Wuling Indonesia, sebagai produsen asal Tiongkok pertama yang merambah pasar mobil listrik di Indonesia, berhasil meraih kesuksesan yang mengagumkan. Menurut data yang dilansir oleh Wuling Indonesia, penjualan mobil listrik mereka pada tahun lalu mencapai 9.147 unit, dengan Wuling Air EV menyumbang sebanyak 7.951 unit dan Wuling Binguo EV mencapai 1.196 unit. Binguo EV bahkan berhasil masuk dalam daftar 20 mobil paling laris sepanjang Desember 2023, menjadi satu-satunya mobil listrik yang mencatat prestasi tersebut.

Secara nasional, penjualan mobil listrik pada tahun 2023 mencapai 17.147 unit, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 15.437 unit pada tahun 2022. Keberhasilan Wuling dalam meraih pasar ini dapat dilihat dari inovasi mereka dalam membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Model pertama yang diperkenalkan di Indonesia, Wuling Air EV, berhasil mengubah persepsi konsumen tentang mobil listrik yang sebelumnya dianggap mahal dan eksklusif. Melalui inovasi platform Global Small Electric Vehicle, Air EV berhasil memenuhi ekspektasi pelanggan dengan bentuk yang imut dan harga yang sangat terjangkau. Dalam waktu setahun setelah diperkenalkan di GIIAS 2022, Wuling berhasil menjual lebih dari 10 ribu unit Air EV, mendominasi pangsa pasar dengan lebih dari 50 persen.



Keberhasilan ini membuat Wuling mendapatkan perhatian pemerintah dan dipilih sebagai official car partner dalam beberapa acara penting, termasuk KTT G20 di Bali pada November 2022 dan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Mei 2023. Wuling juga berhasil memperkenalkan model kedua, Binguo EV, pada November 2023, yang mendapat tanggapan positif dari konsumen. Desain unik, harga terjangkau, dan garansi menarik membuat Binguo EV menjadi pilihan konsumen. Bahkan, Wuling menjadi brand pertama di Indonesia yang menawarkan Lifetime Core EV Component Warranty, mencakup power battery, drive motor, dan motor control unit.

Tidak hanya fokus pada produk, Wuling juga aktif dalam pengembangan ekosistem elektrifikasi. Rencana kolaborasi strategis dengan tiga BUMN, yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel, diharapkan dapat memperluas ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, rencana penghadiran 100 titik fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB di berbagai wilayah Indonesia pada 2024 menunjukkan komitmen Wuling untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik.

Produksi mobil listrik Wuling dilakukan di Cikarang, Jawa Barat, dengan model terbarunya, Binguo EV, telah memperoleh verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 47,5%. Keberhasilan ini tidak hanya menegaskan komitmen Wuling dalam mendukung industri otomotif nasional tetapi juga menjadikan Binguo EV sebagai kendaraan listrik yang memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif PPN. Dengan TKDN di atas 40 persen, harga Binguo EV menjadi lebih terjangkau. Dengan penerapan Global Manufacturing System (GMS), pabrik Wuling di Indonesia dapat mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi, termasuk mobil listrik. Dukungan lebih dari 150 dealer di Indonesia dengan teknisi kendaraan listrik berpengalaman dan suku cadang yang terstandarisasi menjamin layanan purna jual yang baik bagi konsumen Wuling.