Volkswagen Golf GTI adalah hot hatch sempurna bagi kebanyakan orang, tetapi bagi penggemar track day, umumnya Honda Civic Type R yang dianggap sebagai mesin FWD terbaik.





Tapi terkadang Volkswagen menarik kembali satu poin tersebut, dan itulah yang terjadi ketika VW memperkenalkan Clubsport dan Clubsport S di Golf GTI Mk7. Volkswagen jelas mulai memahami sistem ekonomi karena, alih-alih menunggu akhir siklus hidup Golf baru, mereka telah merilis Golf GTI Mk8 Clubsport baru dalam jumlah tak terbatas.

Ini memang tidak terlalu ekstrim seperti Clubsport S lama, namun demikian, ia masih mendapat peningkatan tenaga dari 238 Hp menjadi 292 Hp. Torsi juga meningkat, dari 370 Nm menjadi 400 Nm. Ini akan membantu Clubsport baru mencapai kecepatan 100 Km/h "di bawah 6 detik," sementara top speed akan dibatasi hingga 250 Km/h.

Sayangnya, Golf GTI Mk8 Clubsport hanya akan ditawarkan dengan transmisi DSG 7 percepatan.

Alasan mengapa mobil ini akan tetap menyenangkan meski hanya mendapat transmisi otomatis adalah bahwa mobil ini lebih dari sekedar peningkatan tenaga. Berkat suspensi yang diturunkan 0.6 inch, rem yang lebih besar dan lebih ringan, sudut camber depan yang lebih besar untuk melahap tikungan lebih baik, dan mode penggerak "Special" yang baru, Clubsport 13 detik lebih cepat daripada GTI normal di sirkuit Nordschleife.

Tentu, model khusus seperti ini harus menonjol, jadi ia mendapay spoiler depan baru, side skirt, diffuser belakang, dan spoiler belakang yang lebih besar, bersama dengan tailpipe oval yang lebih besar dan stiker unik. (carbuzz 16/10/2020)