[ask] konfigurasi header verna
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/7064
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    tangerang
    Posts
    823
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    [ask] konfigurasi header verna

    tanya dong bos.... yg enak buat harian , kenceng tapi masih irit...
    thx :smt003

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Coba seperti ini saja om;

    Berhubung om bilang buat harian, dan setahu saya Verna itu masih 12 valve kan ya (1 klep buang untuk satu silinder)?

    Lebih baik pipa bawah yang sampai sambungan pertama dibatasi maksimal 1,75in saja. Sepengalaman saya, itu masih bisa kencang dan irit. Kalau pakai pipa bawah yang 1,5in, irit sih, tapi tarikan atasnya kurang.

    Selamat mencoba om.
    Salam.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  4. #3
    Kolonel
    Posts
    8,078
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 11 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Wah, 4-1 pendek yah??

  5. #4
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Betul om.
    Sebab kata yang punya ingin enak untuk harian, lumayan buat dipakai ngebut tapi masih mempertahankan efisiensi BBM. Sepengalaman saya, dengan konfigurasi seperti itu, namun tetap mempertahankan pipa tengah-belakang standar, peak torque bisa keluar di 5000-5500rpm, sehingga tenaga mengisi sejak dari rpm bawah. Dan yang terpenting, irit untuk harian.

    Konfigurasi tersebut berlaku untuk mobil 1500-1700cc.
    Kalau untuk 1800cc-ke atas sudah beda lagi desainnya.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  6. #5
    Kolonel
    Posts
    8,078
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 11 Hrs 11 Mins 41 Secs
    kalo buat diatas 1800 ukuran pipanya beda kan??

    4-1 pendek tuh di RPM atasnya kurang ngisi kan??

    tp irit tuh kynya.... boss beni punya rumus header bwt eterna gak?

  7. #6
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Untuk konfigurasi tersebut, maka dri itu pipa bawahnya yang sampai ke sambungan pertama dipakai yang 1,75in atau yang 2in sekalian, sehingga efek bernoullinya (vacuum scavenging) bagus. Sehingga tarikan atas bawah bisa didapat.

    Kalau pakai 1,75in, bawah-tengah lebih bagus.
    Kalau pakai 2in langsung, tengah-atasnya lebih bagus.
    Berhubung orangnya ingin untuk pemakaian sehari2 saja, maka dari itu, saya sarankan lebih baik pakai 1,75in.

    Kalau untuk 1800cc ke atas, tinggal pipa primernya dipakai ukuran 1,5in dengan panjang antara 30-40cm, kemudian dari kolektor langsung ke pipa 2in juga sampai sambungan pertama. Untuk Eterna yang mesinnya 2000cc, tinggal pipa tengah (setelah saringan) sampai belakang diganti ukuran 2 1/4in sehingga tarikan atas lebih ngejar.

    Kalau masih mau irit, ya lebih baik batasi sampai 2in saja sampai muffler.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  8. #7
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    penjelasannya berisi banget..

  9. #8
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    kalo buat drag tapi mobil 1000cc, tanpa memperhitungkan efisiensi bbm itu kira2 konfigurasinya gimana ya om Beni?

  10. #9
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Quote Originally Posted by Visto Jakarta
    kalo buat drag tapi mobil 1000cc, tanpa memperhitungkan efisiensi bbm itu kira2 konfigurasinya gimana ya om Beni?
    Tingal pipa bawah yang sampai sambungan tengah diganti dengan yang 1,5in om. Jadi untuk mobil cc kecil (900-1700cc), tinggal bermain di pipa bawahnya. Sebab rata-rata mobil dengan kapasitas tersebut besar lubang keluar pada cylinder headnya masih berkisar antara 1,22 sampai 1,35in.

    Tapi sekali lagi, itu hanya berdasarkan pengalaman serta masukan2 dari teman2 saya yang punya bengkel knalpot (Pakde, Mas Syaipul, Pak Giri, dll). Sudah saya terapkan, dan hasilnya memang nyata. Setiap pulang ke jakarta lewat tol cipularang, kecepatan rata2 135km/jam, ganti gigi pada 4500rpm, konsumsi bensin masih bisa dapat 1:13 - 1:14. Mungkin kalau ganti gigi di 4000rpm bisa lebih irit lagi.

    Cukup lumayan untuk orang yang menginginkan kenaikan performa tapi masih mengutamakan konsumsi BBM.
    Selamat mencoba om.
    Salam.
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    tangerang
    Posts
    823
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wa thx bgt atas masukan nya bos beni, 4-1 ama 4-2-1 enakan mana ?

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. FS : Header Baleno 2000 konfigurasi 4-2-1 budi knalpot
    By handy_hadinata in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 1
    Last Post: 6th September 2012, 19:32
  2. Knalpot Header Hyundai Avega / Verna / Accent
    By budhiwardhana in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 2
    Last Post: 5th September 2012, 11:28
  3. Replies: 15
    Last Post: 17th June 2010, 09:01
  4. WTA : Konfigurasi header
    By _NdY_ in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 5
    Last Post: 10th November 2006, 21:30
  5. [ASK] Konfigurasi Header buat New City VTEC (edited)
    By 8399_hn in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 2
    Last Post: 6th November 2006, 08:04
Back to top