Komunitas TRABAZ (Trailblazer Colorado Indonesia) bersama dengan KOPASSUS, IMI DKI Jakarta, Rescue IMI DKI Jakarta dan PMI melaksanaan Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah pada tanggal 18 Desember 2021 yang berlokasi di Ged. Lapangan tembak Ksatria, Cijantung-Jakarta Selatan dengan bertema “Setetes Darah Berharga Untuk Sesama.”

Dalam kegiatan ini didukung oleh Yayasan Persaudaraan Bhakti Nusantara (YPBN), GM Indonesia, Chevrolet, AC Delco, Gerak BS, Kimia Farma Futino, Tolak Linu, PT. JK Jaya Kemilau, PT. Megah Utama Putra Plastic & Spunbond Bag Manufacture, RBM Goat Milk, BAR ( Bengkel Auto Raya), PAXI Barbershop, Bony AC WTC Mangga 2, Rumah Sakit Yarsi serta teman-teman komunitas dari Kafein, FK30 Banten, Terios Indonesia, Rusteri Batavia, PIF ( Pajero Indonesia Family), Silverians, HAE (Honda Accord Executive), Combat, Wuling Club Komunitas, Captain Indonesia (KCI) mendapat Apresiasi dari Komando Pasukan Khusus KOPASSUS.



Waaster KOPASSUS Letkol Irfan Amir yang menghadiri langsung kegiatan bakti sosial donor darah menyampaikan apresiasi kepada para pihak yang telah bekerjasama mensukseskan kegiatan ini “Saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ketulusan niat dari para pendonor yang dengan ikhlas menyumbangkan darahnya akan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT. Perlu diingat dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Donor Darah merupakan kegiatan sosial yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat tanpa terkecuali bagi pendonor darahnya Dan juga dapat membantu pemerintah dalam hal ini Palang Merah Indonesia yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan darah bagi Masyarakat. Teruslah berbuat baik, sebab setetas darah pun dapat menyelamatkan masyarakat. Tegas Letkol Irfan Amir.



Sementara, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan menyampaikan bahwa klub otomotif yang tergabung di Ikatan Motor Indonesia selalu bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti donor darah yang saat ini diinisiasi oleh Trabaz. Mudah mudahan dari kegiatan ini dapat terkumpul sekurang kurangnya 300 kantong darah yang dipersembahkan oleh komunitas otomotif kepada Palang Merah Indonesia PMI DKI Jakarta. Imbuhnya.

Ivan Gustian, ketua Rescue IMI DKI Jakarta mengatakan kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian sosial dan peningkatan imunitas bagi masyarakat meskipun ditengah pandemi. “Donor darah itu, selain untuk membantu saudara-saudara kita yang sakit yang memerlukan darah, juga menyehatkan bagi yang bersangkutan. Tujuan kita menggelar kegiatan ini semata-mata untuk menjaga Kesehatan, lebih peduli terhadap kondisi tubuh.” Ujarnya.

Sambutan juga diberikan dari pihak TRABAZ oleh ketua panitia kegiatan Rudy Pras yang mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi antusias komunias klub KR2 dan KR4 yang secara bersama sama masyarakat terdorong untuk mendonorkan darah. “Komunitas bukan hanya sebagai wadah pecinta jenis kendaran tertentu untuk nongkrong atau berkumpul saja, tetapi juga harus berguna bagi sesama manusia dengan salah satu contohnya adalah bakti sosial dan donor darah. Dimana bakti sosial adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh TRABAZ setiap kali melaksanakan kegiatan touring ke berbagai tempat di Indonesia.” kata Rudy Pras.



Menurut Dr Bono S mewakili Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, sebelum dilakukan pengambilan darah untuk donor, peserta terlebih dahulu harus mengikuti proses screening. Selain harus mengisi form yang sudah disiapkan panitia, pada tahapan itu, petugas medis menanyakan sejumlah kriteria pengambilan donor darah seperti menanyakan tensi darah dan syarat-syarat lainnya. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya kepada Trabaz, IMI DKI Jakarta, KOPASSUS, Rescue IMI DKI Jakarta yang menginisiasi kegiatan donor darah ini. Tutup Dr Bono.

Dalam kegiatan kali ini juga dilaksanakan bakti sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada keluarga korban perang dan korban Covid-19 yang di wakilkan oleh anak yatim serta nantinya akan disalurkan oleh KOPASSUS.