Sejarah Asal Mula Nama Daerah Glodok, Kwitang & Menteng, dan Senayan Jakarta, dll dll

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/67087
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,434
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 4 Hrs 11 Mins 5 Secs

    Sejarah Asal Mula Nama Daerah Glodok, Kwitang & Menteng, dan Senayan Jakarta, dll dll

    Kota Jakarta adalah jantung ibukota dari negara Republik Indonesia di mana pusat perekonomian beserta berjuta permasalahannya ada di kota kecil padat penduduk ini. Di balik nama beberapa daerah di Jakarta tersimpan kisah, cerita dan sejarah dari mana nama itu muncul.
    Berikut di bawah ini adalah beberapa asal-muasal nama daerah terkenal di DKI Jakarta :

    A. Glodok
    Asalnya dari kata grojok yang merupakan sebutan dari bunyi air yang jatuh dari pancuran air. Di tempat itu dahulu kala ada semacam waduk penampungan air kali ciliwung. Orang tionghoa dan keturunan tionghoa menyebut grojok sebagai glodok karena orang tionghoa sulit mengucap kata grojok seperti layaknya orang pribumi.

    B. Kwitang
    Dulu di wilayah tersebut sebagian tanah dikuasai dan dimiliki oleh tuan tanah yang sangat kaya raya sekali bernama Kwik Tang Kiam. Orang Betawi jaman dulu menyebut daerah itu sebagai kampung si kwi tang dan akhirnya lama-lama tempat tersebut dinamai kwitang.

    C. Senayan
    Dulu daerah senayan adalah milik seseorang yang bernama wangsanaya yang berasal dari Bali. Tanah tersebut disebut orang-orang dengan sebutan wangsanayan yang berarti tanah tempat tinggal atan tanah milik wangsanaya. Lambat laun akhirnya orang menyingkat nama wangsanayan menjadi senayan.

    D. Menteng
    Daerah Menteng Jakarta Pusat pada zaman dahulu kala merupakan hutan yang banyak pohon buah-buahan. Karena banyak pohon buah menteng orang menyebut wilayah tersebut dengan nama kampung menteng. Setelah tanah itu dibeli oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1912 sebagai lokasi perumahan pegawai pemerintah Hindia Belanda maka daerah itu disebut menteng

    kalo jalan jaksa... krn dulu daerah sana tempat nge-kost-nya pelajar2 asal endonesia yg sekolah hukum belanda...

    daerah matraman dulu merupakan tempat basisnya sultan agung yang mau menyerang batavia. nah karena sltan agung drai mataram maka tempat tersebut dikenal dengan mataraman....lama2 sebutan tersebut berubah jadi matraman

    Tanah Abang awalnya tenabang

    Pademangan yang bersebelahan dengan Kemayoran adalah dua daerah yang dipimpin oleh Demang Betawi (lokal) dan Mayor (londo)..

    Kebayoran dulunya tanah Tuan Bayor Belanda

    trus Betawi tempo dulu juga banyak puun (pohon) jati .. makanya skrg banyak daerah nyang menggunakan nama jati atawa sebutan lokal untuk pohon jati .. kayak .. Jati Padang (orang sono dulu nyebut pohon jati sebagai pohon Padang).. Jati Pulo.. Jati Waringin.. Ciganjur (Ganjur merupakan sebutan pohon jati bagi orang sono dulunye)..

    Klau Karet Tengsin dulunya adalah Perkebunan karet milik etnis China bernama Tieng Shin, karna orang pribumi susah nyebutnya jadi Tengsin aja.

    Kuningan adalah dulunya tempat menetapnya seorang Pangeran dari Cirebon bernama Pangeran Koeningan.

    Tanah Abang dulunya tanah sekitar situ berwarna merah (abang dlm bhs jawa klau gk salah). Sekarang berwarna "emas" karena mahalnya tanah disana

    Buncit : dulunya di jalan buncit raya sekarang ada pedagang kelontong China berperut gendut (Buncit) yg terkenal.

    Bangka : dulunya disana banyak ditemukan mayat (bangke/bangkai) orang yg dibuang di kali krukut.

    Cilandak : konon di sana pernah ditemukan seekor landak raksasa

    Tegal Parang : di sana banyak ditemukan alang2 tinggi (tegalan) yg di potong dgn parang(golok).

    Blok A/M/S : dulunya sekitar situ tempat pembukaan perumahan baru yg ditandai dgn blok, mulai A-S. Sayang yg tersisa tinggal 3 blok doang.

    Pasar Rumput: dulunya tempat berkumpulnya tukang rumput yg menjualnya untuk kalangan meneer Belanda yg tinggal di kampung elit, Menteng.

    Kalimalang
    Karena kali/sungai yg mengalir di spanjang jalan tersebut
    tidak mengarah kelaut(utara)
    melainkan kearah barat(silang/malang)
    Jadi dinamain dech tuch kalimalang

  2. Delapan Satu
  3. #2
    ID Ini Dicurigai Melakukan Penipuan di http://modifika.si/586663
    Location
    Unknown
    Posts
    28,627
    Power
    134 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 39 Mins 17 Secs
    ow gitu toh..... nice post gan

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,186
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    wew baru aja ngeliat ini di forum sebelah..hueheuee...btw klo macan kemayoran itu asal usulnya apa ya?

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,565
    Power
    80 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 30 Mins 40 Secs
    nice post,gw taunya mah macan kemayoran tuh yg suka pake kostum orange

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,434
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 4 Hrs 11 Mins 5 Secs
    thx

    hahaha macan kemayoran bukannya julukannya persija ?

    gak tau jg g ada macan kali di kmayoran dulu huahahaha

    ada yg tau asal usul nama KELAPA GADING ?

    input yah kalo ada secara g tinggal gading dan ampe skrg lom tau hehehe thx

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,434
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 4 Hrs 11 Mins 5 Secs
    uppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp

  8. #7
    Kapten
    Location
    selatan dari jakarta [AE92society]
    Posts
    2,445
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 31 Mins 54 Secs

    Talking

    nice post gan...

  9. #8
    Sersan Mayor
    Posts
    996
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nice post brader...

    boleh nambahin ga??tp bukan dari nama kota ato tempat sih..

    misal jongos..dulu arti nya dari bahasa belanda yang arti nya jongens(dibaca yongens) yang arti nya para pemuda,,dipake buat manggil orang2 kita yang jadi pekerja pada waktu itu..karena orang sini susah ngemeng pake bahasa sana jadilah jongos...

    trus sepur yang disini arti nya kereta,,sebener nya kurang bener..karena di bahasa belanda asli nya itu spoor alias jalan kereta..kalo kereta nya sendiri sama kaya inggris yaitu train..tp ya orang sini nganggep nya kalo spoor itu ya kereta...

    ama blangwir yang arti nya pemadam kebakaran,,asal kata nya dari brandweer..tp nasib nya sama kaya jongos,,ga bisa diucapin trus habeg aja jadi itu hehe

    yang lain sih masi banyak yang hampir sama tp beda huruf nya aja kaya
    -potlot-potlot-pensil
    -postkantoor-kantor pos
    -onderdeel-onderdil
    -tas-tas
    -wastafel(was=cuci,tafel=meja)
    -dll

    350 tahun dijajah ternyata bikin kata2 kita hampir sama hehehe

  10. #9
    Kolonel
    Location
    user control panel
    Posts
    8,637
    Power
    68 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nice post bro.....

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,434
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 4 Hrs 11 Mins 5 Secs
    thx ya

    yg udah nambahin hehehehehehe

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Asal Mula Kata "Gang Dolly" :)
    By Ahongz23 in forum Automotive
    Replies: 71
    Last Post: 15th August 2013, 00:44
  2. Replies: 0
    Last Post: 8th February 2012, 18:45
  3. Asal Mula sebutan Cendol...(maap kalo repost)
    By anthonsianturi in forum Automotive
    Replies: 693
    Last Post: 3rd September 2008, 19:57
Back to top