Jakarta – Pada awal Juni 2022, Wuling Motors mengenalkan mobil listrik murah, Wuling Air ev, kepada masyarakat Indonesia. Mobil listrik dengan desain yang mungil ini pun mulai dijual secara resmi pada pameran otomotif GIIAS 2022, Agustus lalu.

Dibilang murah, pasalnya harga jual mobil listrik Wuling Air ev dimulai dari Rp 238 jutaan. Meski terbilang sebagai mobil listrik yang affordable (harga terjangkau), Wuling Air ev tidak hadir dengan alakadarnya. Mobil ramah lingkungan tanpa-emisi ini hadir dengan berbagai fitur canggih di dalamnya.

Wuling Air ev menonjolkan kemudahan berkendara bebas polusi yang memampukan pengemudinya untuk bergerak bebas menembus tantangan perkotaan didukung dengan berbagai fitur pintar yang dimilikinya.

Selain itu, pengisian daya Wuling Air ev juga dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Oleh karena itu,mobil menyandang tagline ‘Drive For A Green Life’ yang sesuai bagi konsumen dari semua kalangan yang bangga dan ingin berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Pengguna Wuling Air ev bisa merasakan kebanggaan tersendiri ketika mengendarai mobil ramah lingkungan ini. Dengan sentuhan eksterior yang futuristis nan canggih melekat erat pada desain compact kendaraan listrik ini, pengguna akan merasakan pengalaman berkendara yang mudah di perkotaan dan juga gaya hidup eco-friendly. Mulai hari ini, kami dengan bangga membuka pemesanan Wuling Air ev secara resmi,” terang Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, ketika di GIIAS 2022.

Wuling Air ev didukung dengan rangka yang kokoh dan dibalut dengan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis. Pengisian daya mudah karena dapat dilakukan di rumah juga menjadi salah satu keunggulan dari mobil listrik ini.

Wuling pun memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan. Dengan desainnya yang compact, mobil listrik ini juga dibekali dengan kabin 4-seater yang nyaman. Pengguna pun dimanjakan dengan beragam fitur cerdas.





Fitur Serba Canggih
Berbagai fitur canggih telah disematkan pada Wuling Air EV, seperti Wuling Indonesian Voice Command (WIND) yang merupakan fitur perintah suara berbahasa Indonesia. Dengan firtur ini pengendara bisa memberikan perintah suara untuk mengoperasikan beberapa fitur seperti:
- Volume Audio
- Tanggal dan Jam
- Membuka atau menutup jendela
- Radio
- AC
- Musik dan Telepon

Wuling Air Ev juga telah dilengkap dengan berbagai fitur keselamatan yang membuat pengendaranya merasa nyaman dan percaya diri. Fitur tersebut adalah:
- 2 Airbags
- ABS and EBD
- Electronic Stability Control (ESC)
- Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Holding
- Hill Hold Control (HHC)
- ISOFIX
- Sound Module for pedestrian warning
- Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
Rear Parking Sensor and Camera
Immobilizer and anti-theft alarm

Dengan berbagai fitur canggih dan keunggulan yang dimiliki, harga varian Standard Range (dengan daya jelajah 200 kilometer) Rp 238 juta dan varian Long Range (daya jelajah 300 kilometer) Rp 295 juta, mobil listrik ini masih terbilang terjangkau. Perlu diketahui, mobil listrik ini menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 26,7 kWh untuk Long Range dan 17,3 kWh untuk Standard Range.

Untuk biaya pengisian baterai mobil listrik ini sampai dengan penuh jika mengacu pada penggunaan listrik rumahan hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 45 ribuan (Rp 1.699,53/kWh), sementara jika mengisi daya baterai melalui SPKLU PLN maka biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 65 ribuan (Rp 2.466/kWh).

Jika dibandingkan dengan menggunakan mobil bermesin 1.200cc atau 1.500cc, Wuling Air EV masih lebih ungul dalam hal harga, fitur, biaya perawatan, biaya operasional dan juga teknologi yang dibawanya.