Suzuki Ertiga Diesel yang dilaunching oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada awal 2017 terbilang langka dan jarang terlihat hilir mudik di jalanan. Hal ini dikarenakan SIS hanya memasukkan 2000 unit varian Ertiga bermesin diesel ini ke Indonesia yang diimpor utuh (built up) dari negeri India. Entah apa pertimbangannya SIS memutuskan untuk discontinue, padahal peminat Suzuki Ertiga bermesin Turbodiesel hybrid dari Fiat berkode D13A masih sangat banyak. Suzuki Ertiga Diesel adalah mobil LMPV yang cukup powerful dan efisiensi bahan bakar yang sangat irit.

Berlatarbelakang karena unit yang terbatas, kesamaan hobi dan rasa cinta yang sama pada mobil ini yang menjadi sarana untuk mengikat dan mempererat persaudaraan. Berawal dari grup Facebook yang dibentuk pada 16 Januari 2018 kemudian diikuti dengan grup Whatsapp, beberapa pemilik Suzuki Ertiga Diesel ini sepakat membentuk keluarga bernama komunitas Ertiga Diesel Indonesia (GADIES).

Komunitas ini terbilang unik karena tidak membatasi apakah anggotanya ikut di club/komunitas Ertiga lainnya atau tidak. Syarat untuk bergabung hanyalah memiliki mobil Ertiga Diesel. Komunitas Gadies membuka pintu selebar-lebarnya kepada pemilik Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia tanpa memandang asal usul club ataupun non club. Karena pada umumnya jumlah varian diesel dalam suatu club Ertiga pasti sedikit, sehingga dirasa perlu membentuk suatu wadah yang khusus membahas seluk beluk dan permasalahan Suzuki Ertiga bermesin diesel.

Pada tanggal 22-23 Februari 2020 kemarin di Boja Riverwalk, Kendal berkumpul sekitar 50 unit Ertiga Diesel dari member regional Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera menghadiri event nasional perdana yang bertajuk “Deklarasi dan Kopdar Akbar 2020 Ertiga Diesel Indonesia (Gadies)”. Dengan tema “Caring – Sharing – Together” diharapkan semua member bisa saling menyedulur, saling peduli (care), saling berbagi (share), untuk kompak bersama-sama (together) dalam wadah komunitas Gadies.



Event tersebut diisi dengan kegiatan antara lain Pembahasan AD/ART, Deklarasi dan Pengenalan Pengurus Pusat (PP Gadies), Coaching Clinic by Sepatan Garage, tanya jawab, ramah tamah dan games serta berbagai doorprize yang sangat menarik. Acara didukung oleh sponsor utama dari PT. Pertamina (Persero) dengan produk bahan bakar diesel andalan berkualitas dunia Pertamina Dex. Serta sponsor dari Sepatan Garage bengkel spesialis modifikasi ECU/Remap.

Visi dan Misi

Komunitas Gadies memiliki Visi : Menjadi komunitas terbesar Ertiga Diesel Indonesia yang bersifat independen, mandiri dan terbuka bagi semua pemilik Ertiga Diesel di seluruh Indonesia tanpa memandang asal clubnya bahkan non club sekalipun.
Adapun Misinya antara lain meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pemilik dan pengguna Ertiga Diesel agar lebih menumbuhkan minat untuk memahami mengenai seluk beluk dan perawatan mobil Ertiga Diesel.

Saat ini sudah lebih dari 200 orang member yang terdaftar di komunitas ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari mahasiswa, karyawan, TNI/Polri hingga yang sudah berstatus pensiunan. Benefit yang didapat dengan bergabung di komunitas selain dari ilmu tentang perawatan adalah diskon service di bengkel resmi. Saat ini komunitas Gadies mendapat dukungan dari PT Sejahtera Buana Trada (SBT) dan Indomobil Multi Trada (IMT) selaku main dealer Suzuki Mobil dan mendapatkan diskon khusus untuk jasa dan spare parts bila service di bengkel-bengkel jaringan SBT dan IMT.

Terus Membangun Kebersamaan

Tak berbeda dengan komunitas otomotif lainnya, kekompakan antara anggota dan pengurus di komunitas Gadies sangat begitu kental. Mereka ibarat sebuah keluarga besar. Tak terlihat perbedaan suku, ras dan agama di antara mereka. Tak heran bila, canda dan tawa selalu menghiasi suasana saat mereka sedang melakukan kopi darat. Untuk meningkatkan rasa kebersamaan, komunitas ini seringkali mengadakan Kopdar di beberapa tempat. Baik sekedar ngumpul ngobrol sambil ngupi, ataupun ngoprek bareng di secretariat Gadies di bilangan Sepatan, Tangerang. Tak hanya sekedar kopdar, komunitas ini pun mempunyai banyak rencana kegiatan positif untuk menyelenggarakan berbagai event mulai dari touring, coaching clinic, bakti sosial, dan turnamen.

Tak Mau Gaya-gayaan

Meski perkumpulan ini bernama komunitas dan masih tergolong baru, Gadies tak sembarangan didirikan. Komunitas ini memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang harus dipatuhi sesama anggota dan pengurus. Aturan ini dibuat agar komunitas ini memiliki tujuan dan arah yang jelas. Setiap pengurus dan anggota menjunjung rasa kekompakan dan kebersamaan. Gadies bukan komunitas mobil gaya-gayaan atau trek-trekan, walaupun beberapa member banyak yang mobilnya sudah modif ECU alias remap. Di komunitas Gadies juga diterapkan aturan tertib berlalu-lintas dan setiap member tanpa terkecuali harus menjadi contoh dalam berlalu-lintas.

SUSUNAN PENGURUS ERTIGA DIESEL INDONESIA (GADIES)
MASA BAKTI 2020 – 2022 :

DEWAN PENASEHAT :

1. Hendri Prabowo
2. Arie Pradana

DEWAN PENGURUS :

Ketua Umum : Tangguh E. Budianto
Sekjen : Dian Sugihatna
Bendahara : Iwan Priambodo

Korwil Jabodetabek : Reza Haditya Raharjo
Korwil Jawa Timur : Adam Galih Prawandaru
Korwil Jawa Barat : Hamdan Sukmara
Korwil Jateng & DIY : Christian Triwibowo
Korwil Lampung : Hery Istanto
Korwil Sumbar/Riau : Irkham

DIVISI ORGANISASI DAN KEANGGOTAAN :
1. Astrianto
2. Zikrillah Nakhrowi


DIVISI HUMAS DAN MEDSOS
1. Iqbal Adriansyah
2. Supriyadi
3. Kasmono

DIVISI TEKNIK DAN MODIFIKASI
1. Arie Creative
2. Satrio Bagus Sugiharto
3. Agung Raharjo

DIVISI KEGIATAN DAN TOURING
1. Anzac Bobby
2. Tiok Ganeta
3. Denny Martin