 Secs

    Pelurusan salah paham dr. thread tuning minibus Diesel

    Sebelumnya mohon ijin kpd moderator & rekan2 yg aktif berdiskusi di thread "sharing tuning minibus Diesel"


    Hanya ingin meluruskan jikalau mungkin saja ada yg mengira sharing saya selama ini identik dengan kepentingan Rizor (mohon maaf sebelumnya & tidak bermaksud menuduh siapa2 atau menyangka siapapun juga)

    Asal tahu saja di panther-mania banyak yg mobilnya dilengkapi berbagai device dari berbagai sumber, dan Maximizer hanyalah salah 1 nya.

    Kalau boleh saya cerita sedikit :

    Di LS AT saya dulu memang menggunakan Maximizer, tetapi juga didukung dengan free flow muffler dr Formula Knalpot, Free flow air filter dr S&P (Thailand).

    Satu rekan menggunakan Independent intake lining bahkan hasil ide bersama, lalu barangnya dibuatkan di bengkel knalpot

    Ada juga yang mencoba mereplikasi kerja RFP dan dia membuatnya sendiri, lahirlah yg disebut oleh si pembuatnya EFTS (Electric Fuel Tembolok System), tabung reservoir yang disupport oleh electric fuel pump.

    Di LS AT saya dulu air filter saya gunakan buatan S&P (Thailand), ini termasuk oke utk suatu wiremesh air filter, karena konstruksinya berlapis lapis dan bentuk housing & sealnya sama persis dengan filter aslinya. Nggak pakai air filter Rizor wiremesh utk Panther ? Noo. Why ? Saya melihat konstruksi S&P lebih baik utk menyaring debu. Sayang sekali yg jual produk2 S&P (Raja Motorsport, Quicklube) skg tokonya udah gone entah kemana.

    Free flow muffler saya bikin di Formula Knalpot Jatibening, dgn pak Imam Poerwodo. Efek ? Turbo spool up lebih cepat, ada improvement di RPM medium – high. Puas ? Puasss

    Bahan bakar ? tentu saja ikut di “racuni? dgn Cetane Booster yg berkualitas, udah kenyang nyobain berbagai macam Cetane Booster, saat ini yg paling recommended adalah Amsoil punya (ACB)

    Satu rekan yg menerapkan kit Turbo One dengan Max. 2B di Panther Touringnya dulu pernah mengalami masa masa mobil berjalan tanpa Turbo, Turbo IHI Video-nya KO karena modifikasi wastegate, dan selama bbrp waktu mobil berjalan Normal Aspirated. Pak Ricky dr Rizor dulu sudah mencoba berbagai cara utk memaksimalkan mobilnya tanpa Turbo, juga teman saya sampai membuat header 4-1, beliau discuss dgn saya & teman2 di PM, opini saya pribadi : saya insist mengatakan bahwa Turbo harus kembali ke mesinnya, entah IHI video ataupun Turbo lain dgn A/R yg mirip, tidak bisa tidak mesin yg dr pabriknya sudah didisain dgn Turbocharger idealnya tetap bekerja dengan Turbocharger, dan setelah melalui proses analisa panjang antara saya, beliau, pak Ricky, juga rekan2 PM lainnya, akhirnya diputuskan utk mengadopsi kit Turbo One (Garret T-02) yg final tuningnya dikerjakan oleh pak Ricky. Hasilnya ? Ganas ! Rem bawaan mobil standard ampe kepayahan, akhirnya terpaksa mengadopsi Disc brake dr Ring Diesel serta brake pad Trestor.


    Mungkin ada baiknya saya posting ulang apa yg saya tulis pada tgl 15 Agustus yg lalu.


    Quote Originally Posted by Gajah_terbang

    So bagi yg sudah puas dengan kondisi standard mobilnya, nggak perlu di apa2 in lagi, bagi yg kurang puas bisa upgrade dan pilihan di pasar cukup banyak, mulai dr Turbo Kit, dll.


    Demikian sharing saya, mungkin rekan2 lain ada yg punya pengalaman lain, metode lain yg value for money (utk Diesel konvensional, normal aspireted & bukan Turbo kit), dimana hasil akhirnya juga didapat performa, kons. BBM yg lebih hemat (bila nyetir santai) dan suara mesin yg lebih adem scr mekanikal (bukan krn peredam atau oli sintetik loh yah), juga emisi yg lebih rendah, bisa kita sharing di sini, dan akan sgt menyenangkan bila ada penemuan2 baru / metode2 baru yg lebih maju dr yg skg ada. Karena sebagai user kita tentu mengharapkan hasil yg terbaik, sesuai kebutuhan, sesuai uang yg kita keluarkan.

    salam hangat



    Lalu di bawah ini juga ada masukkan yg sgt. bagus dr rekan wdhermawan, yang saya catat baik baik, tentang apa penyebab derau di intake mesin Kijang 2L :

    Quote Originally Posted by wdhermawan
    Quote Originally Posted by Gajah_terbang

    Quote Originally Posted by unu3x
    R
    suara derau atau mendengung tsb krn tabung2 yg menuju di intake, coba perhatikan, jika pipa menuju intake tsb dibuat lgs biasanya akan berkurang, namun buat apa repot2, toh bedanya juga tdk banyak dalam hal suara, krn memang peredamnya yg kurang memadai dari pabrik, dan jika tabung tsb dicopot akan sedikit pengaruh ke performance krn itu tabung ada gunanya juga HeHeHe.......


    Utk Rizor Maximizer sendiri, maaf kalau nama yg saya sebut ini akhirnya menimbulkan banyak mis perception, maka ke depannya akan saya sebut scr generik yaitu teknik tuning utk memperbaiki aliran bahan bakar pada mesin Diesel / Tuning aliran bahan bakar (TABB). Rizor memang memberikan ide ide cemerlang di sini, tetapi ga ada salahnya kita pelajari juga bersama, siapa tahu di antara rekan2 ada yg punya ide lebih baik utk sektor ini, dan akhirnya memberi manfaat bagi kita semua.



    Akhir kata

    Bukan saya bermaksud membela diri / merasa paling benar, tetapi simple hanya menginginkan sebuah diskusi yg bermanfaat bagi banyak pihak, diskusi yg kita semua harapkan, saling mengisi, membuat pengetahuan & wawasan antar member menjadi lebih luas.


    Sekedar harapan & opini pribadi, mohon maap bagi yg kurang berkenan / nggak sejalan.

    Pak moderator : ini hanya posting sementara utk mengajak semua member cool down, kalau semua sudah kondusif thread ini silahkan dihapus dan lanjutkan ke thread semula.


    Terima kasih.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor Jendral
    Posts
    15,536
    Power
    131 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 6 Days 17 Hrs 12 Mins 9 Secs
    kali ini saya no comment dulu deh huehehehehe....cuma berharap thread serupa tidak memanas dan berkembang ke hal2 yg tidak sehat dan tidak mengarah ke sharing tapi tantang menantang ini itu huehehehehe....semoga ke depannya tetap ada masukan2 berharga deh.....no offense buat siapapun kok.....tukul arwana mode on : silent please, cooling down hehehehehhehe....udah ah mending next topik aja biar gak tambah ruwet dan lbh berguna.....
    Jika kau minta aku untuk mengkhianati negaraku......
    Maka siapkanlah kuburku.......
    Kan kucium tanah ibu pertiwi dengan darah dan tulangku......
    -unknown-
     

  4. #3
    Mayor Jendral
    Posts
    15,536
    Power
    131 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 6 Days 17 Hrs 12 Mins 9 Secs
    dulu sempat terpikir bikin custom manifold ke intake dgn model gelembung di tengah alias agak gendut di tengah.....tapi pas di kuda diesel ternyata bisa makai hyundai punya, ngeplak.....lbh besar perutnya tapi ujungnya tetap plak sama ke intake....lumayan hasilnya dan tidak mahal juga.....kalo mau lbh OK antara filter udara ke pipa intake manifold dibuat resonator atau tabung yg bisa menyimpan udara juga...lbh mantap kalo 2 - 3 tabung dibuat zig zag jadi supply udara di RPM rendah akan terjaga terus tapi HP gak dijamin naik, hanya akselarasi lbh cepat naik itu aja.....pernah juga liat di offroad....bikin snorkle ke filter udara dan uniknya snorkle nya dipasangi kipas buat menyedot udara dari luar ! weleh........tapi kipasnya mesti OK dan jgn sampai patah malah masuk ke filter huehehehehe....harusnya lbh enak dan pasti lbh brani nerjang banjir hehehhehehe......pernah juga dulu nyoba di phanter lama 2.3 ujung pipa box air filter dibuatkan slang L yg mengarah ke kipas radiator-fan, dapet tambahan angin extra juga, ada yg lbh gila.....box air filternya dibolong2in huehehehehehe....asal gak kemasukan air aja ....
    Jika kau minta aku untuk mengkhianati negaraku......
    Maka siapkanlah kuburku.......
    Kan kucium tanah ibu pertiwi dengan darah dan tulangku......
    -unknown-
     

  5. #4
    Mayor Jendral
    Posts
    15,536
    Power
    131 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 6 Days 17 Hrs 12 Mins 9 Secs
    ehhh jadi koment lagi deh.....jgn marah yah bapak gajah terbang huehehehehehe.......stay cool.....tapi kalo diesel jgn krn makin panas makin OK, kalo dingin malah solar nyemprot lbh banyak jadi boros dan timbunan kerak nambah hueheheheheh...lho...lho.....
    Jika kau minta aku untuk mengkhianati negaraku......
    Maka siapkanlah kuburku.......
    Kan kucium tanah ibu pertiwi dengan darah dan tulangku......
    -unknown-
     

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    570
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    26 Mins 33 Secs
    Wah masukkan yg bagus

    Kalau saya dulu di Panther air filter standardnya ketutup pelat separo, akhirnya ganti S&P punya yg wiremesh yg exteriornya kebuka semua, lebih oke.

    Bayangin aja, masak mesin dgn Turbo (walau Turbo nya cupu) air filternya sama persis dengan mesin yg Normal aspirated :lol: :lol: :lol:
     

  7. #6
    Sersan Kepala
    Posts
    570
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    26 Mins 33 Secs
    Mungkin HP maksimum gak naik pak, tetapi grafik Torsi & horsepower dr rendah hingga menuju angka maksimum menjadi lebih baik, ada peningkatan di range RPM tertentu.

    Koreksi kalau salah.


    Quote Originally Posted by wdhermawan
    mantap kalo 2 - 3 tabung dibuat zig zag jadi supply udara di RPM rendah akan terjaga terus tapi HP gak dijamin naik, hanya akselarasi lbh cepat naik itu aja.....pernah juga liat di offroad......
     

  8. #7
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Om Om...

    Jika masalah Diesel masih dibahas dengan kalimat yang panjang tapi intinya bisa dibuat point , tolong diperingkas.

    Jika masih mau melanjutkan pembahasan masalah Diesel, thread yang sebelumnya saya buka.

    Thread ini saya akan buka selama 1 hari ini, sore nanti saya akan hapus.

    Tolong berikan inputan secara singkat. Karena banyak thread dengan pembahasan sama akan membingungkan.

    Thanks

    Aerio_standard
     

  9. #8
    Kolonel
    Location
    Cempaka V - 49 Bintaro Sektor 1
    Posts
    8,922
    Power
    -5 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 28 Mins 58 Secs
    setuju....
    "Rajanya Roll Fender"
     

  10. #9
    Letnan Jendral
    Location
    Palembang.
    Posts
    27,744
    Power
    167 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 10 Hrs 51 Mins 52 Secs
    setubuh...


    eh se7 mksdnyah....

    heheh..
    SOHC VTEC
     

  11. #10
    Kapten
    Location
    BANDUNG
    Posts
    2,276
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 56 Mins 37 Secs
    setuju juag bos...
    baca thread ini panjang2 kalimatnya...
    hehehehehheheheeee
    "Goldfish Lover" ^_^
    http://www.modupload.com/images/yvzp6mci4zolj11ta4sw_thumb.jpg
    "MOVE TO ANOTHER FORUM........................"
     

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Sharing ttg Tuning utk Minibus Diesel
    By Gajah_terbang in forum Diskusi Mesin
    Replies: 452
    Last Post: 20th January 2011, 09:43
  2. Replies: 1
    Last Post: 10th December 2010, 23:25
  3. Replies: 21
    Last Post: 9th November 2010, 21:33
  4. [WTA] Yang paham Mobil Diesel
    By avantgarde in forum Merk Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 4th June 2010, 12:28
  5. [WTA&WTB] Mitsubishi L300 Minibus Diesel
    By kipkey in forum Merk Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 4th April 2008, 16:20
Back to top