Perbedaan Over drive dan Mode Sport apa ?
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/658213
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Posts
    50
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 36 Mins 13 Secs

    Perbedaan Over drive dan Mode Sport apa ?

    Untuk mobil metic yg saya tahu ada fitur OD atau over drive utk mendahului dan utk mobil yg premium ada mode S atau sport utk akselerasi dan dari kedua fitur ini apa perbedaannya bila digunakan utk mendahului atau berakselerasi ?, selain itu juga fitur OD berguna utk apa lagi ?.....

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Posts
    3,896
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 7 Hrs 23 Mins 19 Secs
    sama-sama transmisi lebih sigap kalo overdrive itu gak bisa masuk top gear kalo sport mode bisa tapi gak cuma transmisi aja yang lebih sigap tapi lain nya juga kayak mesin stir sama electric dumper suspension nya main

  4. #3
    Sersan Mayor
    Posts
    821
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 20 Hrs 35 Mins 36 Secs
    overdrive menghilangkan fungsi final gear dan memperpendek sirkulasi oli transmisi untuk menhasilkan rpm yang lebih tinggi, gunanya untuk persiapan tenaga yang lebih cepat ke rpm yang lebih tinggi. biasanya ada di transmisi konvensional oil presure dan atau electric position gas to transmision synchronizer.

    mode sport biasanya ada di mobil lebih baru, kalau ada dimobil lama fungsinya mirip overdrive hanya saja masih menggunakan final gearnya tapi toleransi tekanan oli transmisinya diperbesar perbedaan gapnya sehingga rpmnya lebih dominan dalam rpm tinggi, lebih tinggi dari rpm mode normal.

    untuk mobil teknologi tinggi biasanya mode sport di kombinasikan dengan suspensi elektrik dan ecu performa mesin, jadi satu paket.

    - - - - - - - - - -

    overdrive menghilangkan fungsi final gear dan memperpendek sirkulasi oli transmisi untuk menhasilkan rpm yang lebih tinggi, gunanya untuk persiapan tenaga yang lebih cepat ke rpm yang lebih tinggi. biasanya ada di transmisi konvensional oil presure dan atau electric position gas to transmision synchronizer.

    mode sport biasanya ada di mobil lebih baru, kalau ada dimobil lama fungsinya mirip overdrive hanya saja masih menggunakan final gearnya tapi toleransi tekanan oli transmisinya diperbesar perbedaan gapnya sehingga rpmnya lebih dominan dalam rpm tinggi, lebih tinggi dari rpm mode normal.

    untuk mobil teknologi tinggi biasanya mode sport di kombinasikan dengan suspensi elektrik dan ecu performa mesin, jadi satu paket.

  5. #4
    Kopral Satu
    Posts
    50
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 36 Mins 13 Secs
    Mobil2 yg termasuk City car atau Lcgc kebanyakan buatan mana apa Toyota, Honda atau Daihatsu ?...

  6. #5
    Kapten
    Posts
    2,286
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 10 Hrs 46 Mins 27 Secs
    Hmm... Saya ga tau apakah ada perkembangan teknologi baru yang mengubah fungsi overdrive, tapi yg jelas o/d sepanjang yg saya tahu (kecuali kl berubah fungsi di masa kini) tdk berfungsi seperti mode sport..

    Mode sport menjamin perpindahan gigi selalu terjadi di putaran tinggi untuk mendapatkan performa maksimal...
    Btw mode sport sdh ada di mobil lama kok, honda accord thn 92 matic pun sdh pny mode ini..

    Sedangkan o/d berfungsi sebaliknya, fungsinya seperti gigi 5/6 di mobil manual pada umumnya..

    Menggunakan putaran rendah dalam kecepatan jelajah yg tinggi..
    Jd gigi tertinggi bs dicapai lbh cepat dengan putaran rendah..
    Pada beberapa mobil perlu mengaktifkan mode ini secara manual dengan tombol atau menempatkan tuas di posisi tertentu (bisa berlambang d4/d5/ (od) dsb)

    Beberapa mobil lain yg sdh memiliki
    electronic control automatic transmission diatur secara otomatis.


    Tujuannya untuk efisiensi bahan bakar dan kenyamanan...

  7. #6
    Letnan Satu
    Location
    Malang-Surabaya PP
    Posts
    1,835
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 18 Hrs 6 Mins 31 Secs
    Quote Originally Posted by galantorca View Post
    overdrive menghilangkan fungsi final gear dan memperpendek sirkulasi oli transmisi untuk menhasilkan rpm yang lebih tinggi, gunanya untuk persiapan tenaga yang lebih cepat ke rpm yang lebih tinggi. biasanya ada di transmisi konvensional oil presure dan atau electric position gas to transmision synchronizer.

    mode sport biasanya ada di mobil lebih baru, kalau ada dimobil lama fungsinya mirip overdrive hanya saja masih menggunakan final gearnya tapi toleransi tekanan oli transmisinya diperbesar perbedaan gapnya sehingga rpmnya lebih dominan dalam rpm tinggi, lebih tinggi dari rpm mode normal.

    untuk mobil teknologi tinggi biasanya mode sport di kombinasikan dengan suspensi elektrik dan ecu performa mesin, jadi satu paket.

    - - - - - - - - - -

    overdrive menghilangkan fungsi final gear dan memperpendek sirkulasi oli transmisi untuk menhasilkan rpm yang lebih tinggi, gunanya untuk persiapan tenaga yang lebih cepat ke rpm yang lebih tinggi. biasanya ada di transmisi konvensional oil presure dan atau electric position gas to transmision synchronizer.

    mode sport biasanya ada di mobil lebih baru, kalau ada dimobil lama fungsinya mirip overdrive hanya saja masih menggunakan final gearnya tapi toleransi tekanan oli transmisinya diperbesar perbedaan gapnya sehingga rpmnya lebih dominan dalam rpm tinggi, lebih tinggi dari rpm mode normal.

    untuk mobil teknologi tinggi biasanya mode sport di kombinasikan dengan suspensi elektrik dan ecu performa mesin, jadi satu paket.
    wah dapat tambahan pengetahuan

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    earth
    Posts
    907
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 16 Hrs 55 Mins 43 Secs
    Quote Originally Posted by rang2505 View Post
    wah dapat tambahan pengetahuan
    Overdrive itu kalo di transmisi manual seperti gigi 5, fungsinya menurunkan rpm dan menambah kecepatan, dan bisa sebagai pengirit bbm saat kecepatan tinggi. kalo overdrive ON berarti gigi tertinggi nya aktif, sedangkan kalo OFF berarti berkurang 1 gigi nya.

    biasanya di mobil matic tertulis nya OD OFF kalo di pencet tombol nya, artinya secara default gigi overdrive aktif kecuali tombolnya dipencet.

    kadang orang suka salah paham memencet OD off, mungkin efek nya lebih terasa responsif karena gigi tidak bisa masuk ke yg tertinggi, jadi nya rpm tetap tinggi.

    cmiiw.
    Made in Heaven.

  9. #8
    Kapten
    Posts
    2,286
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 10 Hrs 46 Mins 27 Secs
    Nah iya, klhtannya begitu jd ketika tmbl o/d dipencet sbnrnya posisinya jd off...

  10. #9
    Sersan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    221
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 21 Hrs 39 Secs
    kalau di matic 5 speed od/off berada di gigi 3 atau 4 ya?
    "coba lihat dari sisi positif terlebih dulu baru pikirkan sisi negatif kemudian. ingat,jangan terbalik"

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    313
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    21 Hrs 9 Mins 37 Secs
    Overdrive sama aja kok sama mode sport
    Intinya sama2 kunci rpm agar tetap tinggi dan gigi agar tetap rendah

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 5
    Last Post: 11th November 2012, 09:49
  2. Replies: 0
    Last Post: 11th September 2012, 20:07
  3. Replies: 1
    Last Post: 27th June 2010, 15:59
  4. perbedaan lampu ITF dengan Xenon apa yak
    By D4w1 in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 7
    Last Post: 29th October 2006, 20:51
  5. Apa sich perbedaan SPL dgn SQ
    By no_tech in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 4th February 2006, 15:37
Back to top