Problem alternator dan tegangan aki rendah
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/7758
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Rakyat
    Guest

    Problem alternator dan tegangan aki rendah

    Halo para senior,
    Gw ada problem dengan alternator di all new corolla 97 gw. Waktu gw abis pakai gw start lagi gak mau hidup tapi setelah agak lama (sekitar 1 jam) gw start lagi bisa. Gw ukur tegangan akinya cuma 6,5 volt doang waktu mesin bisa hidup lagi, pas masih hidup mesinnya langsung cepet2 gw bawa ke bengkel. Trus ama teknisinya kayaknya di ampelas daleman alternatornya abis itu bisa distart. Masalahnya setelah gw pake 2 hari setelah alternatornya dibersihin kok tegangan akinya masih 7,5 volt ya ? Apa akinya soak atau memang perlu waktu lama untuk ngisi sampai 12 volt ? Kalau gw tes pake obeng memang obengnya bisa nempel di alternatornya, berarti alternatornya bisa ngisi akinya. Gw beli aki GS NS60L-nya bulan maret 06 kemaren. Please advise-nya donk.

    Thanks in advance,
    Rakyat. :smt017 :smt017

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Sersan Kepala
    Location
    jakarta aje
    Posts
    687
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    udah lemah tuch altenatornya

  4. #3
    Hanggar
    Guest
    Bos altenator itu nggak bisa cuman diamplas-amplas doang servisnya. Bawa aja ke tukang dinamo biar diukur lagi disana . . . itu pasti komponen elektrik didalemnya udah soak or kemakan usia dan cuaca. Pengalaman ane 2 kali altenator rusak tuh mendingan di overhaul or tuker tambah ama yg udah direkondisi. Begini lebih aman dan reliable punya jangka 2-3 tahun kedepan.
    Kalo diliat dalemannya itu bisa dr gulungannya tembaganya, arangnya, ato ada semacam perangkat elektronik kecil didalemnya yg kalo udah kemakan usia bisa jebol. Hati2 kalo gejala rusaknya udah lama itu sgt berpotensi merusak aki juga. Aki sgt sensitif thp tegangan listrik terutama sekali aki semi/kering.
    Pengalaman gue sih siap2 aja ganti aki krn umurnya bakal pendek, so rajin2 cek kondisi akinya tuh.

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    Kayu putih - Gading - Bekasi
    Posts
    5,576
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 27 Mins 5 Secs
    klo malem2 lagi jalan,nyalain lampu,ac,radio..trus kaya aki tekor gitu altenatornya lemah juga yah??

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    jakarta aje
    Posts
    687
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    itu kurang gede altenatornya, naekin amperenya.
    kalo bisa beli aja copotan/ex spore, biasanya dijual 600rebu dibannding ma rekondisi 400rebu kadang masih suka error kl gulung kumparannya kaga bener

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    Kayu putih - Gading - Bekasi
    Posts
    5,576
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 27 Mins 5 Secs
    berarti musti diganti dunk??

  8. #7
    Sersan Kepala
    Location
    jakarta aje
    Posts
    687
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    tul, mobil loe apa?? cari yg semerk n cari yg altentornya lebih gede amperenya.
    ati2 kl ganti altenator yg amperenya lebih gede, aki disesuaikan yak, aki amperenya harus lebih gede dari altenator kl ngak nanti bs meleduk tuch aki

  9. #8
    Sersan Dua
    Posts
    202
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    gw setuju sama bos Hanggar, minggu lalu mobil (peugeot 406'97) gw udah drop alternatornya padahal pas lebaran kemarin baru ganti aki. gw tanya sama modcomer untuk saran tempat service alternator gw tp ngga ada yg reply jadi gw ngga punya pilihan dan lsg ganti alternator baru. biasanya kalo mobil udah berumur pasti bakalan kena alternatornya. hiks...gaji sebulan buat ganti alternator doang.

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    Kayu putih - Gading - Bekasi
    Posts
    5,576
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 27 Mins 5 Secs
    Quote Originally Posted by thoms
    tul, mobil loe apa?? cari yg semerk n cari yg altentornya lebih gede amperenya.
    ati2 kl ganti altenator yg amperenya lebih gede, aki disesuaikan yak, aki amperenya harus lebih gede dari altenator kl ngak nanti bs meleduk tuch aki
    wew..mobil gw mazda vantrend.. wkt dl pernah ditawarin tt ama pny mitsu colt ato apa gitu gw lupa..itu amperenya katanya lebih gede.. emang klo barunya sekitar berapaan??

  11. #10
    Sersan Kepala
    Location
    jakarta aje
    Posts
    687
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kaga tau kalo baru, rata2 di mobil gw barang exspore (mesin, altenator, gearbox, motor stater)
    pengalam dulu repair altenator cuma tahan 2 minggu trus lampu aki di speedo nyala lagi

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Mitsubishi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Berapa tegangan listrik yang masuk koil?
    By General Lee in forum Diskusi Mesin
    Replies: 23
    Last Post: 28th November 2009, 17:13
  2. Replies: 2
    Last Post: 28th October 2009, 20:36
  3. tegangan 13.5v
    By hdhadi in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 4
    Last Post: 28th March 2009, 21:02
  4. Coil, butuh tegangan (volt) atau arus (ampere)?
    By General Lee in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 18th March 2008, 18:37
Back to top