Ketika Orangtua Intervensi - 1997 BMW E39 523i
Rekeningku.com Forum Header 320x100 Blackvue
Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/668168
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Location
    Bali
    Posts
    128
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 21 Hrs 41 Mins 48 Secs

    Ketika Orangtua Intervensi - 1997 BMW E39 523i

    Apa yang bisa rusak, akan rusak.

    [Prelude]

    Sebelum membaca cerita trilogi saya (cieh ), saya sangat menyarankan untuk membaca dua thread saya yang sebelumnya. Thread yang pertama menceritakan bagaimana orangtua saya awalnya menentang ketika saya ingin mengambil mobil Eropa

    http://modifika.si/660068

    Sedangkan thread saya yang kedua menceritakan bagaimana orangtua saya menantang saya untuk mempelajari lebih lanjut mobil Eropa, dengan syarat sebagian besar pengerjaannya saya kerjakan sendiri di garasi.

    http://modifika.si/663156

    Tidak terasa satu setengah tahun sudah berlangsung semenjak saya mendalami mobil Eropa. Banyak sekali hal-hal yang saya rasakan, mulai dari nyamannya Mercedes Benz dengan ketangguhan sparepartnya, sampai rewelnya sebuah BMW dengan hampir seluruh permasalahannya.

    Apa yang bisa rusak, akan rusak.

    Jadi setelah melewati banyak kesalahan dengan E30 sambil jualan part part copotan E30 bekas saya sebelum diganti.. Saya jadi punya kampakan kecil-kecilan.

    Nah kedua orangtua saya menyarankan untuk melangkah kedepan dan ambil unit untuk dikampak. Hitung-hitung sambil belajar mobil, uang masuk, ya kan? Daripada uang nganggur begitu saja. Jadi beberapa hari lalu saya iseng-iseng melihat sebuah iklan BMW E39 tahun 1997..



    Si penjual buka harga 30, iseng-iseng cek ah, gak ada salahnya kan?

    Sampe disana, kondisi unit memang sedikit mengecewakan.. beberapa minus yang saya temukan:
    -Mesin getar saat langsam dan ada asap hitam halus. Padahal mesin 6 silinder harusnya gak bergetar. Nah saya ngecek oli, oli full kok. Gak ada tanda tanda air radiator nyampur ke oli juga.
    -Kopling lengket. Tapi anehnya minyak rem dan kopling gak berkurang, jadi oleh owner dipasangkan karet supaya pedal kopling mau balik.
    -Kaca belakang kiri power windownya gak fungsi.
    -Pajak off lama
    -ABS dan ASR gak berfungsi.
    -Ada beberapa titik keropos, dan kap depan catnya ngelotok sampai dibawah cat dasar karena pernah sundul pickup.

    Tapi meskipun begitu.. ada beberapa poin positif yang saya temukan..

    -Interior ori, wangi masih asli BMW tahun 90an.
    -Elektrikal nyala
    -Kaki-kaki sempurna, velg dan ban ori. Waktu test drive saya minta owner yang bawa, saya duduk didepan berkonsentrasi penuh pada suara-suara yang mungkin saya temukan saat perjalanan. Dan ternyata tidak ada bunyi-bunyi kecuali mesin yang bergemuruh karena misfire/getar tadi.
    -Radiator, water pump, pokoknya bagian HVAC mesin dan kabin, fungsi semua.

    Saya berpikir.. Ya kalau body keropos dibiarkan aja lah ya, karena toh unitnya mau dikampak. Jadi saya mulai estimasi-estimasi harganya.. Tapi jujur 30 kemahalan. Jadi saya memberanikan diri tawar murah.. 18 juta. Owner kelihatan belum mau untuk turun dibawah 25 juta. Akhirnya saya pulang.

    Keesokan paginya, saya terbangun karena ada telepon masuk. Ya, ownernya yang telepon, dia bertanya, kalau 20 mau ambil gak? Saya mengiyakan dan langsung lompat bangun. Tanpa mandi lagi saya pergi bersama ayah untuk mengambil mobil tersebut.

    Singkat cerita, setelah deal kami pun langsung memboyong si paus biru ini kembali ke garasi rumah.. Dan saat itulah baru saya test drive mobil ini, setelah deal.

    Ya, inilah BMW E39 523i Mauritius Blue tahun 1997..







    Sampai di garasi rumah, ibu saya terheran-heran dengan ukuran mobil ini. Pasalnya, mobil kami rata-rata panjangnya cuma mentok di 4.5 meter, dan tidak pernah sampai 4.8 meter seperti E39 ini. Ibu saya semakin ternganga ketika mengetahui mobil ini saya boyong dengan harga 20 juta. Akhirnya ibu saya berkata..

    "Ini mobil jangan dikampak. Direstorasi aja, kalau uda bagus nanti mama yang pake dan bayar pajak & maintenance rutinnya".

    Okeyy kelihatannya saya gagal bikin kampakan. Akhirnya pagi itu saya bersama ayah mengecek mobil ini dimulai dari masalah yang kami temui saat cek unit..



    Dan luar biasa.. Saya menemukan bahwa koil silinder 1 & 2 mati. Koil saya tukar ke silinder 3 & 4, dan silinder 3 & 4 langsung misfire. Sip lah, tinggal order 2 koil, satu masalah selesai..



    Saya melakukan pengecekan terhadap master kopling, dan saya menemukan bahwa master kopling atas yang sedikit bermasalah, meski tidak ada kebocoran sama sekali. Ketika kopling ditekan, ada seperti angin yang keluar dari master kopling. Selagi menunggu master kopling dan koil datang, saya berencana untuk mencoba bleeding kopling dulu.. Siapa tahu hanya karena "angin masuk".

    Apakah mobil ini akan muncul rewel lainnya? Ataukah ini akan menjadi harta karun bagi kami..?

    Kita lihat saja progressnya 1-2 minggu kedepan ...

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Satu
    Posts
    82
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 4 Days 14 Hrs 52 Mins 25 Secs
    ditunggu om

  4. #3
    Kopral Kepala
    Location
    Bali
    Posts
    128
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 21 Hrs 41 Mins 48 Secs
    Quote Originally Posted by NoMe View Post
    ditunggu om
    Barang belum dateng om.. Soalnya long weekend..

    Terima kasih sudah berkunjung ya om..

  5. #4
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta - Jogja PP
    Posts
    632
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 5 Days 17 Hrs 57 Mins 47 Secs
    Quote Originally Posted by zaunkonig View Post
    Barang belum dateng om.. Soalnya long weekend..

    Terima kasih sudah berkunjung ya om..
    Lanjut om, saya suka lihat thread DIY gini..ditunggu hasilnya

  6. #5
    Kopral Kepala
    Location
    Bali
    Posts
    128
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 21 Hrs 41 Mins 48 Secs
    Quote Originally Posted by zwarcool View Post
    Lanjut om, saya suka lihat thread DIY gini..ditunggu hasilnya
    Terima kasih udah visit om..

    Hari ini karena nunggu barang dateng.. Yaa sabtu minggu sparepart belum diproses, tambah kemarin tanggal merah bikin barang ini lama datangnya, mungkin kamis baru datang..

    Jadi saya iseng iseng bersihin radiator dulu..




    Sejak ambil unit, mobil ini diisikan air biasa, dan saya tidak menyukai penggunaan air biasa pada mesin. Dan benar, waktu saya kuras, airnya agak butek dan banyak sisa-sisa pasir.


    Jadi saya kuras sampai benar-benar bersih.. Lalu saya isikan coolant sebanyak 2 liter lalu ditambah air distilasi sampai penuh, baru saya bleeding radiatornya..

    Nah saya masih penasaran dengan fakta bahwa kadang kadang kopling mobil ini lengket tapi master kopling atasnya kering.. Jadi sekalian saya ngolong kebawah untuk bleeding. Curiganya sih karena ada udara..

    Setelah saya bleeding kopling dan memastikan tidak ada udara lagi (minyak rem dan koplingnya kotor banget), saya melihat bagian bawah bellhousing gearbox (tempat kopling) agak basah. Padahal mesin udah lama dimatikan, sebelumnya saya kira tetesan AC namun waktu saya pegang seperti bukan air. Naah ini dia penyebabnya! Master kopling bawah rembes halus..

    Jadi saya memutuskan untuk melanjutkan bleeding kopling nanti saja ketika master kopling saya sudah datang..

    Nah, mungkin jika ada yang nanya.. Kenapa saya berani aja untuk memutuskan lanjut bangun E39 ini daripada dikampak?

    Yang pertama, E39 ini sejatinya sukucadang di bagian mesin, radiator, transmisi mirip dengan E36 323i. Artinya sparepartnya buanyak. Setelah pernah pegang W202 dan E30, saya belajar dari pengalaman bahwa jauh lebih sulit membenahi mobil yang sudah dimodifikasi, khususnya interior, kaki-kaki, audio, dan aftermarket LED/HID daripada mobil yang kondisinya ori tapi mungkin ada minus di bagian mesin.

    Yang kedua, saya mungkin salah, tapi saya percaya bahwa 523i prefacelift ini adalah tipe yang paling murah perawatannya karena transmisinya manual, sampai pengaturan jok dan setir juga masih serba manual. 520i facelift setahu saya hanya memiliki transmisi otomatis, meski joknya serba manual. Memang perbaikan motor elektrik mungkin tidak mahal, tapi saya tidak berniat menghabiskan waktu dan uang di bengkel demi sesuatu yang terlihat kurang penting tapi mengganggu seperti pengaturan postur mengemudi.





    Dan yang terakhir.. E39 ini mewahnya sangat terasa, levelnya jauuuh diatas seri 3 E36 dan lebih dekat ke seri 7 E38. Mungkin bisa dibilang kombinasi terbaik antara kemewahan seri 5, kemudahan perawatan dan harga. Saya tidak merasa E34 cukup mewah, sedangkan untuk E60 perawatan dan harganya jauh diatas E39.



    Kalau E30 saya senang dengan handlingnya, E39 saya senang dengan rasa lapang, tenaga yang berisi tapi tidak kasar, serta tentu kemewahannya, meski harus mengorbankan handling.

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    bandung
    Posts
    450
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 2 Days 19 Hrs 13 Mins 48 Secs
    wah mantaab semangatnya nih... semoga lancar teruss proses restorasinya n keep posting update nya...

  8. #7
    Kopral Kepala
    Location
    Bali
    Posts
    128
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 21 Hrs 41 Mins 48 Secs
    Quote Originally Posted by Dimas Riswandono View Post
    wah mantaab semangatnya nih... semoga lancar teruss proses restorasinya n keep posting update nya...
    Makasih banyak udah mampir om..



    Koil dan master kopling akhirnya datang, dan hari Kamis langsung saya kerjakan sendiri dirumah. Mesin kembali halus dan bertenaga, dan akhirnya gak ada rembesan minyak rem pada mobil..
    Namun waktu test drive, ada perasaan yang aneh. Mobil ini masih mau berakselerasi di gigi 3 meski kecepatan dibawah 20 km/jam. Tapi memang terasa sekali koplingnya sedikit slip. Jadi hari Jumat saya memutuskan untuk bawa ke bengkel langganan saya dari dulu untuk cek kopling..



    Dan betul, kopling setnya sudah mulai uzur dan kudu diganti..



    Mungkin orang lain bakalan stres dan kecewa ya, namun saya justru senang. Ganti master kopling dan kopling set berarti saya tidak perlu memikirkan soal transmisi selama bertahun-tahun kedepan.. Biasanya sih saya ganti kopling set itu bisa 5-8 tahun.. Gak masalah..

    Kesempatan turun transmisi juga saya gunakan untuk mengecek undercarriage mobil ini dan ternyata luar biasa.. Tidak keropos seperti yang saya bayangkan, jadi keropos di bagian luar ternyata hanya keropos lokal, dan memang saya berencana untuk memperbaikinya dalam waktu dekat..

    Jadi untuk masalah mesin pincang.. udah done.. Wow saya cukup kagum dengan tenaga mesin M52B25 ini, mana odometer baru 110 ribu jadi kelihatannya mesin belum capek, konsumsi BBM masih kisaran 1 liter untuk 7-8 km dalam kota oktan 92. Tidak beda jauh dengan mobil baru berkapasitas mesin serupa.
    Transmisi? Semoga dengan penggantian kopling & masternya tidak ada masalah lagi..
    Radiator sudah di flush dan ganti coolant, dalam 1-2 minggu kedepan akan saya monitor terus..

    Semoga keputusan kami membangun mobil ini alih-alih dikampak tidak salah..

  9. #8
    Sersan Dua
    Posts
    264
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 22 Hrs 30 Mins 2 Secs
    subscribed to this thread! seru

  10. #9
    Sersan Kepala
    Location
    ˙˙˙ɥɐɾɐ ʞısǝɹƃ
    Posts
    602
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 4 Hrs 43 Mins 54 Secs
    "Ini mobil jangan dikampak. Direstorasi aja, kalau uda bagus nanti mama yang pake dan bayar pajak & maintenance rutinnya".
    Noted this statement. Kata-kata seorang Ibu adalah doa restu..
    Pasti ada jalan dan kemudahan untuk mewujudkan keinginan Ibu.. Tetap semangat, Om...

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    971
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 18 Hrs 56 Mins 47 Secs
    Itu tahun berapa om ngangkatnya? Bisa dapet 20 jt
    Seru banget thread nya. Tolong diupdate terus yaa.
    Terus mobilnya beneran jadi dipake ibu?
    Mampir ke Rush putih cupu ya!
    http://modifika.si/622824

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. BMW 523i E39 Manual th 97
    By jointiklanempata in forum BMW
    Replies: 46
    Last Post: 4th May 2013, 16:28
  2. BMW 523i'96 E39 MT Silver
    By iklanyuuk in forum BMW
    Replies: 0
    Last Post: 23rd November 2012, 19:36
  3. WTS BMW E39 523i 97 BIRU
    By ajiboy in forum BMW
    Replies: 14
    Last Post: 21st August 2012, 20:05
  4. For Sale: BMW 523i E39 1997 Manual
    By lauk in forum BMW
    Replies: 12
    Last Post: 23rd May 2011, 11:33
  5. WTS BMW 523i e39 1997
    By kusumohadi in forum Merk Lainnya
    Replies: 7
    Last Post: 4th January 2009, 17:15
Back to top