Dengan harga bahan bakar yang nelambung tinggi di seluruh dunia, banyak orang yang mengandalkan mobil untuk transportasi memilih mobil yang lebih kecil dan lebih efisien daripada sedan atau SUV tradisional.
Kendaraan kecil ini dapat masuk ke ruang sempit, tidak memerlukan biaya untuk asuransi, dan murah untuk diservis, tetapi ada satu kelemahan utama mengemudikan salah satu kaleng kecil ini: mereka sangat lambat.
Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan engine swap. Trik umum adalah menggunakan mesin Honda B- atau K-series, tetapi jika ruang yang kecil menjadi masalah, selalu ada opsi ke roda dua.
Toyota iQ ini (terkait dengan Scion iQ dan Aston Martin Cygnet) memulai kehidupan sebagai city car biasa, tetapi berubah menjadi mobil performa tinggi untuk pameran Tokyo Auto Salon 2022. Eksteriornya mendapat transplantasi wajah GR Yaris, begitu pula bagian belakangnya. iQ ini juga dilengkapi dengan bumper dan side sill khusus, fender lebar, spoiler belakang, dan kap berbahan serat karbon. Di bagian dalam, kita bisa melihat hal yang cukup mendasar: ada sepasang bucket seat, setir Momo, dan cluster digital kustom, yang menunjukkan bahwa sesuatu yang berbeda hidup di belakang kursinya.
Toyota kecil ini dijejalkan mesin 4 silinder 16-katup dari Kawasaki Ninja ZX-14R, yang menghasilkan tenaga 208 Hp pada hampir 11.000 rpm dengan torsi 153 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan asli, dan knalpot keluar dari jendela belakang kiri.
ZX-14R dapat berlari hingga 100 Km/h hanya dalam 2.5 detik, melintasi jarak 402 meter dalam 9.8 detik, dan top speed menyentuh 300 Km/h. Meski mobil ini tidak akan menyentuh performa yang sama, dengan berat trotoar kurang dari 860 Kg, itu akan menjadi mainan yang sangat menghibur. (carbuzz 27/12/2021)
![]()