percobaan tabrakan 100km/jam

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 48
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/75464
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Banned
    Location
    seberangnya comberan
    Posts
    15,857
    Power
    93 
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 23 Mins 18 Secs

    percobaan tabrakan 100km/jam

    Tabrakan pada kecepatan 100 km/jam dan Resikonya!!

    [SIZE="3"][B]Tabrakan dengan kecepatan 100 km/jam dapat dianalogikan dengan mobil / motor yang jatuh dari gedung dengan ketinggian 40 meter!!!


    Pokok bahasan thread ini diambil dari salah satu acara televisi di Jerman "Quarks&Co",

    yang titik beratnya adalah memberikan informasi yang bersifat ilmiah kepada para pemirsa.
    Untuk itu, agar tema lebih mudah dicerna, kajian dikemas dalam bentuk yang menarik.


    Dilema Kemajuan Teknologi
    Kemajuan suatu teknologi seringkali tidak memikirkan dampak lain yang dapat ditimbulkannya, seperti kemajuan teknologi dibidang otomotif.

    Di Jerman adalah suatu hal yang biasa, bila mobil dapat dipacu dengan kecepatan 100, 150 atau 180 km/jam. Bahkan di jalan tol Jerman (Autobahn) tidak ada batasan kecepatan bagi mobil atau motor.

    Dilain hal, apakah teknologi keselamatan (safety) juga mengalami kemajuan??

    Di Eropa sejak tahun 1996 dibuat suatu STANDAR bagi pengetesan dan penilaian keselamatan dari suatu mobil.
    Yang dikenal dengan Euro-NCAP (European New Car Assessment Program).

    Euro-NCAP merupakan peleburan dari lima organisasi mobil (Automobilclubs) di Eropa.

    Hasil penilaian maksimal akan mendapatkan 5 bintang. Banyak sudah pabrik mobil yang masuk dalam penilaian berkategori "aman" dalam pengetesan ini.

    Sekarang marilah kita lihat metode pengetesan mobil ini.

    Kecepatan maksimal mobil pada pengetesan (crash-test) Euro-NCAP adalah HANYA sebesar 64 km/h.
    Sedangkan banyak kecelakaan yang terjadi jauh diatas batas kecepatan ini.

    Bagaimanakah nasib mobil pada kecelakaan yang terjadi pada kecepatan diatas batas tersebut, seperti 100km/jam??
    Apakah mobil masih memberikan tingkat keselamatan yang sama bagi pengemudinya??


    Untuk itu diadakan percobaan CRASH TEST.

    Percobaan
    Sebelumnya perlu diketahui , ENERGI yang diterima mobil apabila mobil menabrak rintangan (tembok) atau menabrak mobil lain yang identis (masa dan kecepatannya) adalah sama.
    Itulah alasan kenapa dalam crash-test hanya digunakan satu mobil, yang tentunya juga dapat menghemat.


    Tentunya yang menjadi perbedaan adalah dalam hal penyerapan energi. Tembok tidak memiliki daya serap, seperti halnya mobil yang memiliki CRUSHZONE, yang fungsinya menyerap energi yang diterima sehinga mobil mengalami DEFORMASI.



    Untuk itu maka tembok dilengkapi dengan alumnium yang berfungsi seperti crushzone.



    Seperti pada Euro-NCAP-Test, mobil diusahakan menabrak tembok dengan bagian depan sebanyak 40% (frontal crash).
    Setelah segala macam persiapan dilakukan (dummy, sensor), maka test dimulai.

    Mobil ditarik dengan menggunakan sistim kabel hingga mencapai kecepatan 100km/jam dan menabrak tembok.


    Crash pada kecepatan 100 km/h

    Kecepatan mobil terhenti dalam tempo 0,13 detik, dari 100km/jam menjadi o km/jam setelah menarak tembok, ini berarti mobil mengalami percepatan sebesar 60 g ( 6o kali beban mobil).


    Hasil crash test

    Mobil


    Deformasi akibat crash.

    Bagian mobil bagian depan hampir seluruhnya habis termakan, bagian kiri depan mobil sampai kabin terdorong masuk kedalam.
    Pintu dan A-Pillar mengalami kerusakan berat. Kabin penumpang dan pengemudi hanya sebagian yang rusak. Dashboard terdorong masuk , jok terdorong kedepan, tapi kabin penumpang tidak sepenuhnya hancur. Pintu depan bagian pengemudi malah masih dapat dibuka dengan tangan, walaupun harus menariknya dengan menggunakan tenaga.


    A-Pillar


    Penumpang (Dummy)
    Bagaimana dengan nasib penumpang setelah mengalami crash??
    Seorang ahli Biomechanik dari Sweis mengatakan "Mobil yang mengalami percepatan (pengereman) sebesar 60g, maka penumpang didalamnya akan mengalami percepatan sekurangnya dua kali lipat, dan bisa juga lebih besar lagi. Ini berarti pada penumpang bekerja gaya (force) yang besarnya hingga 120-200 kali berat tubuhnya sendiri. Gaya ini akan menyebabkan luka yang sangat besar, yang pada prinsipnya akan menyebabkan kematian"

    Analisa dummy



    Dummy


    Dari gambar yang ditangkap kamera tampak jelas kepala dummy tidak dipantulkan secara halus oleh airbag, melainkan dengan keras memukul dan memantul kembali ke stir kemudi dengan keras.
    Pada manusia ini dapat menyebabkan kerusakan otak yang parah. Pada saat yang bersamaan bodi dummy menhantam stir kemudi, yang dapat menyebabkan tulang rusuk patah dan paru-paru dapat tertekan.
    Selain itu sabuk pengaman pada kecepatan ini tidak lagi bekerja secara optimal. Dummy tidak sepenuhnya lagi tertahan oleh sabuk pengaman, sehingga masih dapat terdorong kedepan, hingga lututnya terbentur kuat.
    Dengan luka-luka seperti tulang paha remuk, pelvis fractures





    , pendarahan di hati, ginjal,spleen




    kemungkinan besar pengemudi tidak dapat hidup.!!



    Perbandingan crash
    Seberapa besarkah perbedaan crash dengan kecepatan 64 km/jam dan 100 km/jam?
    Perbedaan selisih kecepatan 36 km/jam ini berdampak besar dikarenakan energi yang dihasilkan tidak lagi berbanding lurus dengan kecepatan, melainkan dikuadratkan (squarish).
    Ekin = 0,5( m x V^2 )
    Dengan menaikan kecepatan sebanyak dua kali, maka energi yang dihasilkan menjadi 4 kali.




    gambar kiri crash 64km/jam , kanan 100km/jam



    Kenapa Euro-NCAP hanya melakukan crash test dengan kecepatan hingga 64 km/jam?

    Karena sebagus apapun mobil, tidak akan ada yang mampu untuk menyerap energi yang dihasilkan, bila tabrakan terjadi diatas kecepatan 64 km/jam
    .
    Tabrakan diatas kecepatan ini akan menyebabkan pengemudi dan pengendara mobil teluka!
    Tingkatan cidera tentunya tergantung dari kecepatan ketika terjadi tabrakan.



    tabrakan kecepatan 64km/jam, terhindar dr cidera (5 bintang
    Euro-NCAP)


    tabrakan kecepatan 80km/jam, cidera berat


    tabrakan kecepatan 100km/jam, kematian


    Agar terhindar dari kematian, mobil dengan kecepatan 100 km/jam sekurangnya harus menjaga jarak sebanyak 50 meter dengan kendaraan di depannya.
    Dengan jarak 50 meter ini, diharapkan pengemudi masih memiliki kesempatan untuk melakukan pengereman maksimal (full braking), sehingga kecepatan akan berkurang menjadi 64 km/jam!!


    Statistik
    Hasil statistik kecelakaan di jerman menunjukan bahwa tabrakan dengan kecepatan 70 km/jam akan selalu berakibat dengan luka.
    Tabrakan dengan kecepatan 100 km/jam akan berakibat sangat parah sehingga kemungkinan untuk hidup akan sangat kecil, terlepas apakah mobil dilengkapi dengan berbagai peralatan pengaman seperti sabuk pengaman ,airbag ataupun tidak.!!




    Überlebenswahrscheinlichkeit = tingkat kemungkinan hidup


    Meskipun demikian tabrakan dengan kecepatan diatas 100 km/jam relatif jarang terjadi (statistik di Jerman) , besarnya kurang dari 1%.
    KECILNYA hasil statistik membuat perusahaan pembuat mobil mengkonstruksi mobilnya lebih "lunak".
    Terobosan teknologi keamanan untuk memecahkan masalah ini belum ada.!!



    Kesimpulan
    Teknologi yang ada sekarang, hanya dapat menjamin keselamatan pengendara mobil bila kecelakaan yang terjadi HANYA dalam kecepatan yang rendah.

    Dengan kata lain kurangilah kecepatan !


    Selain itu saya tidak tahu apakah mobil-mobil yang diekspor ke INDONESIA, HARUS memenuhi standar keamanan seperti di negara asalnya.


    MUDAH"AN MENJADI INFO YG SANGAT PENTING


    Sumber:
    dari porum sebelah... K SK S.com
    http://www.wdr.de/tv/quarks/sendungsbeitraege/2008/0729/006_unfall.jsp

  2. Delapan Satu
  3. #2
    ID Ini Dicurigai Melakukan Penipuan di http://modifika.si/586663
    Location
    Unknown
    Posts
    28,627
    Power
    134 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 39 Mins 17 Secs
    pernah baca nih gan hehehehe

  4. #3
    Banned
    Location
    seberangnya comberan
    Posts
    15,857
    Power
    93 
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 23 Mins 18 Secs
    hehehehe
    kan dari sebelah

    klo repost bilang aja

    ntar gw apus

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    sHriMp CitY
    Posts
    6,377
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 20 Hrs 35 Mins 24 Secs
    very nice info....

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    Indiana, USA
    Posts
    5,355
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Dalam hal ini bukan berarti bawa mobil kayak kuya juga ya

    yang penting ikuti peraturan max speed, bawa mobil hati2x, jgn selebor, aman deh

  7. #6
    Banned
    Location
    seberangnya comberan
    Posts
    15,857
    Power
    93 
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 23 Mins 18 Secs
    bner bos...

  8. #7
    Mayor
    Posts
    4,172
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 1 Hr 21 Mins 50 Secs
    nice info bro

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    Palembang
    Posts
    5,078
    Power
    30 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 51 Mins 11 Secs
    ya... klo mo tarikan kan uda ada tempat en waktunya, biasanya orang yg baru mo unjuk gigi ne yg sering kayak ini...?

  10. #9
    Kapten
    Location
    Zoenter - Jakarta Utara
    Posts
    2,419
    Power
    78 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 37 Mins 36 Secs
    Quote Originally Posted by said3 View Post
    hehehehe
    kan dari sebelah

    klo repost bilang aja

    ntar gw apus
    jangan,gw blon baca nih,hehe..
    nice info.. ^^

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    E60-W221..Bims-Benz..
    Posts
    6,336
    Power
    30 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    hmm..s class gw stop nya di 180km/h..tapi bedanya jatohnya mundur..

    jadi bagasi yg ilang..hehe
    BMW E60 biasa ajah..komen yaa..

    http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=20668

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 22
    Last Post: 4th May 2013, 22:21
  2. PERCOBAAN PENIPUAN BUYER TERHADAP SELLER
    By Onijune in forum Suara Konsumen
    Replies: 61
    Last Post: 24th April 2012, 07:50
  3. Replies: 21
    Last Post: 29th September 2010, 17:50
  4. (ask) 3th gear 80-100km/h
    By eva_1686 in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 18
    Last Post: 21st April 2010, 22:52
Back to top