What U should know about HID/Xenon !
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 39
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/7285
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kolonel
    Location
    Betawi
    Posts
    8,777
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 23 Hrs 50 Mins 46 Secs

    What U should know about HID/Xenon !

    Dapet dari milis..
    Nice Article.. MUST READ !!
    Terutama buat yg pake HID cuma buat gaya2an doang tanpa ngerti bahayanya.
    Yg penting terangnya putih kebiru2an.. hueeee..
    baca nih !!

    ============================================

    ---------- Forwarded message ----------
    From: Anthony Christiaan <tongki@gmail.com>
    Date: Oct 29, 2006 4:00 PM
    Subject: [Automotive-Club] Why Xenon / HID lights ?
    To: Undisclosed-Recipient




    Pasti masih banyak rekan2 yang masih bertanya-tanya
    apa itu Xenon, benefitnya,pastinya, Xenon di Indonesia sudah terlanjur
    salah kaprah dari awal datangnya dan berakibat perbedaan
    pendapat akan Xenon ini.

    Kenapa saya bilang salah kaprah ?
    Xenon dikenal oleh orang2 awam pada awalnya dari si lampu biru,
    si lampu biru ini begitu populernya kala itu dan begitu terangnya
    sehingga orang berlomba2 mengganti lampu mobilnya
    dengan si lampu biru ini dengan embel2 dari toko penjualnya,
    "ini lampu Xenon, Pak"

    Kemudian,
    nasib si lampu biru ini kandas, tatkala orang menyadari bahwa terangnya
    si lampu biru ini tidak bisa melawan terangnya :
    - sinar kuning lampu penerangan jalan
    - putihnya awan kabut di pegunungan
    - titik titik air hujan tatkala hujan deras mendera di depan mobil kita

    Era Xenon menggeliat tatkala new Odissey datang di Jakarta dan
    orang berkata-kata (buset bahasa kitab ini mah, hahaha ...),
    "lampu depannya Odissey baru sudah Xenon loh."

    Semenjak era itu, perlengkapan Xenon converter kit pun berdatanganlah,
    yang terkenal awalnya mungkin dari kalangan Philips, saya sempat melihat
    si Philips ini begitu populernya di kalangan kaum behave saat baru keluarnya,
    harganya pun fantastis, kisaran 5 - 6 juta di saat baru launchingnya, wow !

    Era Xenon kini telah dimulai,
    saat mobil2 Eropa dan Amrik menggelar Xenon nya pada mobil2 premium,
    di Indonesia, mobil kudu gaul kalau ganti bohlam Xenon, itu pakem gaulnya,
    hahaha ..., (just a joke)
    makanya, dasar yang namanya ada Demand, pasti ada Supply,
    otomatislah, barang2 TW berdatangan, Xenon2 murah meriah tiba di Jakarta
    dan dalam sekejap, jalanan ibukota menjadi kebiru2 -an, baik yang
    orisinil Xenon maupun Xenon look alike, ora popo, wong ora ngerti asli apa palsu.

    Xenon converter murah meriah ini pun berdatangan dengan harga miring,
    hanya anggaran 2 juta anda bisa mendapatkan Xenon style of your dreams,
    terserah, bohlam anda H4, H3, H1, H7, diusahakan ada deh converter kitnya,
    mau lumens berapa juga ada, dari yang gak masuk akal 8,000K sampai 12,000K,
    yang penting putih melebihi sinar mentari, walau kalau hujan nge-blank kayak dinding.

    Dari berbagai literatur Xenon yang saya baca,
    Xenon itu adalah nama gas yang terkandung di dalamnya, bohlam Xenon ini,
    tidak terdapat filamen seperti layaknya bohlam halogen, dimana filamen pada
    halogen berpijar dan menimbulkan panas, sedangkan pada Xenon, gas ini yang
    di ignite untuk menyala dengan bantuan ballast.

    Kelemahan filamen sudah jelas, filamen yang menyala, sudah pasti panas,
    dan filamen ini rentan terhadap guncangan, walau tidak berarti saya mau bilang
    halogen itu gampang putus kalau terguncang, karena tentu saja produsen halogen
    dengan pengalaman puluhan tahun sudah meriset perihal guncangan ini dan hasilnya
    tentu saja minimal.

    Energi yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu Xenon pun jauh lebih irit,
    dengan daya 35 watt saja sudah bisa membuat ballast bekerja menyalurkan
    energinya ke bohlam Xenon. Berikut beberapa benefit Xenon :

    Efficiency: 71 lumens per watt compared to 18 lumens per watt for halogen ? more light for less energy
    Light: 3,000 lumens in an integrating sphere compared to 1,000 lumens for 9006 halogen
    Beam Pattern: More available light means that it is possible to design a better beam pattern that illuminates more of the roadway ? Especially to the sides
    Durability: Virtually impervious to shock and vibration because there is no filament
    Life: More than 3,000 hours in an automotive application compared to 1,000 hours for halogen
    Appearance: 4,100K compared to 3,200K for standard halogen ? Crisper, whiter light

    Sekarang masalahnya yang dihadapi pengguna jalan,
    apakah Xenon itu aman dan tidak membahayakan pengendara lain ?
    Lampu terang itu sebenarnya tidak membahayakan pengendara lain,
    asalkan, fokus headlamp nya benar dan tidak tinggi, semua lampu, mau lampu kiyip2,
    lampu samar2, kalau fokusnya direct ke mata anda, dijamin anda akan silau, makanya
    dikatakan lampu terang itu tidak berbahaya asalkan fokusnya tepat ke jalanan bukan ke mata lawan.

    Berhubungan dengan konteks yang saya ceritakan di atas,
    penggunaan segala bentuk HID conversion kit atau Xenon conversion kit, pada dasarnya illegal.
    Itu sebabnya, pabrikan lampu internasional tidak pernah mengeluarkan Xenon conversion kit,
    kecuali perangkat Xenon lighting system. Atau, kendaraan tersebut dari keluarnya memang
    sudah diperlengkapi dengan Xenon headlamps. Alasan mereka sudah jelas, halogen headlamps
    hanya di design untuk halogen bulbs bukan Xenon bulbs, kalau kita bisa membaca ke atas,
    cuplikan yang saya berikan di atas :

    Beam Pattern: More available light means that it is possible to design a better beam pattern that illuminates more of the roadway ? Especially to the sides

    Kalimat di atas bisa membantu kita memahami mengapa Xenon tidak boleh diaplikasi pada
    system lampu halogen standard / biasa.

    Links : http://www.sigmaautomotive.com/HID/hidfaq.php
    Is it safe to convert one's halogen headlight into HID?
    A safety shut-off feature is a must because such conversion can cause fire!
    You would be stunned when we tell you that piecing other people's OEM HID ballasts together to form a cheap hybrid kit is like playing with fire, literally. This is why there are no licensed Philips and Hella HID conversion kits worldwide. Irresponsible merchants borrow the fame of Philips & Hella and name their hybrid kits that way - which is misleading and unethical. OEM HID ballasts like Philips & Hella are strictly engineered for OEM applications, their safety features can be heavily compromised when installed on vehicles with stock halogen lighting.

    Links : http://www.hella.com/produktion/Hell.../FAQs/FAQs.jsp
    Can I get Xenon/HID replacements or retrofits for my car's headlamps?
    Hella, Inc. offers Xenon retro-fit kits for select US vehicle models at this time: The BMW 5-series, the Mercedes-Benz E class, and the Mercedes-Benz M class. These kits replace the existing OE headlamps with complete Xenon headlamp units designed specifically for the vehicle model. These are the only Xenon headlamp retro-fit kits that Hella sells. Universal Xenon conversion kits that claim to be from Hella are neither produced nor sold/endorsed by Hella.

    Unfortunately, there is not a standard sized HID conversion kit for all vehicle makes/models due to differences in lens and reflector designs. Converting a halogen headlamp to HID is not only illegal, but it will dramatically increase the glare and danger to on-coming drivers. For more information on why you should not attempt to convert a halogen headlamp to xenon, please see the excellent article from Daniel Stern on this subject . Additionally, for the US DOT opinion on the legality of these universal kits, please see the following press release.

    Jadi pilihan ada di tangan anda,
    sebuah teknologi lampu yang efisien telah tiba dan siap kita nikmati,
    tinggal bagaimana kita menyiasati pemakaian teknologi ini dengan baik demi meningkatkan
    kualitas berkendara kita di malam hari. Yang jelas, beberapa OEM memang sudah menyediakan
    perangkat Xenon khusus untuk kendaraannya yang berarti mereka menyadari benefits Xenon
    bagi produk mereka, hanya saja, harganya memang masih cukup tinggi untuk saat ini,
    dan saya yakin, ke depannya akan menjadi ekonomis mengingat semakin banyak penikmat
    Xenon di jalanan dari hari ke hari.

    Sebagai gambaran saja,
    setelah saya memanfaatkan Xenon / HID lighting ini, rambu2 jalan menjadi
    jauh lebih jelas terlihat dan berpendar, termasuk garis2 putih di aspal
    menjadi sangat sangat jelas terlihat.

    Cheers
    - isi cerita ada sebut2 Odissey, itu hanya bumbu cerita,
    penulis tidak tahu persis apakah memang benar Odissey yg pertama kali
    datang dengan Xenon lighting, tapi, yang penulis tahu pada saat itu, begitulah adanya.
    - sumber data diambil dari beberapa halaman internet dari berbagai sumber, termasuk
    regulasi di luar negeri, yang jelas, regulasi ini memang tidak ada di Indonesia
    - perlu diketahui, regulasi di Indonesia mengenai lampu mobil baru mengatur sebatas :
    adanya lampu di malam hari untuk bisa melihat dan dilihat dan apabila lampu
    tersebut menyilaukan baik lampu utama maupun lampu rem yang dirubah menjadi
    putih, sifatnya hanya himbauan dari Polisi dan belum ada undang2 yang mengatur akan
    hal itu
    - cerita ini bermaksud menunjukkan benefits dari Xenon dan penggunaan Xenon converter
    kit adalah illegal dari beberapa sisi, harapannya adalah hal ini bisa dipahami dahulu,
    bukannya penulis bermaksud melarang apa pun, hanya menginformasikan.
    Mercy W210 Bapuk
    TypeZ paling setia

    Pio DEH5150UB/Ipod+Iphone4s/Crescendo Opus 1/Audible Physics AP2/Pio TSW307D4/RF P400.4/Alpine PDX1000.1 - Sistem murahan

  2. Delapan Satu
  3. #2
    satyr
    Guest
    "orisinil Xenon maupun Xenon look alike, ora popo, wong ora ngerti asli apa palsu. "

    gampang kok bos bedainnya.. jgn liat warnanya.. tapi liat terangnya n kalo dari dekat malah lebih gampang lagi untuk dibedakan...

    hehehe

  4. #3
    Mayor
    Posts
    3,707
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 14 Mins 25 Secs
    yg asli terangnya gimana?

    ngeliatnya aja dah silau , rada buta jadinya ...

  5. #4
    satyr
    Guest
    kalo yg palsu dideketin keliatan kan ada kebiruan di deket filamennya .. heheh

    yg asli sih buta emang.. hihihi

  6. #5
    Kolonel
    Location
    Betawi
    Posts
    8,777
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 23 Hrs 50 Mins 46 Secs
    skarang sih udah banyak yg tau..

    dan bagi kita kalangan modif sih gampang bedainnya..
    tapi masih banyak yg diluar sana yg ngga ngerti dan awam soal beginian..
    Mercy W210 Bapuk
    TypeZ paling setia

    Pio DEH5150UB/Ipod+Iphone4s/Crescendo Opus 1/Audible Physics AP2/Pio TSW307D4/RF P400.4/Alpine PDX1000.1 - Sistem murahan

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    The Residence
    Posts
    6,344
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 11 Hrs 27 Mins 8 Secs
    Quote Originally Posted by hippopotamus
    skarang sih udah banyak yg tau..

    dan bagi kita kalangan modif sih gampang bedainnya..
    tapi masih banyak yg diluar sana yg ngga ngerti dan awam soal beginian..
    cuma terima sinarnya aja ya kalo yg ga tau..hueheheheheh :smt003 :smt003

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jakarta - Surabaya
    Posts
    2,308
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 25 Mins 43 Secs
    pake HID di batok halogen tapi sinarnya diatur kebawah serta batoknya pakai reflektor balik yg menutupi ujung bohlam, masih silau gak yah?

  9. #8
    rizky_p
    Guest
    @ivan: masih tuh. di H4 kan gitu.

  10. #9
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    3,140
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    34 Mins 20 Secs
    bedain nya kalo gw sih kdg kliatan dari reflektor nya, sinarnya putih, tapi reflektornya biru.. kalo yg sinarnya biru, reflektornya lbih biru, pokonya beda dhe, hoho..

    kalo nggak, kliatan jg kok, kalo hid asli, pasti nyorotnya mpe kmana2, rada lebar gitu...
    kalo yg lampu biru ga terlalu lebar, kek halogen bys, versi warna seperti xenon, haha...

  11. #10
    Reza
    Guest
    Another important information is that our eyes perceive better lightning at 4300K (natural daylight temperature). Some people may think that the higher the color the brighter it is, for a moment it give us the impression of brighter light because of the added blue colour, however the 4300K gives out higher lumen. The higher K will also glare your eyes if you driving in not well lit road aka very dark road. In city diriving the higher K bulb will strain your eyes, because it will force your eyes to focus in one spot. The 4300K in the other hand will blend in with the city light and seamless.

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
Vkool Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Xenon HID and Bi-Xenon Projector Garansi 1 Tahun, Harga Ajibbbb...
    By ismayamotor in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 42
    Last Post: 28th October 2012, 20:16
  2. Cara merawat Xenon/HID .... Tipe - tipe Xenon/HID
    By eXcite in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 43
    Last Post: 22nd December 2010, 15:27
  3. SALEx2: XENON MOTORIZE & BI-XENON, TURUN HARGA,LGS TAWAR
    By apunz in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 84
    Last Post: 18th May 2009, 07:35
  4. HID/XENON
    By freeforum in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 6
    Last Post: 4th August 2006, 01:23
Back to top