Akibat Melawan Orang Tua - Kuku Jadi Hitam
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/663156
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    97
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 38 Mins 30 Secs

    Akibat Melawan Orang Tua - E30 318i 1990

    Pada thread sebelumnya, saya menceritakan bahwa ayah saya adalah seseorang yang sangat anti dengan mobil Eropa. Kami banyak berdebat sebelum akhirnya beliau mengalah dan membiarkan saya mengambil Mercedes tua dan belajar memperbaikinya perlahan-lahan. Sebelum melanjutkan membaca saya menyarankan anda membaca postingan pertama saja dari thread saya sebelumnya di bawah ini agar enak bacanya, anda bisa mengetahui background ayah saya:
    http://modifika.si/660068

    5 bulan setelah saya mengambil Mercedes itu dan puji Tuhan berhasil restorasi sepenuhnya dengan biaya yang minim karena beberapa bagian saya kerjakan sendiri di garasi, keadaan ekonomi saya lebih membaik karena cicilan sudah hampir selesai dan ada rezeki berlebih. Lantas Agustus akhir kemarin, sebelum saya pulang ke Bali, ayah saya bertanya kepada saya demikian.

    Ayah: "Kamu berani ambil mobil tua lagi untuk kamu pelajari sistemnya gak?"
    Saya: "Kan udah ada itu Mercy pa."
    Ayah: Itu kan kamu diagnosa masalahnya apa, baru kamu bawa ke bengkel. Maksud papa, kamu perbaiki sendiri di rumah, beli alat. Kecuali yang tidak memungkinkan, baru bawa ke bengkel.
    Saya: Tapi nanti garasinya tidak cukup.
    Ayah: Papa buatkan.
    Saya: Mau nyari mobil apa?
    Ayah: BMW.
    Saya: Deal.

    Lalu pada September awal, saya cuti dan kembali ke Bali. Bersama ayah saya, kami memutuskan batasan-batasan mana saja yang tidak perlu saya lakukan sendiri. Dan karena saya baru memulai, ayah saya mengatakan tidak perlu langsung loncat ke bagian yang terlalu susah seperti turun mesin, ganti kopling, betulkan AC atau perbaikan body seperti perbaikan karat atau pengecatan.

    Mobil harus semurah mungkin, tidak peduli tipe apa saja (kami mencari E36, 34 dan 30 karena murah dan cukup simple), tapi kondisi bisa direstorasi, tidak boleh kondisi mangkrak, atau surat tidak lengkap.

    Kami melakukan perburuan 3-4 hari namun kualitas unit-unitnya kurang pas dengan harganya. Dan akhirnya saya menemukan unit yang "cukup berantakan tapi bisa dirapihkan", dapat di angka 2x,xxx,xxx.
    Minusnya dulu saja ya?
    1. AC mati
    2. Bemper banyak retak karena pemilik sebelumnya terlalu menceperkan mobil
    3. Ada isu kelistrikan, kabel perlu diurut karena lampu sen kiri tidak menyala, lampu sen kanan menyala juga dengan lampu depan, lampu mundur juga mati total.
    4. Mesin pincang
    5. Karpet dasar kotor
    6. Speedometer & Tachometer mati ala E30.
    7. Knalpot bocor

    Untungnya mobil layak jalan, body tidak banyak keropos karena oleh pemilik sebelumnya sudah pernah diperkuat dengan plat, meski ada beberapa keropos lokal. Selain itu pemilik sebelumnya rajin menggunakan radiator coolant sehingga mesin relatif awet dan sistem radiator tidak berkarat.






    Interior masih bagus tapi ditambah cutting sticker dan tempelan tempelan murah.. Tempelan ini beberapa sudah kami lepas dan masih proses bersihkan bekas lemnya.




    Bawa pulang, langsung beli sparepart untuk tune up:


    Dongkrak mobil, ganti filter udara, sekalian servis (AFM?) dan throttle body.








    Beres ganti filter udara, langsung masuk ke bagian berikutnya yaitu ganti oli sendiri modal sambil nonton Youtube. Para pemilik E30 pasti familiar dengan karter oli yang sangat rendah - di mobil ini dibuatkan plat pelindung, sehingga agak menyulitkan saat mengganti oli.


    Filter oli sampai hitam begitu..


    Olinya juga sudah hitam dan kental..


    Setelah mengganti oli saya mengecek keadaan busi satu per satu. Ternyata mesin pincang karena busi nomor 4 (paling dekat dashboard) sudah gosong. Busi akhirnya saya ganti satu saja, karena sebetulnya semuanya masih tebal, mungkin baru diganti 5000km terakhir.



    Setelah busi sudah diganti maka saya mencoba starter mesin.. Indikator pressure oli menyala beberapa detik lalu hilang, tanda oli sudah mulai melubrikasi mesin. Mesin saya biarkan 10 menitan agar bisa dilihat ada kebocoran atau tidak. Keadaan mesin sudah jauh lebih baik, suara lebih halus, namun ternyata rpm idle mobil ini terlalu rendah sehingga terasa seperti mau mati dan akhirnya terlalu sering harus menginjak kopling setengah. Sekrup penyetelan pada kabel throttle body saya atur sehingga kira-kira idle berada di 850 rpm (odometer mati, jadi hanya berdasarkan pendengaran), dan setelah itu kami bawa jalan. Mobil sudah mulai enak, meski transmisinya manual tapi serasa bawa matic, lepas kopling jalan sendiri, waktu merayap juga tidak perlu selalu injak kopling.

    Mumpung mobil sudah didongkrak, sekalian saya ganti oli transmisi dan gardan. Di kesempatan ini juga saya membersihkan sensor speedometer pada rumah gardan belakang memakai degreaser - hasilnya speedometer berfungsi lagi..




    Kemudian saya berniat membereskan mobil ini berdasarkan indikator di instrumen cluster - lampu peringatan rem menyala.
    Maka saya mengganti kampas rem depan karena sudah sekalian beli waktu cari sparepart untuk tune up...

    Ayah saya bertanya, "yakin mau coba buka bagian rem sendiri?"

    Jawab saya, "Yakin".

    Dan pada 3 hari pertama inilah yang tadinya saya hanya tahu bagaimana mengganti filter AC dan busi, jadi tahu bagaimana ganti oli mesin, filter oli, oli transmisi dan gardan, otak atik idle rpm, dan sampai bongkar bagian rem - kaliper dan bleedingnya..

    Namun alangkah kecewanya ketika di cek, kampas rem masih tebal. Indikator menyala karena kampas rem kiri depan.. habis sebelah. Sebelahnya lagi masih tebal, dan kampas rem kanan juga masih tebal. Saya bongkar kaliper dan menemukan ternyata pistonnya macet. Berhubung saya tidak memiliki alat untuk servis piston seperti alat pres atau kompresor udara maka saya harus menunggu sampai bengkel buka.. Yaitu hari Senin pagi ini.

    Hari masih Minggu dan saya harus melakukan sesuatu. Jadi saya coba lihat bagian knalpot dan ternyata (header?)nya patah, lalu resonator sudah kosong.



    Akhirnya bawa ke bengkel knalpot, minta mereka ganti resonator baru dan las listrik headernya..



    Dilihat-lihat arahnya sudah mendukung ya..


    Pagi ini saya akan membawa mobil ke bengkel untuk betulkan piston kaliper yang macet, sekaligus coba isi freon karena AC tidak dingin. Kalau AC jadi dingin, tinggal saya lihat berapa lama waktu yang diperlukan sampai AC jadi tidak dingin lagi, indikasi bahwa ada kebocoran. Kalau AC tidak dingin maka mungkin mobil akan saya tinggal di bengkel untuk sekalian diperbaiki ACnya..

    Thread ini akan saya update secara reguler, namun seperti thread-thread sebelumnya progress saya pasti terhambat ketika saya berada di jobsite.. Semoga mobil ini tahan banting seperti W202 saya ya..

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kolonel
    Posts
    9,341
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 6 Hrs 52 Mins 32 Secs
    hasil nya ganteng
    fit nya enak di liat
    calon hottes auto show

  4. #3
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    97
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 38 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by nugrahaslalu View Post
    hasil nya ganteng
    fit nya enak di liat
    calon hottes auto show
    Heheh amin.. Nantikan updatenya ya, terima kasih sudah mampir dimari..

  5. #4
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    97
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 38 Mins 30 Secs
    Setelah kaliper rem diservis dan berfungsi seperti semula, kampas rem saya ganti dengan yang baru.


    Sekalian pengecekan kenapa AC tidak dingin.. Harap-harap cemas bakalan keluar uang agak banyak berhubung sewaktu tes tekanan, ternyata sistem AC tidak ada yang bocor.
    Mekanik langganan curiga karena ada kabel yang digigit tikus, jadi dia coba jumper kabel kompresor AC ke accu.. Dan hasilnya AC dingin kembali!

    Mobil saya tinggal untuk diurut kabelnya..


    Per hari ini mobil sudah selesai, kelistrikan aman dan AC dingin lagi!!

    Sekarang lagi pesan timing belt dan fanbelt, kalau sudah datang akan saya coba kerjakan..
    Mejeng dulu malem malem..


  6. #5
    Sersan Dua
    Posts
    246
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 4 Hrs 46 Mins 8 Secs
    mantappp nih prosesnyaa...

    dari dulu pengen bgt DIY gini tapi istri tidak mengijinkan ngoprek kendaraan selain moge..
    krn garasi rumah jd kotor katanyaa..
    ___________________________
    Try to stay below the radar

  7. #6
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    97
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 38 Mins 30 Secs
    Quote Originally Posted by devil inside View Post
    mantappp nih prosesnyaa...

    dari dulu pengen bgt DIY gini tapi istri tidak mengijinkan ngoprek kendaraan selain moge..
    krn garasi rumah jd kotor katanyaa..
    Hahaha iya om, bedanya kalau saya gudang jadi kotor soalnya ada jackstand, jerigen2 oli sama coolant.. Anyway terima kasih sudah mampir ya..

    Hari ini berkesempatan ganti timing belt dan fanbelt karena semalam barangnya datang..
    Buka visco fan dan covernya (kunci 32)..


    Kendorkan baut pulley alternator, powersteering, sama kompresor ac supaya fanbelt bisa dilepas dan covernya kelihatan..


    Drain coolant karena selang radiator bawah yang tersambung ke thermostat mesti dilepas juga..




    Buka covernya kalau sudah ada akses, marking girnya..



    Timing belt lama masih bagus, tapi prinsip saya kalau tidak ada bukti kuat timing belt pernah diganti maka cari aman saja.. Toh timing belt cuma 200 ribuan..

    Setelah timing belt dipasang coba crank dan gak ada yang aneh aneh.. Langsung pasang ulang semua, isi coolant sambil buka baut bleeder.. Dan mobil sudah 100% layak jalan..





    Bawa jalan-jalan sudah gak was-was lagi..

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    DEPOK
    Posts
    5,661
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 4 Days 2 Hrs 6 Mins 58 Secs
    Cakep....lanjutkan

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    97
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 38 Mins 30 Secs
    Masih mau dilanjutkan dengan bongkar speedometer lalu betulin tachometernya.. Tapi nunggu balik Bali dulu, berhubung sekarang di jobsite..

  10. #9
    Kopral Kepala
    Posts
    151
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Hr 52 Mins 32 Secs
    Mantaaaap…..ikutan nyimak ya oom, secara punya cita2 pingin bangun e30 juga

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    Valhala
    Posts
    1,387
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 7 Hrs 31 Mins 7 Secs
    mungkin orang tua takut kamu jadi pinter, jadi bisa tau semua, akhirnya punya pemikiran sendiri dan gak mau ngikutin orang tua lagi dan semua rencananya, hahahaha
    heaven is a comfort zone

 

 
GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 4
    Last Post: 15th September 2019, 23:11
  2. Replies: 3
    Last Post: 18th February 2019, 08:49
  3. Replies: 7
    Last Post: 23rd August 2018, 09:03
  4. Delapan Kebohongan Orang Tua.......
    By jerry_ahh in forum Automotive
    Replies: 10
    Last Post: 22nd August 2013, 08:51
  5. Lampu Merah Mesum Akibat Ulah Orang Mesum
    By Livina_JDM in forum Lain-Lainnya
    Replies: 40
    Last Post: 17th February 2013, 19:45
Back to top