sedikit sharing pengalaman selama saya menggeluti dunia persticker-an mulai tahun 2012 di sticker sidoarjo khususnya pemilihan jenis sticker untuk otomotif baik itu mobil maupun motor.pertanyaan yang sering di lontarkan oleh calon konsumen saya selain "berapa Harganya,bahannya apa,desainnya bagaimana,ketahanannya berapa lama..dll adalah "cara merawatnya bagaimana"
pertanyaan ini paling sering muncul jika calon konsumen tersebut baru pertama kali menggunakan sticker untuk modifikasi,variasi maupun berfungsi sebagi pelindung body kendaraan terutama yang berjenis finishing matte atau yang biasa di sebut doff.



Perawatan Bodi Motor menggunakan sticker Warna Dop yang Benar

sticker jenis doff atau dop akan lebih mudah memudar dan kusam jika sering terjemur apalagi sticker dengan kualitas jelek.jenis sticker seperti ini pun sangat tidak diperbolehkan menggunakan sabun yang mengandung detergen saat dicuci.

Alasannya karena sticker jenis doff memiliki entitas tinggi lebih cepat ketimbang sticker jenis metalik,glossy/mengkilap. Maka dari itu sangat dibutuhkan ekstra perawatan yang baik dan benar untuk tetap menjaga penampilan bodi si motor kesayangan Anda. Apalagi sifat asam yang dimiliki detergen bisa membuat warna pudar lebih cepat.

apa yang harus di perhatikan untuk merawatnya?

sticker dengan jenis finishing doff secara umum tidak terlapisi pernis sehingga memang mudah pudar. Maka dari itu perlakuan terhadap sticker jenis doff tidak boleh sembarangan. Salah dalam pemakaian bahan poles semisalnya, yang ada bagian warna malah akan jadi halus mengkilap dan tidak doff lagi.

1. Pemilihan polesan atau pembersih

Dalam memilih bahan poles untuk bodi motor warna doff dianjurkan memakan yang water based jangan pilih yang oil based.
silikon cair tidak di anjurkan untuk finishing setelah proses cuci biasanya di tempat pencucian motor umum dilakukan finishing dengan memoleskan cairan silikon di body dengan tujuan agar terlihat "weetlook"
mengapa tidak boleh? karena kesan doff di baody akan hilang dan jadi mengkilap,selain itu jika memolesnya tidak merata akan kelihatan belang-belang

2. Penggunaan sabun cuci dengan PH netral

Kemudian adalah soal pencucian motor, pilih dan pakai sabun cuci motor yang memiliki PH yang netral. Pakailah sabun cuci khusus kendaraan.

Itulah tips sederhana guna merawat penampilan dan bodi oke motor warna doff kesayangan Anda. Semoga dengan adanya tips ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.