Ask: Apa sih arti Angka 20-20 di Stel Klep
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 57
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/77936
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Posts
    1,936
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 26 Mins 56 Secs

    Ask: Apa sih arti Angka 20-20 di Stel Klep

    bingung nih , mobil gw katanya harus udah stel klep lagi , trus mekaniknya bilang stel nya mo brapa?biasanya dia 20-20.apa sih maksud angka-angka gt? trus ngaruhnya ke apa kalo stel klep itu? en angka brapa sih yang harusnya dipake?

    bahasanya yang gampang dimengerti yah.hehehehehe.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    maksud nya klep masuk (in) & kelp buang (ex) di setel kerapatan klep nya 20 (0,20mm)

    makin renggang stelan biasanya bensin lebih irit karena klep tdk membuka cukup dalam, suara masin rada berisik & tenaga sedikit berkurang.

    kl setel rapat ( misal 15 ) mesin lebih boros karena karena klep membuka lebih dalam, suara mesih lebih halus & tenaga lebih responsif.

    untuk setelan yg cocok cukup di sesuaikan dengna rekomendasi pabrik untuk pemakaian harian, atau dpt mengacu pada buku manual nya (jika ada).
    ATAU stel klep di sesuai kan dengan kebutuhan aja.

    klep tdk harus selalu di stel, tapi perlu di cek kerenggangan nya,
    kl berubah nilai nya barulah di setel lagi.

    beberapa mobil ada yg tidak perlu di stel klep nya, spt timor yg menggunakan HLA untuk penggerak katup nya, atau kendaraan yg menggunakan shim.

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Oh, itu jarak celah dari bantalan rocker arm ke cam lobe om.
    Diukur pada posisi top silinder yang mau di stel celah klepnya.
    Stel sendiri juga bisa, bagusnya pas mesin panas (stelan panas).

    Bener tuh, makin rapet celah klep, berarti kan kem nonjok retainernya lebih cepet. Jadi tenaga lebih bagus, cuman mesin cepat panas (karena senjangnya sebentar). Makin renggang, jadi lebih irit, cuman tenaga bawah kurang bagus.

    Biasanya, kalo suara mesin udah rada berisik, celah klep udah longgar.
    Tenaga jadi kurang enak, tapi bisa bikin irit.







    -B 3 NY-
    My car, http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=7704
    My self, http://profiles.friendster.com/rpm7000
    Both sucks…
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    Quote Originally Posted by beni View Post
    Oh, itu jarak celah dari bantalan rocker arm ke cam lobe om.
    Diukur pada posisi top silinder yang mau di stel celah klepnya.
    Stel sendiri juga bisa, bagusnya pas mesin panas (stelan panas).

    Bener tuh, makin rapet celah klep, berarti kan kem nonjok retainernya lebih cepet. Jadi tenaga lebih bagus, cuman mesin cepat panas (karena senjangnya sebentar). Makin renggang, jadi lebih irit, cuman tenaga bawah kurang bagus.

    Biasanya, kalo suara mesin udah rada berisik, celah klep udah longgar.
    Tenaga jadi kurang enak, tapi bisa bikin irit.
    Oom Beni bikin tutorial cara stel klep donk di tread BMC, suer gw pengen bgt bisa stel klep cuma gak tau caraya, terutama nentuin kl udah top 1 & top 4.
    plzzzz...

  6. #5
    Kapten
    Location
    west end jakarta - west end java
    Posts
    2,025
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 51 Mins 44 Secs
    ooo ternyata begitu ya??selama ini yg gw tau klo stel klep tu klo dah berisik aja mesinnya g ngerti manfaatnya??trz klo setting kedudukan delco tuk apa??

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    bintaro
    Posts
    5,162
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 15 Hrs 11 Mins 36 Secs
    Quote Originally Posted by white_corolla88 View Post
    ooo ternyata begitu ya??selama ini yg gw tau klo stel klep tu klo dah berisik aja mesinnya g ngerti manfaatnya??trz klo setting kedudukan delco tuk apa??
    kl stel delco bwt setting pengapian om, menyesuaikan dgn kompresi mesin dan bensin yg dipakai..
    ホンダモータースポーツ

  8. #7
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by rahargo View Post
    Oom Beni bikin tutorial cara stel klep donk di tread BMC, suer gw pengen bgt bisa stel klep cuma gak tau caraya, terutama nentuin kl udah top 1 & top 4.
    plzzzz...
    Wuaduh, rada ribet motretnya.
    Tapi kalo mau gampang cara nentuin top sehernya, buka aja dulu semua busi (ya sekalian di bersihin lah).
    Terus ambil batang lidi yang rada panjang (1meteran lah), masukin ke silinder 1. Dongkrak sebelah roda depan (mendingan yang kanan biar gampang).

    Masukin persneling ke gigi 4, terus puter rodanya sambil ngeliatin batangan lidi yang udah nyelup ke lubang busi tadi. Nanti si lidi bakalan bergerak naik/turun kan. Nah pas si batang lidi itu di posisi naik paling atas (sesaat sebelum turun lagi), itulah posisi top silinder. Bisa juga dengan melihat timing mark di puli bawah timing belt (tapi lebih ribet karena kudu nyopot ban ama muter2in puli bawah)...

    Silinder 1 pasti bareng ama silinder 4 topnya. Terus silinder 2 ama 3.
    Tapi banyak juga mekanik yang bisa ngeliat posisi top silinder cuman dari ngeliat gerakan kem doang.







    -B 3 NY-
    My car, http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=7704
    My self, http://profiles.friendster.com/rpm7000
    Both sucks…
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  9. #8
    Letnan Satu
    Posts
    1,936
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 26 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by rahargo View Post
    maksud nya klep masuk (in) & kelp buang (ex) di setel kerapatan klep nya 20 (0,20mm)

    makin renggang stelan biasanya bensin lebih irit karena klep tdk membuka cukup dalam, suara masin rada berisik & tenaga sedikit berkurang.

    kl setel rapat ( misal 15 ) mesin lebih boros karena karena klep membuka lebih dalam, suara mesih lebih halus & tenaga lebih responsif.

    untuk setelan yg cocok cukup di sesuaikan dengna rekomendasi pabrik untuk pemakaian harian, atau dpt mengacu pada buku manual nya (jika ada).
    ATAU stel klep di sesuai kan dengan kebutuhan aja.

    klep tdk harus selalu di stel, tapi perlu di cek kerenggangan nya,
    kl berubah nilai nya barulah di setel lagi.

    beberapa mobil ada yg tidak perlu di stel klep nya, spt timor yg menggunakan HLA untuk penggerak katup nya, atau kendaraan yg menggunakan shim.

    hm...gt.ngerti2.brati kalo 20-20 ex 20 in 20 gt?makin kecil angkanya makin boros tapi lebih responsif?

  10. #9
    Letnan Satu
    Posts
    1,936
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 26 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by beni View Post
    Oh, itu jarak celah dari bantalan rocker arm ke cam lobe om.
    Diukur pada posisi top silinder yang mau di stel celah klepnya.
    Stel sendiri juga bisa, bagusnya pas mesin panas (stelan panas).

    Bener tuh, makin rapet celah klep, berarti kan kem nonjok retainernya lebih cepet. Jadi tenaga lebih bagus, cuman mesin cepat panas (karena senjangnya sebentar). Makin renggang, jadi lebih irit, cuman tenaga bawah kurang bagus.

    Biasanya, kalo suara mesin udah rada berisik, celah klep udah longgar.
    Tenaga jadi kurang enak, tapi bisa bikin irit.







    -B 3 NY-
    My car, http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=7704
    My self, http://profiles.friendster.com/rpm7000
    Both sucks…
    kalo kita stel makin rapet kan mesin lebih responsif , tapi cepat panas? oiah maksudnya stelan panas itu gmana?soalnya kemaren dulu di stel nya pas mesin dingin.

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    CIRACAS
    Posts
    1,180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 6 Mins 12 Secs
    Quote Originally Posted by beni View Post
    Wuaduh, rada ribet motretnya.
    Tapi kalo mau gampang cara nentuin top sehernya, buka aja dulu semua busi (ya sekalian di bersihin lah).
    Terus ambil batang lidi yang rada panjang (1meteran lah), masukin ke silinder 1. Dongkrak sebelah roda depan (mendingan yang kanan biar gampang).

    Masukin persneling ke gigi 4, terus puter rodanya sambil ngeliatin batangan lidi yang udah nyelup ke lubang busi tadi. Nanti si lidi bakalan bergerak naik/turun kan. Nah pas si batang lidi itu di posisi naik paling atas (sesaat sebelum turun lagi), itulah posisi top silinder. Bisa juga dengan melihat timing mark di puli bawah timing belt (tapi lebih ribet karena kudu nyopot ban ama muter2in puli bawah)...

    Silinder 1 pasti bareng ama silinder 4 topnya. Terus silinder 2 ama 3.
    Tapi banyak juga mekanik yang bisa ngeliat posisi top silinder cuman dari ngeliat gerakan kem doang.
    yg lidi itu uda kepikiran Oom sama gw.. cuma kok baca2... stel dulu di top1.. kl udah puter lagi sampe top 4 & stel lagi.

    top 1 :
    silinder 1 (in & ex)
    silinder 2 (in)
    silinder 3 (ex)

    top 4 :
    silinder 4 (in & ex)
    silinder 3 (in)
    silinder 2(ex)

    nah bener gak teori itu ?
    btw silinder 1 tuh yg mana ya

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. STEL KLEP KIJANG KAPSUL EFI
    By Justin in forum Diskusi Mesin
    Replies: 19
    Last Post: 8th February 2010, 04:47
  2. stel klep
    By jazzmodif in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 9th January 2009, 07:59
  3. bantuin cari bengkel yg jago stel klep
    By gi_ty in forum Diskusi Mesin
    Replies: 19
    Last Post: 27th May 2008, 00:07
  4. stel klep civic ferio A/T
    By speedfreaks in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 12th May 2008, 19:57
  5. [wta] How to Stel klep honda City Z
    By brianz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 30th May 2007, 21:27
Back to top