Jika Mesin Mati Di Tengah Rel Kereta Api
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/7483
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1

    Jika Mesin Mati Di Tengah Rel Kereta Api

    Saya dapat dari forum sebelah, moga2 berguna juga bagi rekan2 yang lain....

    JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DI TENGAH REL KERETA API

    Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi?
    Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, " kata Dr Ir Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).

    Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali mesin Kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.

    Kasus ter baru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya. Jika tidak, akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.

    Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan,
    impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya. Dari dinamo ini
    dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpen! garuh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

    Tambahan Sedikit:

    Pengapian pada mesin bensin menggunakan percikan bunga api dari busi yang ditimbulkan oleh listrik bertegangan tinggi (high voltage) yang
    diproduksi oleh "coil." Medan listrik statis yang ditimbulkan oleh rel karena gesekan roda kereta api dengan rel dapat mempengaruhi/ mengganggu produksi (besarnya) bunga api pada busi, sehingga mesin muda h mati. Tetapi hal ini hanya terjadi bila putaran (RPM) mesin rendah (putaran mesin idle). Akibatnya mesin sulit menyala bila di-start. Menyelamatkan diri dengan mendorong mobil adalah salah satu cara yang baik, namun sebelum turun JANGAN LUPA memposisisikan tuas transmisi pada posisi gigi NETRAL. Cara lain adalah bila kondisi accu (aki) masih bagus, anda tidak perlu turun dari mobil, masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 (satu), kemudian start mobil (pedal coupling JANGAN diinjak). Maka mobil akan berjalan karena digerakkan oleh dinamo starter. Setidak-tidaknya mobil berjalan sampai menyeberangi rel kereta. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi MANUAL, TIDAK untuk mobil
    bertransmisi MATIC.


    Untuk mobil matic maka penyelamatan hanya dengan cara mendorong, dan jangan lupa tuas transmisi pada posisi NETRAL (N), bukan parking (P).

    Putaran idle mesin mobil matic biasanya lebih tinggi daripada mobil
    manual, sehingga mesin tidak mudah mati.

    =========================================
    mayan buat nambah2 pengetahuan..

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    ceking
    Guest
    thanks info nya hehehe

  4. #3
    Letnan Jendral
    Location
    Palembang.
    Posts
    27,743
    Power
    167 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 10 Hrs 51 Mins 52 Secs
    thx bos...
    berguna bgt...

    sebenernya saya udah tau itu krn medan maget tp ga tau jelasnya gmn...

    gara2 sampean kan saya lebih ngertiii gtu...

    heheheh.....

    thx!
    SOHC VTEC

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    teriak minta tolong buat dorongin mobil dehh...

    klo gagal, ambil hp n barang berharga laennya trs kabur sambil menunggu nasib sang roda 4...

    huhuuu...

  6. #5
    Letnan Jendral
    Location
    Palembang.
    Posts
    27,743
    Power
    167 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 10 Hrs 51 Mins 52 Secs
    enakan tutup mata ama tutup kipng aje deh...

    ennnn pas bunyi gubrak.....!!!!!

    baru deh melek...

    dan menatapi dengan dahi yg mengekerut..
    dan mata berkaca2....
    SOHC VTEC

  7. #6
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by PaSteL
    enakan tutup mata ama tutup kipng aje deh...

    ennnn pas bunyi gubrak.....!!!!!

    baru deh melek...

    dan menatapi dengan dahi yg mengekerut..
    dan mata berkaca2....
    jangan sampe... jangan sampeee....

    klo ada yg mati pas macet2nya jalan gmn yah... mobil blkgnya jg ikutan panik tuhh...

    ada yg pernah ngalamin mati mesin di lintasan ka gak

  8. #7
    Kapten
    Posts
    2,257
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 7 Hrs 29 Mins 44 Secs
    yang pasti kalo mobil depan belum maju jangan maju dulu.kalo udah kosong baru deh jalan,agak kenceng dikit gpp deh,drpd resiko....

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    gw panik klo lg stuck ditengah lintasan rel ka pas macet2nya didepan atau gak pas lg nyangkut2nya mobil sm rel...

    ditambah lagi klo udh bunyi belnya...

    huhuu...

  10. #9
    Kapten
    Location
    Jaxel
    Posts
    2,632
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 7 Hrs 48 Mins 39 Secs
    iye tuh....bunyi bel nya yang teng..teng..teng..teng...sangat membuat panik.mungkin yang terpenting dari kesemua ini adalah pengontrolan diri kita masing2.karena walaupun kita tau teorinya tapi kalo kitanya panik, jangankan mao dorong mobil..lepas seat belt aja bisa ga kebuka-buka kali..

  11. #10
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,161
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 13 Hrs 14 Mins 56 Secs
    tips tambahan..

    kalo ngga lagi macet, atur kecepatan supaya kalo mati mesin mobil masih bisa melewati rel..
    ngga usah ngebut, asal kecepatan cukup aja, ngga bikin velg peang..

    kalo lagi macet, tunggu mobil didepan supaya ada space buat mobil kita..

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
GT Radial NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 20
    Last Post: 4th May 2015, 08:21
  2. Alarm mobil ( mesin mati, kelistrikan mati, alarm menyala ) = maling mati gaya
    By Arteeth in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 44
    Last Post: 17th September 2013, 14:16
Back to top