Busi NGK Dapat Membersihkan Dirinya Sendiri, Asal
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 3 of 3
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/657712
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Posts
    339
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 6 Hrs 10 Mins 13 Secs

    Busi NGK Dapat Membersihkan Dirinya Sendiri, Asal

    Modcom, Jakarta - Sistem pengapian memiliki peranan penting dalam proses pembakaran dalam ruang bakar. Sistem pengapian yang semakin baik maka pembakaran dalam ruang bakar akan semakin sempurna, sehingga kemungkinan adanya campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar akan semakin kecil.

    Dalam sistem pengapian, busi memegang peranan penting. Busi berfungsi untuk memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara/bahan bakar. Selain itu, desain busi juga berpengaruh agar percikan bunga api yang dihasilkan semakin sempurna.


    sumber foto: Istimewa

    Namun, tidak hanya dari segi desain saja, teknologi yang ada dalam sebuah busi juga memiliki peran penting. Seperti teknologi Self Cleaning atau dapat membersihkan dirinya sendiri yang terdapat pada busi NGK.

    Lantas, bagaimana busi bisa melakukan self cleaning dan tetap terjaga kemampuannya. Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia menjelaskan, pada prinsipnya, busi itu memiliki sifat self-cleaning atau dapat membersihkan dirinya sendiri. "Namun kembali lagi, teknologi tersebut bisa bekerja maksimal asal ruang bakar dalam keadaan baik dan pada saat mesin bekerja pada suhu temperatur yang optimal," kata Diko saat kegiatan Coaching Clinic di Pabrik NGK, Jakarta Timur (24/11).

    "Selain itu, busi dapat membersihkan dirinya sendiri dari tumpukan karbon saat mesin telah mencapai suhu 500 C hingga 800 C dan mendapat beban alias motor atau mobil melaju di kecepatan 60 100 km/jam selama 10-15 menit. Dengan begitu suhu mesin dan busi tinggi, dan kerak karbon rontok dengan sendirinya (self cleaning)," terang Diko.

    Sementara untuk busi NGK Iridium IX yang menggunakan teknologi Thermo Edge Design juga mampu melakukan self cleaning bahkan lebih baik dari pada busi standar. Teknologi tersebut telah dipantenkan oleh NGK yang berfungsi untuk membersihkan karbon ketika terjadi percikan.

    "Saat busi digunakan pasti ada penumpukan kerak di ujung busi. Nah, dengan teknologi Thermo Edge Design inilah saat ada aliran listrik masuk dari koil, kerak yang menumpuk tersebut akan terurai. Otomatis busi akan kembali bersih saat aktif digunakan," tambah Diko.

    Sementara ada 3 elemen penting dalam menentukan pembakaran yang sempurna dan efisien diantaranya, pencampuran bahan bakar dengan udara yang ideal (Good air fuel mixture), Timing kerja busi dalam menghasilkankualitas "percikan listrik" (Good Spark) dan ruang bakar sehat (Good Compressio).

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Posts
    3,354
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 8 Hrs 41 Mins 54 Secs
    wah kalo mesin direct injection semodel fsi agak susah ya

  4. #3
    Sersan Kepala
    Posts
    704
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 20 Hrs 32 Mins 28 Secs
    ganti aja om pake yang baru

 

 
Venom 300x250 Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. JUAL macem2 koil racing + kabel busi blue thunder + busi NGK - Denso
    By lionel in forum ECU, Piggyback, Electronic Parts
    Replies: 783
    Last Post: 2nd October 2015, 08:02
  2. Replies: 79
    Last Post: 13th August 2013, 14:34
  3. FS: Busi NGK Iridium IX + NGK V-Power
    By BEKA'' in forum Engine & Parts
    Replies: 45
    Last Post: 26th April 2013, 22:18
  4. WTA : Busi NGK dan Busi ND
    By reckon in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 4th June 2008, 19:33
Back to top