Jangan Panik. Cek Komponen Ini Kalau Mobil Ga Bisa Nyala
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 6 of 6
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/662245
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    8
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    37 Mins 20 Secs

    Jangan Panik. Cek Komponen Ini Kalau Mobil Ga Bisa Nyala




    Halo gansist, apa kabar? Baik dong yahh
    Gw mau nanya nih, kira2 apa sih yang bakal lo lakuin kalo pagi2 mau berangkat kerja, tiba2 mobil lo malah ga mau nyala? Panik atau selow aja yah. Soalnya gw pernah ngalamin sendiri pagi2 mau kerja, eh ni mobil ga bisa nyala sama sekali gatau kenapa. Pas saat itu ya gw ga ngerti harus gimana, daripada gw telat akhirnya gw tinggalin tuh mobil di garasi.
    Setelah berangkat, ga lupa gw langsung kontak bengkel tempat biasa gw servis, dan janjian deh buat dateng ke rumah.
    Skip skip skip
    Akhirnya datenglah teknisi ke rumah dan ga lama bereslah tuh mobil jadi hidup lagi. Setelah itu, gw cari2 info nih, apa aja sih yang harus dicek kalo mobil itu ga nyala. Dan ketemu lah jawabannya, yg bakal gw share ke kalian. Yuk simak gansist

    1. Accu/Aki



    Hal pertama yang menjadi penyebab mobil ga mau distarter itu masalah pada aki. Aki ini komponen yang berfungsi menunjang kelistrikan mobil, kalo aki rusak tentu tidak akan menyala saat distarter.
    Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi ga mampu menunjang kelistrikan.

    2. Brush Dinamo


    Hal lain yang menjadi penyebab ialah brush pada dinamo mulai habis. Di dalam dinamo starter terdapat beberapa komponen dan salah satunya ialah brush atau sikat yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar.
    Apabila brush telah aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin susah dihidupkan.

    3. Busi


    Komponen terakhir yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup ialah busi. Busi merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil. Kalo bagian ini bermasalah, maka mobil ga bisa nyala. Busi yang kotor atau sudah usang lah juga menjadi dua faktor penyebabnya. Solusinya mungkin bisa dibersihkan atau ganti baru sekalian aja.

    Begitulah gansist sedikit tips dari gw mengenai pengecekan komponen mobil kalo ga nyala. Penting bagi kita untuk selalu ngasih pengecekan berkala ke mobil gansist, biar ga kejadian mobil tiba-tiba mogok lah atau apa lah. Apalagi kalo mobilnya masih baru, penting banget dijaga dan dirawat sebaik mungkin biar ga bermasalah.
    Dari sini gw udah tau deh, kalo kejadian lg di mobil gw jadi tau apa yg harus dicek gansist hehe. Semoga kalian juga yang punya mobil tau ya hal-hal penting kayak gini.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kolonel
    Posts
    9,206
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 45 Mins 43 Secs
    nah itu dia yang penting pengecekan rutin
    sambil iseng aja abis nyuci mobil iseng-iseng ngecekin part-partnya pas libur jadi mesin juga terawat

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Valhala
    Posts
    1,375
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 1 Hr 47 Mins 45 Secs
    tips beli mobil dari bca ya ?
    heaven is a comfort zone

  5. #4
    Kapten
    Location
    Malang-Surabaya PP
    Posts
    2,697
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 13 Hrs 51 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by galantorca View Post
    tips beli mobil dari bca ya ?



  6. #5
    Kolonel
    Posts
    9,206
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 45 Mins 43 Secs
    ending nya iklan

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    jakarta barat
    Posts
    457
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 3 Mins 3 Secs
    bagus juga ni yg sering di hiraukan tetapi lumayn penting loh

 

 
Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Mau Mudik Jangan Lupa Cek-cek Kendaraan
    By rikoko in forum Travel
    Replies: 7
    Last Post: 23rd May 2019, 07:57
  2. Panik Mobil Diderek Dishub, Pria Ini Terjatuh Dari Mobil
    By belajaroto in forum Lain-Lainnya
    Replies: 11
    Last Post: 8th February 2019, 09:24
  3. Aksesoris Ini Bisa Bikin Ganteng Yamaha New R25, Cek Harganya
    By Zenuarbgnx in forum Hotspot & Product
    Replies: 1
    Last Post: 1st February 2019, 09:56
  4. AC Mobil Tidak Dingin? Coba Periksa Beberapa Komponen Ini
    By ferryjenselie in forum Tips & Artikel Interior Mobil
    Replies: 758
    Last Post: 25th March 2017, 14:47
  5. WTA lampu mobil jazz ga nyala
    By te20es in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 10th December 2009, 08:24
Back to top