Semakin banyak pembuat mobil bereksperimen dengan teknologi 3D print, dan kita telah melihat kreasi yang indah, termasuk velg McLaren P1, kaliper rem Bugatti, dan potongan trim Mini. Beberapa perusahaan inovatif mengambil langkah lebih jauh dengan mencetak komponen sasis untuk supercar. Porsche ternyata tidak ingin menjadi penonton saja.





Pabrikan mobil sport yang berbasis di Stuttgart ini baru saja mengumumkan jok full-bucket bodyform 3D print. Idenya sederhana - sebagian bagian tengah dudukan diproduksi oleh printer 3D, yang akan memungkinkan pelanggan untuk memilih antara 3 tingkat kekerasan untuk lapisan kenyamanan.

"Jok adalah penghubung antara manusia dan kendaraan, dan karenanya penting untuk melakukan penanganan yang tepat dan sporty," jelas Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif untuk R&D di Porsche. "Itulah sebabnya kulit jok yang disesuaikan untuk pengemudi telah menjadi standar dalam mobil balap sejak lama."

Jok bucket 3D print baru ini didasarkan pada jok sport Porsche yang ada. Konstruksinya mencakup dukungan dasar yang terbuat dari expanded polypropylene (EPP), yang terikat pada lapisan kenyamanan, dan merupakan part yang akan dicetak 3D. Lapisan terakhir jok adalah bahan yang disebut Porsche sebagai Racetex, menampilkan pola perforasi khusus untuk climate control. (motor1 18/3/2020)