Setelah 3 dekade memproduksi mobil roadsternya yang terkenal, MX-5, Mazda mulai merenungkan rute apa yang harus diambil untuk generasi berikutnya. Model generasi keempat (ND) telah ada selama 4 tahun, jadi sudah tiba saatnya bagi Mazda untuk mulai berpikir tentang model NE yang diharapkan akan tiba pada dekade berikutnya.



Berbicara dengan majalah Autocar, bos R&D Mazda, Ichiro Hirose mengatakan bahan-bahan utama yang membuat MX-5 begitu menyenangkan untuk dikendarai (ringan dan kompak) akan tetap ada untuk mobil generasi kelima. Karena itu, roadster mungkin masih mengalami beberapa perubahan signifikan, karena Miata tidak kebal terhadap tren otomotif dan harus beradaptasi untuk bertahan hidup, terutama di pasar mobil sport yang semakin menyusut. Regulasi emisi yang lebih ketat bisa berarti powertrain hybrid akan menjadi jantung dari MX-5 baru.

Mengingat powertrain hybrid biasanya memengaruhi berat mobil, MX-5 berikutnya bisa lebih berat daripada model saat ini, kecuali jika insinyur Mazda menemukan cara untuk mengurangi bobot di area lain untuk mengkompensasi masalah tersebut. Sebagai pengingat, versi paling ringan MX-5 hanya memiliki bobot 1.058 Kg. (motor1 29/11/2019)