Wajib Tahu! Ini Jenis Busi NGK Sesuai Peruntukannya
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 7 of 7
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/658138
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Posts
    639
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 12 Hrs 41 Mins 6 Secs

    Wajib Tahu! Ini Jenis Busi NGK Sesuai Peruntukannya

    Modcom, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal merek busi NGK? Busi NGK telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak hadir pertama kali pada tahun 1978 hingga saat ini. Bahkan tahun lalu tercatat, busi NGK terjual 50 juta pcs, sehingga perkiraan market sharenya mencapai 65 persen.



    Dari banyaknya produk NGK yang telah terjual, tahukah Modcomers, ada berapa jenis busi NGK yang dijual di Indonesia? Menurut Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, busi NGK yang dijual di Indonesia itu ada beberapa jenis. Secara umum, jenis busi NGK dimulai dari busi standar berbahan nikel, G-Power, Iridium, Laser Iridium dan Laser Platinum. Namun secara kategori market ada 7 (Nickel standar, Platinum GPower, Iridium IX, Laser platinum, Laser Iridium, Iri series terbagi menjadi 3 yaitu Iriway, Iritop, Irimac dan Racing competition).

    "Kalau fitur dan karateristik ada banyak. Tipenya juga banyak seperti standar plug, V Groove, DFE, 2 ground electrode dan masih banyak lagi," jelas Diko usai kegiatan Coaching Clinic di Pabrik NGK, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

    Karena banyak tipe dan jenis busi NGK yang dijual di Indonesia, ada baiknya kita harus jenis busi sesuai peruntukannya. Dalam hal ini kita bahas busi motor.

    1. Nickel standar

    Ini adalah jenis busi standar yang dipakai hampir semua motor di Indonesia. Busi ini juga digunakan sebagai standar OEM setiap pabrikan motor. Busi ini diperuntukan pemakaian motor sehari-hari.

    2. Platinum G-Power

    Jika ingin naik kelas dari busi standar, busi jenis G Power bisa menjadi solusi. Memiliki bahan platinum pada elektroda pusat dan trapesium pada elektroda ground. Fiturnya dan keunggulannya kendaraan jadi mudah saat start, pengapian lebih baik dari tipe standar dan efisiensi bahan bakar. Bisa digunakan semua jenis motor sesuai dengan tipenya.

    3. Iridium IX

    Memiliki bahan iridium pada elektroda pusat dan taper cut pada elektroda ground. Fiturnya dan keunggulannya sama seperti G-Power namun dengan tambahan teknologi Thermo Edge Design. Dimana teknologi tersebut dapat membersihkan endapan karbon ketika terjadi percikan. Busi ini juga bisa digunakan semua jenis motor sesuai dengan tipenya.

    4. Laser platinum

    Ini produk kelas atasnya NGK. Biasanya dijadikan standar penggunaan motor sport diatas 250cc atau digunakan untuk motor-motor berkubisakasi besar. Fitur dan keunggulannya sama seperti Iridium IX dengan ditambah daya tahan umur busi lebih panjang. Motor standar dibawah 250cc belum bisa menggunakan busi jenis ini.

    Selanjutnya masih ada Laser Iridium, Iri series yang terbagi menjadi 3 yaitu Iriway, Iritop, Irimac, terakhir Racing competition. "Produk-produk tersebut sudah dijual di Indonesia. Namun untuk Iritop, Irimac dan Racing Competition akan kita perkenalkan tahun depan," ungkap Diko.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Posts
    5,886
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 32 Mins 45 Secs
    jadi paling hi performance yang Laser Iridium Racing competition ya?

  4. #3
    Mayor
    Posts
    3,661
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 2 Days 6 Hrs 41 Mins 28 Secs
    kalo buat mobil gimana?
    | RU1 | DDX9018s | Focal FPP | Focal PK21 | Focal P25DB | Focal 165V30 |

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Posts
    5,886
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 32 Mins 45 Secs
    kalo buat mesin carburator comprasi 1:7 pake nikel starndar sama racing gak ada perubahan tenaga juga kan ya?

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    Valhala
    Posts
    1,192
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 8 Hrs 31 Mins 43 Secs
    desain busi dan kebutuhannya terletak dari 3 faktor :
    1. impedansi coil dan arusnya
    2. konstruksi ruang bakar dan komposisi AFR
    3. gaya mengemudi

    untuk no.1 biasanya yang menentukan bahan dari katoda dan anodanya atau +/- nya
    untuk no.2 menentukan kisaran busi panas atau dingin, dan panjang pendeknya atau besar kecilnya sesuai dengan konstruksi silinder head
    untuk no.3 ditentukan oleh si mekanik yang membaca cara mengemudi si end user. ada yang tipe males ada yang tipe over atau normal, mungkin standarnya busi dingin tapi karena si pengemudi senang jalan santai di turunkan kisaran panasnya 1 tingkat dibawah menjadi busi panas. akan tetapi untuk no.1 nggak bisa di utak atik. karena pengaruhnya ke jenis coil dengan arus yang dipakai dan kekuatan yang digunakan. semisalnya busi standar menggunakan bahan platinum tidak bisa di turunkan ke jenis bahan tembaga atau copper. seandainya mesin menggunakan bahan copper mau pakai bahan platinum bisa saja tidak masalah. bisa upgrade bahan tapi tidak bisa downgrade bahan.

    semoga bisa membantu

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    480
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 1 Day 13 Hrs 53 Mins 32 Secs
    nah kebetulan lagi bahas busi..

    kebetulan 5 bulan yang lalu ane baru ganti busi iriway 7 ke bkr7. kondisi mobil udah di tuning pake iriway 7. selang 6,000km pemakaian ane coba italian tuning, seketika mobil brebet parah sampe mati2 ga bisa di gas. perkiraan sensor o2 yang kena karena sebelumnya pernah begini. setelah di cek sensornya ga kenapa2 tapi businya mati semua. semua kepala busi hitam pekat dan perkiraannya terlalu rich. pertanyaannya, apakah bbm rich itu dikarenakan tuning ecu sudah di cocokkan dengan iriway 7 jadi harus ganti ke iriway 7 lagi?

  8. #7
    Sersan Satu
    Location
    jakarta barat
    Posts
    423
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 1 Hr 1 Min 8 Secs
    wah info bagus ni jadi ga salah guna pakai

 

 
Rekeningku.com Desktop 300x250 Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Jangan Terkecoh, Ini Cara Mudah Bedakan Busi NGK Asli dan Palsu
    By Zenuarbgnx in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 11th January 2019, 13:40
  2. Wajib Tahu, Ini Kelebihan Toyota Avanza
    By Zenuarbgnx in forum Hotspot & Product
    Replies: 4
    Last Post: 25th December 2018, 22:10
  3. Jangan Salah, Ini Cara Mengencangkan Busi NGK yang Benar
    By Zenuarbgnx in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 25th December 2018, 19:15
  4. Busi Itu Masuk Kategori Service Berkala, Ini Kata NGK
    By Zenuarbgnx in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 20th December 2018, 10:49
  5. FS: Busi NGK Iridium IX + NGK V-Power
    By BEKA'' in forum Engine & Parts
    Replies: 45
    Last Post: 26th April 2013, 21:18
Back to top