Melawan 3 Prinsip Ayah - W202 C230
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 40
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/660068
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    71
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 2 Hrs 5 Mins 38 Secs

    Melawan 3 Prinsip Ayah - W202 C230

    "Kamu uda gak waras"
    "Gak salah denger?"
    "Nanti kamu nyesel"

    adalah kata kata yang sudah saya dengar sampai bosen selama 2 minggu terakhir. Pasalnya, saya berdiskusi dengan orangtua saya untuk menjual mobil harian saya yaitu Corolla Altis yang bisa dicek di sini untuk mobil yang tahunnya jauuuuuuh lebih tua. I'm 28 years old and yes, saya masih tinggal dengan ortu karena belum menikah dan belum punya rumah sendiri, thanks to your parents generation that created so much inflation that our generation looks impossible to buy their own houses.. Corolla saya tidak ada masalah.. cuma ada beberapa pertimbangan yang saya diskusikan dengan orangtua saya yaitu:

    1. Tempat kerja. Saya bekerja di jobsite dan hanya pulang 6 minggu sekali dan memakai mobil saat day off 2 minggu. Corolla saya kilometernya hanya bertambah 6ribu sejak 2017 akhir sampai sekarang meskipun tiap day off 2 minggu saya pakai harian.

    2. Depresiasi harga dan pajak tahunan. Pajak tahunan altis saya 5 juta. Kebetulan perusahaan dimana saya bekerja sedikit goncang dan saya memutuskan harus memiliki financial security tanpa bergantung ortu. I like automotive, tapi buat bapak saya yang sehari2 taxol dan uda mau umur 60 tahun, durhaka banget kalo gw mesti minta bantu ortu utk pajak sekiranya karir gw kenapa2 dan masi ada cicilan.

    3. I can live with bad fuel consumption. Kalau saya gak punya duit beli bensin ya gak usah dipake dulu, sedangkan mobil irit tetep aja pajaknya gede meski diem di garasi.

    Ketiga hal ini kami debatkan hampir tiap hari di telepon (berhubung saya di jobsite) dan kesimpulannya selalu mengambang. Sampai akhirnya sehari sebelum saya pulang kembali ke Bali akhirnya orangtua saya mengatakan bahwa setelah tahu kondisi perusahaan saya, mereka memutuskan untuk setuju saja, meskipun 3 prinsip mereka dalam mencari kendaraan adalah 3 prinsip orang awam yang sangat mendarah daging di kebanyakan orang indonesia:

    "Kalau bisa jangan beli mobil bekas"
    "Jangan cari mobil eropa, rewel dan mahal"
    "Jangan pernah menjual mobil untuk membeli mobil yang tahunnya lebih tua" - ini yang paling saya langgar, mobil 2011 dijual untuk beli mobil 1997

    Pucuk dicinta ulam tiba.

    Corolla saya jual 130, dan budget motuba saya untuk beli kendaraan baru 50jt. saya berargumen bahwa perbaikan kendaraan tersebut tidak akan sampai 70 juta. Mobil tua boros? Gapapa, lebih baik saya keluar uang beli bensin daripada saya beli mobil tahun muda yang irit tapi duitnya habis bayar pajak dan depresiasi harga.

    "Mobil harus RWD" adalah syarat saya. Alasannya adalah saya sudah pernah habis cukup banyak untuk kaki-kaki di corolla, dan teman saya yang punya Twincam sudah habis lebih dari 10jt hanya untuk kaki-kaki.

    Pilihan jatuh ke BMW E36. Masalahnya, di Bali rata-rata yang dibawah 50jt adalah 318 dan 320i, dan 320inya matic.. Saya pengennya yang cc diatas 2000 dan manual.. Akhirnya E36 mengambang. Pilihan kedua adalah BMW E34. Lha di Bali gak ada unit yang dijual selain bahan, pajaknya mati 3 tahun.

    Lalu saya iseng liat iklan Mercy.. ada W202 tipe C230 Classic tahun 97 manual yang dijual.. katanya 53jt nego.. Ya sudah pagi itu langsung saya telpon orangnya dan janjian ketemuan.. Rasanya worth trying soalnya masuk budget, diatas 2000cc, manual, dan sparepart masih umumnya lebih murah ketimbang Altis..

    Singkat cerita, kita bertemu dan saya langsung mengecek kondisi mercy tsb.. Minusnya lumayan buat sebagian orang - interior di dashboard bawah ada yang sudah patah.. ruang penyimpanan dibawah head unit sudah hilang.. kaki-kaki belakang bunyi kiri kanan.. fuel pump agak berisik dan powersteering fluid rembes..

    Plusnya mesin kering dan sehat, instrument cluster doing good, radiator dan perairan lancar jaya, elektrikal aman, body masih bagus, AC dingin saat siang, saat malam ngembun.. maka nego nego nego dan akhirnya deal di angka 48jt..

    YES YOU HEARD IT RIGHT

    Saya jual mobil jepang tahun muda untuk beli mobil eropa tahun tua, dimana mayoritas orang Indonesia akan melakukan sebaliknya.

    Unit langsung saya boyong dengan surat-suratnya lengkap.. Pajaknya 2.3 setahun, gak sampe setengahnya mobil lama saya (edit: ada yang bilang 2.3 per tahun kemahalan.. mungkin kena progresif? Berarti kalau balik nama pajaknya bakal tetap krn di KK uda ada mobil juga).. Saat iseng liat akte kelahiran mobil ini ada suatu fakta yang cukup unit.. mobil ini plat sebelumnya adalah DK 1 lalu 1 huruf dibelakang.. Hmm jd penasaran siapa aja yang pernah naik mobil ini

    Jujur terbiasa bawa Altis, saya merasa turning radius W202 ini enak sekali. Mungkin karena steering angle RWD umumnya lebih besar daripada FWD.. Setelah membawa unit ini, saya langsung bawa unit ini ke bengkel langganan yang biasa handle Altis saya. Kebetulan ownernya juga spesialis Mercy jadul soalnya beliau punya W115, dan uda sering liat W210,W214,W123,W124 bolak balik bengkel ini..

    Service pertama adalah powersteering fluid rembes, carbon clean dan ganti oli.. biayanya cukup mengagetkan saya.. karena lebih murah dari Altis.. total 1.5 termasuk jasa, dan kontribusi biayanya yaitu 2 selang powersteering fluid yang diganti total dengan yang baru dan juga isi powersteering fluidnya. Sebagai pembanding, so far Altis saya menghabiskan kurleb 10jt untuk restorasi, yang mana 6-7 untuk kaki-kaki dan sisanya untuk kampas kopling, matahari, dan seal crankshaft.. Untuk corolla Twincam teman saya menghabiskan 10jt+ hanya untuk kaki-kaki doang, itupun beberapa part tidak diganti melainkan rekondisi.. Betul memang ada perkataan "beli mobil jepang siapkan 20jt utk restorasi, beli mobil eropa siapkan 30jt utk restorasi" but I'm so done with FWD or their so called "economy car".. Economy for the manufacturer, not me.








    Kaki kaki belum sempat saya service karena saya mengambil keputusan yang agak beresiko - membawa mobil jalan-jalan sehari untuk liat powersteering masih rembes dan performa mesin apakah betul oke atau enggak. Maka sepulang dari bengkel, mobil langsung saya cuci dan pakai jalan-jalan sehari untuk "research" dan membiasakan diri dengan mobil eropa yang ergonominya lain poll... Exhaust tip kebetulan sudah diganti ke dual exhaust tip saat dipinang, ketika dibawa jalan-jalan gak berisik tapi idle agak ngebass.. Dan experience paling asyik tikungan jalan one way yang kearah rumah saya (3 lane) dapat dilibas tanpa ada feeling understeer diatas kecepatan 60km/jam dengan mobil sebelumnya..








    Besok pagi saya akan membawa mercy ini untuk pengecekan kaki-kaki belakang, semoga pengerjaannya sehari aja kelar.. Saya beruntung mendapat mobil ini yang PRnya relatif minim untuk tahun 97 dan semoga kedepannya juga begitu.. mengandalkan pemakaian 1 setengah tahun 6ribuan km doang dan rencananya akan saya kembalikan ke reputasi mercy tua sebagai German Tanks.. kokoh dan jalan terus.. velg ditawari teman saya eks Masterpiece Boxer R15 murmer tapi saya tolak halus karena tujuan ganti mobil ini adalah finansial.. Biar kata orang modelnya kurang kece, I can live with all those.. I can live with steel rims with wheel dop/cover yang penting kaki kaki aman.. I can live with dashboard dibawah setir ada pecah sedikit.. As long as my car starts whenever I want it. As long as whenever I park my car, walk away, I can turn around and look again one more time..

    Fuel consumption tidak seburuk yang saya kira. Twincam teman saya FCnya 1:6 padahal 1600cc, dengan 2300cc saya takjub mendapat FC 1:7 dalam kota meski minumnya pertalite.. Harga per kilometernya mirip kyk mobil yang 1:9 - 1:10 kalo harus pertamax...

    Berhubung masih proses restorasi akan saya update.. meskipun mungkin updatenya lama karena pasti no progress kalau 6 minggu di jobsite! Maybe someone can help me kasi tau warna apa mobil ini? Edit: Dengan bermodal FIN (angka diatas VIN) yang tertera di atas radiator, saya menemukan bahwa kode warna mobil ini adalah Black Opal Pearl.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    jakarta,jogja,cilacap bolak balik
    Posts
    2,805
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 3 Days 17 Hrs 3 Mins 10 Secs
    lha saya jual Golf buat beli mobil taun 91 sama 75

    senasib lha bro umur jg sama nasib jg sama masi serumah ma bapakmak

    dr pajak setaun 10jt jd ratusan ribu


  4. #3
    Kopral Kepala
    Posts
    197
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 5 Hrs 43 Mins
    wah nemu kawan senasib 2 orang, saya juga baru 27 tapi masih tinggal sama ortu
    bedanya mobil dijual dan diganti pakai motor 250cc dan 150cc. Sisa duitnya ditabung buat beli apartemen(rencananya).
    Pajak beda jauhlah, apalagi konsumsi bbm. Dan yang pasti lebih enak dan cepat dibanding bawa mobil di jakarta. Asal gak hujan ya

    Btw, di personal gallery modcom boleh post motor gak sih?
    alpine 9887 -dominations-flux sc-subwoofer kolong
    govibe udac-dbe rm20-dbe sp88
    moto g-vsonic gr06/dbe pr10

  5. #4
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    71
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 2 Hrs 5 Mins 38 Secs
    Quote Originally Posted by tirtamobilnahitam View Post
    lha saya jual Golf buat beli mobil taun 91 sama 75

    senasib lha bro umur jg sama nasib jg sama masi serumah ma bapakmak

    dr pajak setaun 10jt jd ratusan ribu

    Seriusan kah Golf pajaknya ampe 10jt setaun??? Gile altis gw aja yang setengahnya kebawa pikiran terus... gimana kalo 10jt wkwkw


    Quote Originally Posted by controllingfate View Post
    wah nemu kawan senasib 2 orang, saya juga baru 27 tapi masih tinggal sama ortu
    bedanya mobil dijual dan diganti pakai motor 250cc dan 150cc. Sisa duitnya ditabung buat beli apartemen(rencananya).
    Pajak beda jauhlah, apalagi konsumsi bbm. Dan yang pasti lebih enak dan cepat dibanding bawa mobil di jakarta. Asal gak hujan ya

    Btw, di personal gallery modcom boleh post motor gak sih?
    Hmm kurang tau deh bro kalo soal postingan motor. Tapi kita sama persis, gw juga masi ada cicilan apartment yang udah taun terakhir.. makanya selisih harga jual altis sama mercy mau ditambahkan ke budget untuk financial security sehingga kalo karir gw kenapa2.. cicilan tetap lunas dan mobil gak menjadi beban..

    Makasih banyak udah mampir disini yaa agan-agan sekalian..

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Posts
    5,930
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 1 Hr 48 Mins 15 Secs
    saya juga pemakai w202 c230 saya juga pengguna corolla altis
    w202 tuh ada karismanya sendiri malah kaki-kakinya jauh lebih awet dari corolla altis yang katanya udah terkenal awet
    kalo sebagai identitas diri sih worth sekali tapi kalau niat mau di jual lagi dan harga nya bertahan ya coba cari kendaraan lain

  7. #6
    Kapten
    Location
    Malang-Surabaya PP
    Posts
    2,132
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 2 Hrs 25 Secs
    luar Biasa sekali perjuangannya.

    Ditunggu Gan Update Mercynya he3

  8. #7
    Kopral Satu
    Location
    Bali
    Posts
    71
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 2 Hrs 5 Mins 38 Secs
    THE CULPRIT

    Dengan pikiran yang was was pagi tadi saya nyetir membawa si "Triple 1" ke bengkel temen saya yang spesialis mercy tua untuk cek kaki-kaki. Minimal shockbreaker harus ganti dah ini, pikir saya. Saya mulai googling harga shockbreaker dan bushing bushing dan mulai menghitung-hitung kira-kira mungkin servis kali ini tembus 3-4 juta hanya untuk kaki-kaki saja, berhubung W202 suspensi belakangnya independent multilink...

    Saat mobil diarahkan ke platform (apalah itu namanya, struktur yang tengahnya kebawah tanah supaya orang bisa cek undercarriage), mulailah kami berdua melihat struktur kaki-kaki terutama yang belakang...

    Dan inilah penyebabnya


    Baut dan dudukan yang harusnya support lower arm ban kiri.. ternyata sudah hilang entah kemana.. Jadi selama ini saya nyetir hanya memakai satu baut di lower arm kanan doang!!!

    Baut kanan pun dibuka dan pantat mobil langsung turun. Teman saya langsung mengakali dengan mencari baut baja yang ukurannya sama, lalu dudukannya dibuat dengan plat tebal juga.. Setelah 4 jam kemudian dan voila! Mobil suspensinya kokoh kembali, shockbreaker ternyata masih aman kiri-kanan. Bunyi-bunyi selama ini diakibatkan karena ketika diisi penumpang belakang, bagian kiri mobil turun, ban gesrot sehingga shockbreaker sedikit miring bagian atas bawahnya sehingga timbul gesekan ekstra. Mobil pun kami goyang-goyang belakangnya dan setelah itu, saya memutuskan ganti fuel pump sekalian. Karena sebelumnya ketika akan menyalakan mesin fuel pumpnya berisik sekali.

    Pendek cerita, fuel pump didapat di toko rekanan merk Pierburg dgn harga 1.6.. setelah dipasang, mobil pun idlenya jadi hening dan PR pun selesai.. hari ini total keluar 2jt, sudah termasuk fuel pump, benerin kaki-kaki dengan cara diatas, ganti oli gardan (suspect rembes, tapi ternyata oli masih banyak jadi dugaannya sisa-sisa penggantian sebelumnya) dan jasa...


    PR utama mobil ini yang saya temukan dari pembelian akhirnya selesai.. total 3.5 juta jika dijumlah sama thread awal... Menurut saya sangat oke untuk ukuran mobil tua dan Eropa.. meskipun saya yakin dengan usia mobil yang lebih dari 20 tahun tidak tertutup kemungkinan ada aja issuenya..

    Oke sekian dulu updatenya, pelan pelan saya akan betulkan interior dan eksterior.. Dimulai dari center console yang kurang lengkap


    Quote Originally Posted by rang2505 View Post
    luar Biasa sekali perjuangannya.

    Ditunggu Gan Update Mercynya he3
    Makasih banyak omm udah mampir, semoga thread bisa jadi inspirasi anak muda on budget supaya daripada nyicil mobil baru mending anti riba cari motuba hehehe

  9. #8
    Kopral Satu
    Posts
    85
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 21 Mins 31 Secs
    w202 enak kok, minim perawatan apalagi yang manual. Sensasinya kaya bawa w124 versi facelift. Berasa lebih light aja ketimbang boxer aka w124 preface...

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Posts
    5,930
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 1 Hr 48 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by zaunkonig View Post
    THE CULPRIT

    Dengan pikiran yang was was pagi tadi saya nyetir membawa si "Triple 1" ke bengkel temen saya yang spesialis mercy tua untuk cek kaki-kaki. Minimal shockbreaker harus ganti dah ini, pikir saya. Saya mulai googling harga shockbreaker dan bushing bushing dan mulai menghitung-hitung kira-kira mungkin servis kali ini tembus 3-4 juta hanya untuk kaki-kaki saja, berhubung W202 suspensi belakangnya independent multilink...

    Saat mobil diarahkan ke platform (apalah itu namanya, struktur yang tengahnya kebawah tanah supaya orang bisa cek undercarriage), mulailah kami berdua melihat struktur kaki-kaki terutama yang belakang...

    Dan inilah penyebabnya


    Baut dan dudukan yang harusnya support lower arm ban kiri.. ternyata sudah hilang entah kemana.. Jadi selama ini saya nyetir hanya memakai satu baut di lower arm kanan doang!!!

    Baut kanan pun dibuka dan pantat mobil langsung turun. Teman saya langsung mengakali dengan mencari baut baja yang ukurannya sama, lalu dudukannya dibuat dengan plat tebal juga.. Setelah 4 jam kemudian dan voila! Mobil suspensinya kokoh kembali, shockbreaker ternyata masih aman kiri-kanan. Bunyi-bunyi selama ini diakibatkan karena ketika diisi penumpang belakang, bagian kiri mobil turun, ban gesrot sehingga shockbreaker sedikit miring bagian atas bawahnya sehingga timbul gesekan ekstra. Mobil pun kami goyang-goyang belakangnya dan setelah itu, saya memutuskan ganti fuel pump sekalian. Karena sebelumnya ketika akan menyalakan mesin fuel pumpnya berisik sekali.

    Pendek cerita, fuel pump didapat di toko rekanan merk Pierburg dgn harga 1.6.. setelah dipasang, mobil pun idlenya jadi hening dan PR pun selesai.. hari ini total keluar 2jt, sudah termasuk fuel pump, benerin kaki-kaki dengan cara diatas, ganti oli gardan (suspect rembes, tapi ternyata oli masih banyak jadi dugaannya sisa-sisa penggantian sebelumnya) dan jasa...


    PR utama mobil ini yang saya temukan dari pembelian akhirnya selesai.. total 3.5 juta jika dijumlah sama thread awal... Menurut saya sangat oke untuk ukuran mobil tua dan Eropa.. meskipun saya yakin dengan usia mobil yang lebih dari 20 tahun tidak tertutup kemungkinan ada aja issuenya..

    Oke sekian dulu updatenya, pelan pelan saya akan betulkan interior dan eksterior.. Dimulai dari center console yang kurang lengkap




    Makasih banyak omm udah mampir, semoga thread bisa jadi inspirasi anak muda on budget supaya daripada nyicil mobil baru mending anti riba cari motuba hehehe
    motuba juga worth kok om selama user bisa mengarahkan biar enak diliat
    tapi dulu sih altis dual vvt-inya udah keren padahal

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    197
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 5 Hrs 43 Mins
    Quote Originally Posted by zaunkonig View Post
    Seriusan kah Golf pajaknya ampe 10jt setaun??? Gile altis gw aja yang setengahnya kebawa pikiran terus... gimana kalo 10jt wkwkw




    Hmm kurang tau deh bro kalo soal postingan motor. Tapi kita sama persis, gw juga masi ada cicilan apartment yang udah taun terakhir.. makanya selisih harga jual altis sama mercy mau ditambahkan ke budget untuk financial security sehingga kalo karir gw kenapa2.. cicilan tetap lunas dan mobil gak menjadi beban..

    Makasih banyak udah mampir disini yaa agan-agan sekalian..
    Cara berpikirnya dah bagus tuh gan, saya juga jual mobil karena jarang dipakai semenjak saya lulus kuliah(kalau ngantor lebih suka pakai kereta commuterline, enak gak kepanasan dan cepat) sedangkan nilai mobil turun terus plus harus bayar pajak. Ditambah lagi pembangunan transportasi umum di Jakarta yang semakin masif.

    Saya juga suka otomotif, cuma kalau di jakarta spertinya bakal sering kena macet. ya sudah kesukaannya dialihkan ke roda 2 saja


    Ternyata di subforum merk lainnya ada yang posting motor, ya suatu saat saya coba post ah


    Mobilnya ngikut aliran factory standard kaya om rubble aja. Mobil tua yang full standar atau modifnya dikit banget itu kesannya spesial sekali kalau menurut saya. Apalagi mobil yang ini velgnya masih velg kaleng. Jarang ada yang factory standard.
    alpine 9887 -dominations-flux sc-subwoofer kolong
    govibe udac-dbe rm20-dbe sp88
    moto g-vsonic gr06/dbe pr10

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
GT Radial Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. Per buat C230 W202
    By goyon2482 in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 4
    Last Post: 9th July 2013, 17:16
  2. W202 c230 ( PLATINUM )
    By halimsatria in forum Mercedes-Benz
    Replies: 58
    Last Post: 4th July 2013, 07:21
  3. W202 C230 WITH CARLSSON
    By WEELEE in forum Mercedes-Benz
    Replies: 19
    Last Post: 29th June 2013, 17:07
  4. [WTS] W202 C230 '97 M/T
    By Edi_Laksana in forum Mercedes-Benz
    Replies: 21
    Last Post: 27th June 2011, 20:48
  5. WTS; MB C230 W202 C230 A/T '99 elegance obsidiant black
    By speedfreaks in forum Mercedes-Benz
    Replies: 7
    Last Post: 4th June 2011, 13:53
Back to top