MOBILMAN.ID - Audi A4 B6 adalah generasi kedua dari sedan kompak Audi A4. Jika Anda tertarik dengan merek Audi, ada baiknya simak dulu review lengkapnya di sini.



Audi A4 B6 tersedia dalam beberapa tipe seperti Sedan dan Avant 2WD, Cabriolet, dan juga tipe Sedan dan Avant yang sudah dilengkapi dengan Quattro (penggerak 4 roda Audi).

Audi A4 B6 Avant


Audi A4 B6 Cabriolet


Eksterior Audi A4 B6
Tampilan A4 B6 tidak berbeda terlalu jauh dari generasi sebelumnya. Audi tetap mempertahankan garis desain yang simpel, mulai dari depan hingga kebelakang.



Terdapat chrome di bagian moncong yang mengotak mengikuti bentuk grill. Jika Anda membuka kap mesin, maka grill tersebut juga akan ikut terangkat.

Pintu dari Audi A4 B6 ini tergolong cukup ringan, namun tetap terasa solid.

Untuk desain A4 generasi kedua ini, Audi mengikuti garis desain milik sang kakak yaitu Audi A6.

Desain mobil ini cenderung memiliki kesan yang sporty dibanding kesan mewah.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah dimensi yang melebar.



Audi A4 B6 sedikit lebih gemuk karena memiliki dimensi yang lebih besar, yaitu dengan panjang 4.547 mm, lebar 1.766 mm, dan tinggi 1.428 mm. (wikipedia)

Headlight yang terpasang di Audi A4 B6 sudah mengadopsi teknologi yang cukup canggih.



Lampu standard Audi A4 B6 dilengkapi dengan lampu halogen, lampu single xenon, dan lampu bi-xenon projector. Audi A4 juga sudah dilengkapi dengan fog lamp.

Lalu untuk lampu belakang, terdapat perbedaan letak lampu mundur untuk model Sedan dan Avant. Untuk model Sedan, lampu mundur berada di bagian atas, sedangkan untuk Avant berada di tengah-tengah.

Namun agak disayangkan, lampu sein samping belum terintegrasi dengan spion, melainkan masih berada di fender mobil.

Interior Audi A4 B6
Masuk ke interior, Audi tetap mempertahankan desain stir empat palang.



Namun untuk generasi Audi A4 B6 ini menambahkan aksen chrome melingkar di bagian klakson, yang mengitari logo empat cincin. Stir ini juga sudah dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic.

Di sebelah kiri stir, terdapat tuas pengaturan lampu berbentuk bundar yang dapat diputar.

Di tengah dashboard, Audi menyematkan fitur yang berlimpah, seperti head unit, tombol hazard, tombol ESP, dan pengaturan AC dual zone yang memiliki tiga layar terpisah.



Di bawah pengaturan AC, terdapat defroster, defogger, dan penghangat jok yang suhunya dapat diatur.

Dan yang menjadi ciri khas adalah terdapat dua tombol yang mengapit tombol hazard, tombol tersebut adalah tombol laci kecil dan cup holder.

Jika tombol tersebut ditekan, maka laci dan cup holder akan muncul dari dalam dashboard.

Pada beberapa tipe, Audi menyematkan telepon yang berada di sebelah head unit.

Audi menempatkan dua tuas di bagian kiri dan kanan stir. Di bagian kiri, tuas tersebut berfungsi untuk mengatur lampu sein, dan di sebelah kanan untuk mengatur wiper.



Di bagian pintu, untuk mengunci pintu cukup tekan tombol yang berada di samping gagang pintu, desain yang cukup unik.

Lalu terdapat pengaturan spion untuk retract dan arah kaca, tombol power window yang sudah all auto, window lock, serta terdapat tweeter yang berada di bagian atas panel pintu.

Jok Audi A4 B6 cukup tebal dan memiliki ketebalan yang cukup baik, memberikan kenyamanan baik bagi penumpang dan pengemudi.



Jok sudah dilengkapi dengan adjustable headrest dan seatbelt.

Lalu terdapat panel piano black yang memanjang dari pintu hingga ke konsol tengah, memberikan kesan mewah.

Pada bagian instrument cluster, terdapat speedometer, tachometer, indikator bensin, dan indikator suhu mesin.



Dan di tengah tengah speedometer dan tachometer, terdapat layar MID (multi information display) dengan tulisan berwarna merah yang menampilkan berbagai macam informasi.

Audi juga menempatkan beberapa tombol yang letaknya berada di depan instrument cluster. Tombol tersebut berfungsi untuk mengatur MID agar pengemudi dapat memilih informasi yang ingin ditampilkan.

Untuk leg room baris kedua, tidak terlalu luas namun masih cukup nyaman dan masih ada ruang untuk kaki penumpang.Begitu juga head room, masih terdapat cukup banyak space.

Audi memanjakan penumpang beris kedua dengan memberikan arm rest yang empuk dan dapat dibuka tutup.

Selain itu, visibilitas di baris kedua untuk ke arah samping dan depan tergolong cukup baik, ini dikarenakan kaca A4 yang cukup lebar.

Safety Audi A4 B6
Audi A4 B6 sudah dilengkapi enam airbag dan beberapa fitur keamanan lainnya yaitu:

  • ESP (Electronic Stability Programme) dari Bosch,
  • ABS (Anti-lock Braking System),
  • EBD (Electronic Brakeforce Distribution),
  • BA (Brake Assist) yang sudah menjadi standar.


Mesin dan Transmisi
Audi menawarkan A4 B6 dengan dua pilihan mesin dan transmisi, yaitu mesin bensin dan diesel, lalu transmisi otomatis dan manual.



Untuk tipe A4 B6 dengan sistem penggerak 2WD, Audi memberikan transmisi bernama multitronic. Namun, transmisi ini tidak disukai oleh pemilik Audi karena rentan terhadap masalah mekanis dan elektronik.

Untuk mesin bensin, tipe tertinggi dengan tenaga paling besar adalah mesin 3.0 V6 30v dengan tenaga 217 hp.

Untuk mesin diesel, hanya terdapat dua varian saja. Tipe mesin yang pertama adalah mesin 1.9 TDI dengan tenaga maksimal 128 hp. Dan untuk tipe paling tinggi adalah mesin 2.5 V6 TDI 24v dengan tenaga 178 hp.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli

Transmisi
Jika Anda berniat meminang A4 B6, khususnya transmisi otomatis, maka Anda perlu memberikan perhatian lebih.

Sebisa mungkin rasakan perpindahan posisi gear dari D ke R lalu ke P. Usahakan jangan ada gejala menyentak.

Lalu jika memungkinkan, lakukan test drive dan mainkan manual gearnya.

Transmisi otomatis A4 perlu dicek agar Anda tidak membawa pulang unit yang rewel. Cek juga riwayat servis oli otomatisnya.

Electrical
Walaupun sudah agak berumur, namun A4 sudah dilengkapi banyak fitur elektrik.

Silahkan anda cek dengan teliti mulai dari MID, power window, instrument cluster, dan segala jenis lampu di mobil ini agar terbebas dari penyakit yang cukup sering ditemui di unit A4.

Tak lupa juga cek AC-nya. Rasakan suhu udara yang keluar, apakah cepat dingin atau lambat.

Kaki-kaki
Salah satu tujuan meminang Audi adalah untuk mendapatkan kenyamanan. Nah, Anda perlu memperhatikan kaki-kaki seperti shock breaker, tierod, suspensi ball joint, ban, hingga pengereman.

Jika perlu, silahkan Anda ajak mekanik kepercayaan untuk cek bagian ini, agar tenang dan yakin.

Mesin
Komponen krusial pada mobil. Silahkan Anda cek bagian mesin mobil seperti oli, baik oli mesin dan transmisi, aki, busi, hingga engine mounting.

Usahakan jangan ada oli menetes di bagian carter atau sambungan head silinder.

Tidak lupa, cek juga ECU mobil. Memeriksa ECU mobil wajib dilakukan agar terhindar dari mobil yang bisa saja suatu waktu mengalami mati mesin.

Secara garis besar, Anda perlu memeriksa riwayat servis mobil secara keseluruhan, agar dapat menyiapkan dana jika ada suatu komponen yang perlu diganti, atau Anda juga bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk mengganti kompenen.

Sehingga, Anda tidak lagi ragu untuk membeli mobil incaran dan tetap merasa aman meskipun mobil tersebut bukanlah mobil baru.

Kisaran Harga
Di marketplace seperti Mobilman.id, Audi A4 B6 memiliki harga yang berkisar dari 30 jutaan hingga 130 jutaan. Harga yang dipasarkan akan mengikuti kondisi mobil Audi A4 B6 yang dijual.

LINK ARTIKEL ASLI:
https://mobilman.id/review-mobil/aud...elemahannya_32