WTA: pengaruh dari pemakaian voltage stabilizer (mis.Accuvolt,VSS)?
Rgotogel 36Goal.com Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/68595
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    292
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 41 Mins 16 Secs

    WTA: pengaruh dari pemakaian voltage stabilizer (mis.Accuvolt,VSS)?

    Brur,
    dari hasil postingan temen2 modcom mengenai Accuvolt, pada intinya semua recommend utk memakai product volt stabilizer. Sangat tergoda utk beli, tapi berhubung harganya cukup selangit (hehehe..seharga ampli Arc 2500XXK euy), gue research dulu di Internet utk dapet info tambahan.

    Kalau utk sisi positifnya si Accuvolt nggak perlu dibahas lagi, karena kurang lebih sama dengan apa yg sudah dibahas di modcom.

    Yg gue mau share, dan tanyakan ke temen2, adalah dari sisi negatifnya nih.
    (disclaimer: buat teman2 yg jual voltage stabilizer product, thread ini sekedar mencari masukan dari para suhu, dan teman2 yg pernah make voltage stabilizer yah, bukan utk mendiskreditkan product yg sangat berguna ini. btw, postingan di forum US/Australia pada refer Accuvolt karena brand ini yg paling sering dibahas).

    mau share hasil bacaan dari forum2 car audio di US & Australia mengenai pemakaian voltage stabilizer, yg pada intinya mereka bilang bahwa voltage stabilizer seperti Accuvolt:
    - berguna utk reduce noise sounds (dengan penjelasan teknis, dan sudah pernah di bahas di thread modcom)
    - power/amplifier akan mendapatkan full power di setiap voltase aki (karena bisa disetting/adjust oleh Accuvolt)

    tapi yg harus juga diperhatikan menurut mereka:
    - bahwa voltage stabilizer akan increasing/menambah stress aki & alternator, karena sang aki akan berusaha keras utk memberikan full power terhadap amplifier sesuai dengan settingan si Accuvolt (apabila Accuvolt di set pada 16.2V, maka aki akan "terus dipaksa" utk memberikan 16.2 kepada amplifier, sehingga aki-nya lama2 kelojotan :-) Apabila aki kita keok, dan perlahan-lahan turun ke level di bawah 12.2 volt, sang Accuvolt nggak mau tahu, dan akan paksa terus aki kita utk kerja rodi.
    Bukankah ini akan berbahaya utk pemakaian mobil kita/impact kepada sistem kelistrikan mobil?


    --start quote--
    Current is current. It can't make power from nothing. My problem with the Accuvolt is that it is a regulated power supply. If you spin it up to 15V it will do it's darndest to deliver 15V. Should your battery start getting low and the voltage dip, the Accuvolt will draw more current to make up the differnce (Power = Voltage * Current). This of course depletes your charging system even more and the cycle goes on....
    --end quote--
    http://audioforum.termpro.com/cgi-bi...c;f=5;t=000377

    --start quote--
    As voltage falls on the battery, the Accuvolt will just keep pulling more and more current to keep that voltage up.
    --end quote--

    http://www.caraudioforum.com/showthread.php?t=99194&highlight=accuvolt

    Pertanyaan:
    - apakah memang betul konsiderasi/pertimbangan2 di atas terkait dengan downside/impact yg tidak diinginkan dari pemakaian voltage stabilizer ke system kelistrikan mobil kita? jangan sampai kita lagi jalan jauh ke luar kota, eh di tengah jalan (atau di tengah hutan,hehehe), tiba2 mogok gara2 si voltage stabilizer ini.

    Masukan & pencerahannya ditunggu yah bros...

    Thanks.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    481
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 13 Mins 7 Secs
    Klo menurut g sih kaga sampe begitunya. Memang efek negatifnya ada tapi gak sampe segitunya deh. Tergantung u punya alternatornya mumpuni atau gak.
    Yang jelas setiap alat elektronik membutuhkan energi, termasuk si voltage stabilizer.
    Misalnya sistem audio kita membutuhkan energi 300Watt. Dengan penggunaan voltage stabilizer sudah tentu dia akan membutuhkan energi lebih dari 300watt. Besarnya energi yang dibutuhkan tergantung dari effesiensi dari si voltage stabilizer, tapi kan jelas keuntungannya apa.
    Klo memang alternatornya mumpuni kenapa ngak.
    Cara ngetesnya gampang kok. Tinggal pasang aja si voltage stabilizer, trus nyalain audionya ampe tingkat bisa kita denger. Trus periksa pakai clamp meter, pengisian dan penggunaannya besaran mana.
    Klo gak ada clamp meter, tunggu beberapa saat, pegang akinya, panas gak. Klo panas berbahaya! Klo cuman anget2 dikit doank gpp.
    Lagi pula itu proses gak bakalan langsung si aki jadi ngedrop. Kecuali audionya membutuhkan energi yang besar banget n jauh melebihi kemampuan si alternator untuk menyuply daya.

  4. #3
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    292
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 41 Mins 16 Secs
    Quote Originally Posted by ocih View Post
    Klo menurut g sih kaga sampe begitunya. Memang efek negatifnya ada tapi gak sampe segitunya deh. Tergantung u punya alternatornya mumpuni atau gak.
    Yang jelas setiap alat elektronik membutuhkan energi, termasuk si voltage stabilizer.
    Misalnya sistem audio kita membutuhkan energi 300Watt. Dengan penggunaan voltage stabilizer sudah tentu dia akan membutuhkan energi lebih dari 300watt. Besarnya energi yang dibutuhkan tergantung dari effesiensi dari si voltage stabilizer, tapi kan jelas keuntungannya apa.
    Klo memang alternatornya mumpuni kenapa ngak.
    Cara ngetesnya gampang kok. Tinggal pasang aja si voltage stabilizer, trus nyalain audionya ampe tingkat bisa kita denger. Trus periksa pakai clamp meter, pengisian dan penggunaannya besaran mana.
    Klo gak ada clamp meter, tunggu beberapa saat, pegang akinya, panas gak. Klo panas berbahaya! Klo cuman anget2 dikit doank gpp.
    Lagi pula itu proses gak bakalan langsung si aki jadi ngedrop. Kecuali audionya membutuhkan energi yang besar banget n jauh melebihi kemampuan si alternator untuk menyuply daya.

    bro, thanks atas masukannya.

    mau nanya lagi:
    - yg dimaksud dgn alternator "mumpuni" itu seperti apa yah? apakah alternator standard new CRV cukup mumpuni utk menghidupi 3 ampli utk jangka panjang? (Arc 4150 2x320W bridged, Brax GE 4x135W, JL 500/1) pake aki kering Stinger (lupa model apa).
    - lo tulis "kecuali audionya membutuhkan energi yg besar bagnet & jauh melebihi kemampuan si alternator"
    pertanyaan:
    - seberapa besar tenaga yg bisa dibilang "terlalu besar & jauh melebihi kemampuan alternator"? ada angka tertentu yg bisa dijadikan acuan.


    Thanks atas masukannya brur :-)

  5. #4
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    481
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 13 Mins 7 Secs
    Quote Originally Posted by baksojoni View Post
    bro, thanks atas masukannya.

    mau nanya lagi:
    - yg dimaksud dgn alternator "mumpuni" itu seperti apa yah? apakah alternator standard new CRV cukup mumpuni utk menghidupi 3 ampli utk jangka panjang? (Arc 4150 2x320W bridged, Brax GE 4x135W, JL 500/1) pake aki kering Stinger (lupa model apa).
    - lo tulis "kecuali audionya membutuhkan energi yg besar bagnet & jauh melebihi kemampuan si alternator"
    pertanyaan:
    - seberapa besar tenaga yg bisa dibilang "terlalu besar & jauh melebihi kemampuan alternator"? ada angka tertentu yg bisa dijadikan acuan.


    Thanks atas masukannya brur :-)
    Yang dimaksud mumpuni itu supply daya lebih besar dibanding penggunaan.
    Yang dibilang terlalu besar & jauh melebihi kemampuan di alternator itu :
    1. misalnya suply daya alternator cuman 45 Ah alias (45A X 14,4 V = 648 Watt)
    2. Kelistrikan mobil membutuhkan Daya untuk lampu, AC, Audio, dll 1000Watt
    3. Nah ini tinggal tunggu mogoknya ajah.
    4. Pernah terjadi pada temen g, hehehhe. Waktu bass berbunyi mesinl tiba2 langsung mati.
    Tapi jangan kuatir itu karena dia pasangnya ngasal n gak kira2.

    Nah u punya new CRV alternatornya mumpuni atau ngak, itu g kurang tau.
    Karena alternatornya berapa ampere g kaga tau. Tapi klo SUV bisanya gede.
    Tapi perhitungan matematisnya secara kira2 seperti ini :
    1. Misalnya alternator new CRV 75 Ah (75 A x 14,4 V = 1080W) --- kemungkinan besar lebih gede.
    2. Lampu mobil pakai standard 55 Watt (2 x 55 = 110W)
    3. Lampu rem, kelistrikan mobil, AC, dll ( 200W)
    4. Power ARC 2 x 320 W= 640W
    5. Brax GE 4 x 135W = 540W
    6. JL 1 x 500W = 500W
    7. HU 25W
    8. Total Power 1680W, tapi penggunaannya biasanya gak sampe segini, tergantung gain level n volume dari HU, paling yang terpakai kurang lebih seengahnya 800W
    9. Total Daya 800 + 25 + 200 + 110 = 1135Watt
    10. Berarti suply daya - penggunaan = 1080 - 1135 = -55W
    Klo diliat secara teoritis suply daya kurang bro. Tapi alternatornya kayanya gak segitu kecil. Coba u liat di manual booknya alternatornya berapa ampere. Harusnya sih aman-aman ajah.
    Klo mau pasti harus ada clamp meter. Tinggal cantol di plus aki n liat gimana arusnya cukup atau tidak.

  6. #5
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    292
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 41 Mins 16 Secs
    Quote Originally Posted by ocih View Post
    Yang dimaksud mumpuni itu supply daya lebih besar dibanding penggunaan.
    Yang dibilang terlalu besar & jauh melebihi kemampuan di alternator itu :
    1. misalnya suply daya alternator cuman 45 Ah alias (45A X 14,4 V = 648 Watt)
    2. Kelistrikan mobil membutuhkan Daya untuk lampu, AC, Audio, dll 1000Watt
    3. Nah ini tinggal tunggu mogoknya ajah.
    4. Pernah terjadi pada temen g, hehehhe. Waktu bass berbunyi mesinl tiba2 langsung mati.
    Tapi jangan kuatir itu karena dia pasangnya ngasal n gak kira2.

    Nah u punya new CRV alternatornya mumpuni atau ngak, itu g kurang tau.
    Karena alternatornya berapa ampere g kaga tau. Tapi klo SUV bisanya gede.
    Tapi perhitungan matematisnya secara kira2 seperti ini :
    1. Misalnya alternator new CRV 75 Ah (75 A x 14,4 V = 1080W) --- kemungkinan besar lebih gede.
    2. Lampu mobil pakai standard 55 Watt (2 x 55 = 110W)
    3. Lampu rem, kelistrikan mobil, AC, dll ( 200W)
    4. Power ARC 2 x 320 W= 640W
    5. Brax GE 4 x 135W = 540W
    6. JL 1 x 500W = 500W
    7. HU 25W
    8. Total Power 1680W, tapi penggunaannya biasanya gak sampe segini, tergantung gain level n volume dari HU, paling yang terpakai kurang lebih seengahnya 800W
    9. Total Daya 800 + 25 + 200 + 110 = 1135Watt
    10. Berarti suply daya - penggunaan = 1080 - 1135 = -55W
    Klo diliat secara teoritis suply daya kurang bro. Tapi alternatornya kayanya gak segitu kecil. Coba u liat di manual booknya alternatornya berapa ampere. Harusnya sih aman-aman ajah.
    Klo mau pasti harus ada clamp meter. Tinggal cantol di plus aki n liat gimana arusnya cukup atau tidak.
    MANTAP SEKALI PENJELASANNYA...

    thanks berat bro ocih,gue akan cek ke manual mobil,dan simulasi perhitungannya.

    sekali lagi,thanks yah.

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    481
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 13 Mins 7 Secs
    sama2 bro, kebetulan ajah g tau.

  8. #7
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    292
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 41 Mins 16 Secs
    Quote Originally Posted by ocih View Post
    Yang dimaksud mumpuni itu supply daya lebih besar dibanding penggunaan.
    Yang dibilang terlalu besar & jauh melebihi kemampuan di alternator itu :
    1. misalnya suply daya alternator cuman 45 Ah alias (45A X 14,4 V = 648 Watt)
    2. Kelistrikan mobil membutuhkan Daya untuk lampu, AC, Audio, dll 1000Watt
    3. Nah ini tinggal tunggu mogoknya ajah.
    4. Pernah terjadi pada temen g, hehehhe. Waktu bass berbunyi mesinl tiba2 langsung mati.
    Tapi jangan kuatir itu karena dia pasangnya ngasal n gak kira2.

    Nah u punya new CRV alternatornya mumpuni atau ngak, itu g kurang tau.
    Karena alternatornya berapa ampere g kaga tau. Tapi klo SUV bisanya gede.
    Tapi perhitungan matematisnya secara kira2 seperti ini :
    1. Misalnya alternator new CRV 75 Ah (75 A x 14,4 V = 1080W) --- kemungkinan besar lebih gede.
    2. Lampu mobil pakai standard 55 Watt (2 x 55 = 110W)
    3. Lampu rem, kelistrikan mobil, AC, dll ( 200W)
    4. Power ARC 2 x 320 W= 640W
    5. Brax GE 4 x 135W = 540W
    6. JL 1 x 500W = 500W
    7. HU 25W
    8. Total Power 1680W, tapi penggunaannya biasanya gak sampe segini, tergantung gain level n volume dari HU, paling yang terpakai kurang lebih seengahnya 800W
    9. Total Daya 800 + 25 + 200 + 110 = 1135Watt
    10. Berarti suply daya - penggunaan = 1080 - 1135 = -55W
    Klo diliat secara teoritis suply daya kurang bro. Tapi alternatornya kayanya gak segitu kecil. Coba u liat di manual booknya alternatornya berapa ampere. Harusnya sih aman-aman ajah.
    Klo mau pasti harus ada clamp meter. Tinggal cantol di plus aki n liat gimana arusnya cukup atau tidak.
    bro, gue lagi buka manual new CRV nih (2400 cc):
    - info alternator nggak ada, cuman info "Baterai": Kapasitas (12V - 36AH/ 5 HR) (12V - 45AH/20 HR)
    yg mana yah jadi acuan, soalnya infonya 2 line begitu, jadi bingung?
    -info lampu2 (kurang lebih mirip sama info estimasi lo): 210-220Watt total
    nyari infonya di website honda indonesia juga nggak dapet euy, atau gue kelewatan?
    http://www.honda-indonesia.com/product.php?id=CR-V&sec=Specifications

    mau tanya bro:
    - kok faktor pengali lo (utk dapetin total W dari sang alternator)14.4V yah?bukannya 12V?(standard)
    75Ah x 14.4V = 1080 W

    worst case, ternyata alternatornya kurang mumpuni, option berikut apa nih yg musti dibenahi sebelum pake voltage stabilizer Jacobs? apakah ganti alternator? if yes, yg tipe apa, dimana, dan estimasi harga alternator?

    btw, pake aki kering stinger, apakah ada pengaruhnya utk nambah listrik/power buat menghidupi car audio + listrik mobil?

    thanks yah.

  9. #8
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    481
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 13 Mins 7 Secs
    Quote Originally Posted by baksojoni View Post
    bro, gue lagi buka manual new CRV nih (2400 cc):
    - info alternator nggak ada, cuman info "Baterai": Kapasitas (12V - 36AH/ 5 HR) (12V - 45AH/20 HR)
    yg mana yah jadi acuan, soalnya infonya 2 line begitu, jadi bingung?
    -info lampu2 (kurang lebih mirip sama info estimasi lo): 210-220Watt total
    nyari infonya di website honda indonesia juga nggak dapet euy, atau gue kelewatan?
    http://www.honda-indonesia.com/product.php?id=CR-V&sec=Specifications

    mau tanya bro:
    - kok faktor pengali lo (utk dapetin total W dari sang alternator)14.4V yah?bukannya 12V?(standard)
    75Ah x 14.4V = 1080 W

    worst case, ternyata alternatornya kurang mumpuni, option berikut apa nih yg musti dibenahi sebelum pake voltage stabilizer Jacobs? apakah ganti alternator? if yes, yg tipe apa, dimana, dan estimasi harga alternator?

    btw, pake aki kering stinger, apakah ada pengaruhnya utk nambah listrik/power buat menghidupi car audio + listrik mobil?

    thanks yah.
    Gini bro kenapa bukannya 12 volt, karena pada saat mobil nyala, itu tuh gak 12V tapi 13,2 - 14,4Volt. Dan tiap alternator mempunyai batas arus yang dilewati, misalnya 75A, maka dia cuman bisa dilewati arus sebesar 75A. Karena daya = arus X tegangan, maka supaya daya yang dihasilkan lebih besar maka dia harus memperbesar tegangannya. Dan tegangannya ini dibatasi sampai 14,4V (selama u punya IC atau Cat Outnya masih bagus). Jadi saat suply daya kurang biasanya si alternator akan menyuply daya di 14,4V.
    Penggantian aki sebenarnya bukan solusi, dia hanya tempat penyimpanan listrik, sementara suply daya tetap dari alternator. Jadi selama mobilnyala, suply listrik selalu datang dari alternator, aki hanya bekerja pada saat suply daya dari alternator kurang, dan pada saat mesin mati.
    Gini daripada u ganti alternator, mending tanya dulu ama si instaler, apakah dia punya clamp meter. Klo ada mending diperiksa dulu apakah suply dayanya cukup atau tidak.
    Penggantian alternator harus dikompensasikan dengan menurunnya tarikan mobil dan boros bbm.
    Klo memang ternyata gak cukup, daripada u ganti alternator, mending u ganti lampu mobilnya pake HID. Sekarang dah murah kok HID.
    Klo mang mau ganti alternator di bengkel2 banyak kok, cuman g kaga tau harganya berapa, soalnya g belom pernah ganti alternator baru, paling juga cuman servis. Tapi harusnya alternator new CRV dah gede.
    G juga coba cari di internet gak ada juga berapa ampere. Coba u tanya bengkel deh, rata2 mereka tau berapa ampere.

  10. #9
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    292
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 41 Mins 16 Secs
    ok, gue cek ke installer gue apakah dia ada clamp meter utk ngetest.

    bro, another simple question nih (disclaimer yah,hehehe), tapi apa hubungannya dengan rekomendasi lo dengan ganti lampu HID yah?

    thanks.

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    JAKARTA SELATAN
    Posts
    378
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 54 Mins 15 Secs
    duh jadi bingung niy gue, apa kabar mobil gue ya? lancer ck4

    sekarang sih gue mau pasang cap bank doang, ME 1.5f

    kira2 kalo gue tambah monoblok ama sub 1 lagi mogok ngga ya boil gue??

    aki gue aki basah pula tapi yg mf ( ngga ngaruh ya )

    sekarang cuman pake 1 ampli doang 4 x 75

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. wts: voltage stabilizer 14v
    By leon9 in forum Bursa Audio Lainnya
    Replies: 34
    Last Post: 12th June 2012, 10:09
  2. voltage stabilizer
    By cruzzer in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 31st May 2010, 08:33
  3. JACOBSON ACCUVOLT FR1500 - VOLTAGE MANTENG 14.4V!!!
    By nicric in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 160
    Last Post: 18th February 2009, 10:58
  4. WTA: impact lain dari pemakaian voltage stabilizer (mis.Accuvolt,VSS)?
    By baksojoni in forum Diskusi Power Amplifier
    Replies: 8
    Last Post: 29th October 2008, 02:16
Back to top