Menarik melihat kelebihan Hyundai STARIA yang resmi meluncur di Indonesia pada Jumat (20/8/2021). Pasalnya, mobil ini masuk dalam kelas premium. Oleh karenanya, bukan tidak mungkin bakal mengusik eksistensi dari kompetitornya.

Bicara soal mobil Hyundai STARIA, keunggulannya memang cukup banyak. Ambil contoh bodinya lebih bongsor dari pesaingnya. Kemudian dari sektor kenyamanan, fitur-fiturnya tidak kalah dari pesaingnya. Lalu yang juga menarik, harganya lebih terjangkau.

Harga Hyundai STARIA di Indonesia, mulai Rp 888 juta (OTR Jakarta) untuk varian signature 9 dan Rp 1,02 miliar (OTR Jakarta) khusus varian Signature 7. Sementara terdapat kompetitor yang mematok harga termurah adalah Rp 1,065 miliar (OTR Jakarta).Jika melihat laman resmi Hyundai Indonesia, kami bisa merangkum setidaknya ada lima kelebihan Hyundai STARIA.

1. Kabin Sangat Luas dan Fleksibel

Hyundai STARIA memiliki dimensi yang sangat besar. Di atas kertas, panjangnya 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Dimensi tersebut lebih besar dari pesaingnya, bahkan lebih bongsor dibanding Hyundai H-1 selaku pendahulunya.

Kemudian masuk ke dalam kabin, bisa dilakukan dengan membuka pintu geser elektrik. Hyunda STARIA di Indonesia, tersedia dalam dua varian: Signature 7 dan Signature 9. Artinya ada dua pilihan jok untuk 7 penumpang atau 9 penumpang, yang bisa dipilih konsumen.

Lalu yang jadi kelebihan Hyundai STARIA paling utama adalah kabinnya sungguh fleksibel. Khusus varian 9 penumpang, konfigurasinya pakai empat baris bangku dengan formasi 2+2+2+3.

Menariknya lagi, bangku baris kedua bisa diputar atau swiveling independent seat. Alhasil menghasilkan kondisi yang berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Jika yang kamu pilih adalah varian Signature 7. Maka cuma ada tiga baris bangku dengan formasi 2+2+3. Jarak antar bangku juga jadi begitu luas, sehingga nyaman untuk penumpang.

Kursi baris keduanya dibuat begitu istimewa dengan fitur premium relaxation seat. Masing-masing bangku di baris kedua tersebut sudah menggunakan gaya captain seat. Memiliki 8-way adjustments, sandaran tangan, sandaran kaki, hingga penghangat serta pendingin kursi.

2. Performa Mesin Diesel yang Mantap

Hyundai STARIA di Indonesia cuma tersedia dalam pilihan mesin diesel. Jantung mekanis ini berkubikasi 2.2 liter dengan imbuhan turbo. Alhasil mampu menghasilkan torsi besar mencapai 430 Nm pada 1.500 2.500 rpm dan tenaga maksimal 177 PS pada 3.800 rpm.

Performa mesin Hyundai STARIA tersebut disebut sebagai kelebihan, karena lebih baik dari pendahulunya. Sebagai gambaran, Hyundai H-1 pakai mesin diesel 2.5 liter, namun performanya jauh lebih lemah.

Kelebihan Hyundai STARIA selanjutnya sudah pakai sistem transmisi 8-percepatan otomatis sehingga pendistribusian tenaga jauh lebih halus. Tidak ketinggalan, hadir pula paddle shift untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan untuk pengemudi.

3. Interior Penuh Fitur Modern

Bicara soal fitur modern, tentu jadi salah satu kelebihan Hyundai STARIA. Mobil MPV bongsor ini sudah memiliki head unit layar sentuh 8 inci. Ditambah lagi ada panel instrumen 10,25 inci di balik lingkar kemudi.

Head unit Hyundai STARIA cukup istimewa karena sudah mampu terkoneksi dengan smartphone via Apple CarPlay atau Android Auto. Kemudian untuk panel instrumennya sanggup menampilkan berbagai informasi terkait mobil, serta berbagai fitur keselamatan berkendara.

Bukan cuma itu aura modern di Hyundai STARIA, ada pula wireless charger. Lalu tersedia 12V power outlet, USB Charger yang tersebar di tiap baris bangku, wireless phone charging system, panoramic sunroof, dan ambient light.

Khusus Hyundai STARIA Signature 7, ada tambahan fitur seperti 12-speaker BOSE Premium sound system. Tentu ini akan sangat memanjakan telinga, ketika kamu ingin mendengarkan musik saat berkendara.

4. Fitur Keselamatan Lengkap

Bicara keselamatan, itu jadi salah satu kelebihan Hyundai STARIA. Mobil MPV pintu geser ini sudah dilengkapi Hyundai SmartSense.

Keunggulannya bisa tampak dari penyematan airbag di enam titik, tire pressure monitoring system (TPMS), anti-lock braking system (ABS), electronic stability control (ESC), vehicle stability management (VSM), hill-start assist control (HAC), dan multi-collision brake (MCB).

Khususnya untuk varian Signature 7, memiliki high beam assist (HBA), forward collision-avoidance assist (FCA), lane keeping assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA), Driver Attention Warning (DAW) dengan Leading Vehicle Departure Alert Function.

Fitur lain yang dimiliki adalah Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-spot View Monitor (BVM), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert, Safe Exit Assist (SEA), dan lain-lain.

5. Desain Tampil Beda

Kelebihan Hyundai STARIA selanjutnya ada di desain eksterior yang unik. Mobil keluarga asal Korea Selatan tersebut seperti datang dari masa depan. Kamu bisa lihat dari bentuknya yang sangat sederhana dan membulat. Kemudian di bagian paras ada garis memanjang horizontal dari kiri ke kanan yang berfungsi sebagai daytime running light.

Lampu utamanya sendiri diletakkan agak kebawah dengan bentuk kotak-kotak kecil dan sudah dilengkapi teknologi LED. Kemudian di bagian belakang pun tidak kalah sederhana. Sebagian besar tampilannya didominasi kaca besar dan lampu sein serta rem ada di sisi kiri dan kanan berbentuk kotak-kotak kecil yang memanjang dari atas ke bawah.

Kelebihan Hyundai STARIA lain, tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior juga bisa dipilih antara Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.

Desain pelek Hyundai STARIA juga unik, berbentuk seperti bintang tapi dengan potongan yang agak rumit. Ukuran ban yang dipakai 235/55-18 inci.