Tips Memulai Mempunyai Mobil Hobi untuk Daily.
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/655948
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Bekasi
    Posts
    990
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 15 Hrs 1 Min 12 Secs

    Tips Memulai Mempunyai Mobil Hobi untuk Daily.

    Memiliki mobil hobby untuk harian memang jadi kebanggan tersendiri para pecinta otomotif, apalagi harga mobil hobby yang terbilang lebih murah dengan banyak fitur yang didapatkan dibanding membeli mobil baru dan juga nilai ‘prestige’ yang lebih tinggi.

    Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih mobil hobby untuk daily supaya tidak keseringan keluar-masuk bengkel dibanding pakai di jalan, berikut hal-hal yang perlu disiapkan sebelum memilih mobil hobby untuk harian berdasarkan pengalaman TS yang 5thnan megang mobil hobby Jepang:

    1. Atur Budget Perbaikan.
    Ini hal yang sering dilupakan, karena kepincut nafsu mungkin kita suka lupa buat mengatur budget perbaikan mengingat mobil hobby yang kebanyak sudah berumur. Menurut TS siapkan dana cadangan sekitar 20%-30% dari harga mobil atau 20jt jika mau aman. Budget yang biasanya perlu di siapkan biasanya untuk:

    • Ban (dan velg jika diperlukan).
    • Overhaul mesin/transmisi.
    • Perbaikan kelistrikan (lampu-lampu, instrument cluster, dll).
    • Perbaikan dan detailing exterior dan interior.
    • Servis A/C


    2. Siapkan Kendaraan/Alat Transportasi Pengganti.
    Karena ada kemungkinan besar mobil akan diperbaiki terlebih dahulu setelah dibeli (bahkan setelah diperbaiki bisa saja ada lagi yang rusak), maka hal ini juga sangat penting untuk disiapkan.

    3. Cek Mobil Dengan Seksama.
    Tanya tentang history mobil dan kelengkapan lainnya (kunci cadangan, surat-surat, bon perbaikan, dan buku manual/service jika ada). Ajak temen ahli atau mekanik yang terpercaya untuk nemenin dan ngecek bareng mobil yang diinginkan, jangan lupa test drive mobil dan jika boleh bawa ke toll, rasakan jika ada kejanggalan di:

    • Lingkar kemudi.
    • Bantingan suspensi.
    • Suara mesin.
    • Instrument cluster (lampu, jarum, dll).
    • Sistem pendingin (A/C).
    • Tempratur mesin.
    • Bunyi interior (biasanya udah pada longgar).
    • Headunit.

    Kemudian cek juga bagian luar mobil, disarankan mobil jangan dinyalakan duluan saat lihat (jangan dipanasin) supaya ketahuan jika ada bunyi dari belt, idle ketika mesin dingin, dan kadar isi oli lewat dipstick. Lihat kolong mobil jika ada rembes/bocor. Nah untuk memudahkan dan meringkas, coba print form ini dari youtuber Chris Fix: http://www.chrisfixed.com/downloads.php

    4. Harga, dan Ingatkan Kembali Mengenai Kelengkapan Mobil.
    Setelah atur budget dan cocok dengan kondisi mobil, negosiasikan harga dengan sang pemilik dan ingatkan kembali mengenai kelengkapan mobil termasuk legalitasnya (bpkb, stnk, faktur, pajak, penggantian nama pemilik, dll).

    Mungkin sekian dulu dari TS, sebenernya tips ini juga bisa jadi acuan untuk kalian yang mau cari mobil bekas. Temen-temen modcom juga bisa ikut membantu jika ada hal yang kurang atau lupa TS sebutkan diatas. Terima kasih dan semoga dapat membantu para pencari mobil hobby!

    Oh iya, lihat juga mobil hobby rawatan TS, link ada dibawah.
    Sold --1996 Toyota Mark II
    Sold -- 1995 Lexus LS 400

    Keep a cool head while driving

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    2,932
    Power
    36 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 3 Days 11 Hrs 33 Mins 20 Secs
    Mantap threadnya om BuggyMuggy. Mobil rawatannya emang mantap2 semua suhu satu ini

    kalo boleh nambahin, utk alternatif point no.2, alangkah baiknya kalo "mobil hobi" nya diperbaiki dulu secara menyeluruh utk menghindari "setelah diperbaiki bisa saja ada lagi yang rusak".. kalo menurut sy pribadi, lebih baik nabung dulu daripada bangun setengah2.
    dari pengalaman, mobil apapun itu, bahkan yg terkenal "rewel" pun, apabila diperbaiki secara total dan tdk ada yg terlewatkan (tentunya dgn bengkel/mekanik kepercayaan yg handal) niscaya performanya ga akan ada bedanya dengan mobil2 keluaran terbaru utk dipakai harian.. gaada yg namanya mogok, nyusahin, ac panas, dll.
    Utk mobil2 lawas (taun 80an kebawah), lebih baik ambil opsi restomod daripada restorasi ke kondisi orisinil apabila ingin dipakai utk harian. Seperti radiator, pompa oli, penambahan AC, PS, transmission dan oil cooler, dll. diganti dgn aftermarket keluaran terbaru supaya bisa menerjang ganasya kemacetan Ibukota... krn ditahun2 segitu tentunya para insinyur belum kepikiran kondisi jalan skrg sesadis apa
    Alhamdulillah kalo dari pengalaman, mobil taun 70an pun bener2 bisa dihandalkan utk harian..

  4. #3
    Letnan Dua
    Posts
    1,104
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 8 Hrs 59 Mins 52 Secs
    ini mobil bekas ato mobil hobby gan? ane rada2 bingung

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    2,932
    Power
    36 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 3 Days 11 Hrs 33 Mins 20 Secs
    Quote Originally Posted by Mr.Rudy View Post
    ini mobil bekas ato mobil hobby gan? ane rada2 bingung
    Kata TS nya: "mengingat mobil hobby yang kebanyakan sudah berumur"
    mungkin maksudnya memang rata2 mobil yg enak buat dirawat dan ditimang2 itu mobil2 yg udah berumur dan kebanyakan yg punya jg beli dlm kondisi bekas, bkn tangan pertama.. hehehe

    ---------------------------

    Kalo menurut sy pribadi setuju sih kalo kebanyakan mobil yg enak ditimang utk hobby itu udah berumur. Lagian, mobil jaman skrg yg enak utk dijadiin hobby gaada. Berasa nyetir gokart dan mobil2an plastik semua.. terlebih yg masuk pasar indo. Mau ngelus2 moles jg males.. material, kualitas cat, dan pernisnya rata2 jelek dan gak patut dikasih wax kualitas premium.

    Sports car jaman skrg aja yg macem FT86, MX5 (entry level sports cars), udah berasa mainan kalo sy bilang. Khususnya yg bikinan jepang.. feel "mobil" nya udah ilang.

    Beda cerita kalo luxury sports car dan supercar. Mau dari yg jaman dulu ampe skrg jg mantep2

  6. #5
    Letnan Dua
    Posts
    1,284
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 2 Days 7 Hrs 24 Mins 36 Secs
    kalo udah siap semua poin diatas, mesti nambah 1 lagi om. sabar sabarin diri waktu nunggu partnya. kadang kadang perlu ganti part kita mau beli udah siap duit gaada barangnya / mesti pesen dari luar. pernah iseng nanya nanya ke orang bengkel katanya kalo honda sampe skrg pesen part baru pun masih bisa CMIIW.

  7. #6
    Kapten
    Posts
    2,770
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 9 Hrs 9 Mins 23 Secs
    mobil hoby memang kendaraan sekunder tapi biasanya kalo buat harian mesinnya kurang efisien

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    Bekasi
    Posts
    990
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 15 Hrs 1 Min 12 Secs
    Quote Originally Posted by Mr.Rudy View Post
    ini mobil bekas ato mobil hobby gan? ane rada2 bingung
    mobil hobby gan, mobil hobby perawatannya (kebanyakan) jauh lebih banyak dan prepare lebih banyak karena banyaknya parts yang bakal di ganti.

    Quote Originally Posted by Chicane View Post
    Kata TS nya: "mengingat mobil hobby yang kebanyakan sudah berumur"
    mungkin maksudnya memang rata2 mobil yg enak buat dirawat dan ditimang2 itu mobil2 yg udah berumur dan kebanyakan yg punya jg beli dlm kondisi bekas, bkn tangan pertama.. hehehe

    ---------------------------

    Kalo menurut sy pribadi setuju sih kalo kebanyakan mobil yg enak ditimang utk hobby itu udah berumur. Lagian, mobil jaman skrg yg enak utk dijadiin hobby gaada. Berasa nyetir gokart dan mobil2an plastik semua.. terlebih yg masuk pasar indo. Mau ngelus2 moles jg males.. material, kualitas cat, dan pernisnya rata2 jelek dan gak patut dikasih wax kualitas premium.

    Sports car jaman skrg aja yg macem FT86, MX5 (entry level sports cars), udah berasa mainan kalo sy bilang. Khususnya yg bikinan jepang.. feel "mobil" nya udah ilang.

    Beda cerita kalo luxury sports car dan supercar. Mau dari yg jaman dulu ampe skrg jg mantep2

    makasih om sudah meluruskan bener banget, mobil sekarang sudah banyak cost-down dan efeknya cenderung ke kualitas interior. berasa banget kalo lagi macet di jalan liat kiri kanan interior mobil bahannya plastik semua...

    mau mobil baru interior bagus? harganya ga masuk akal.

    Quote Originally Posted by wildz58 View Post
    kalo udah siap semua poin diatas, mesti nambah 1 lagi om. sabar sabarin diri waktu nunggu partnya. kadang kadang perlu ganti part kita mau beli udah siap duit gaada barangnya / mesti pesen dari luar. pernah iseng nanya nanya ke orang bengkel katanya kalo honda sampe skrg pesen part baru pun masih bisa CMIIW.
    benerr om, TS tambahin nanti

    Quote Originally Posted by nugrahaslalu View Post
    mobil hoby memang kendaraan sekunder tapi biasanya kalo buat harian mesinnya kurang efisien
    yes, ane bikin ini soalnya masih ada masyarakat yang mau cari mobil hobby dan ane apresiasi banget karena masih ada kemauan buat 'melestarikan' mobil tua (hobby) yang mulai udah mulai jarang di jalan.

    kebanyakan permasalahannya pas mau memulai mobil hobby untuk daily tapi malah keteteran karena kepincut nafsu dan kurang prepare.

    pengalaman sendiri kalo mobilnya sehat masih enak kok om buat daily karena ada certain feeling ketika mobil hobbynya mulus, antik, restored, dan sehat.

    tapi semua balik lagi ke orangnya sih hehehe
    Sold --1996 Toyota Mark II
    Sold -- 1995 Lexus LS 400

    Keep a cool head while driving

  9. #8
    Mayor
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    3,655
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 22 Hrs 33 Mins 12 Secs
    pengen bangun estilo dulu bangun civic vi jadi type r cepet lakunya

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    www.pokermuka.asia
    Posts
    836
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 5 Hrs 12 Mins 43 Secs
    masih galau sampe sampai saat ini BRIo atau sekelasnya
    MAMPIR DONG
    AGENT TERPERCAYA DAN TERPOPULER DI INDONESIA
    SEBOBET / LIVE CASINO / BANDAR CEME,POKER,QKICK

    Agen Bola | Casino Online | Poker Online

  11. #10
    Sersan Satu
    Location
    AVANZA OWNERS INDONESIA
    Posts
    433
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 20 Hrs 20 Mins 47 Secs
    mungkin bisa kasih masukan om...kriteria mobil2 yang masih bisa dijadikan hobby, tapi spare part nya mudah dicari dengan harga terjangkau
    www.avoid.or.id

    visit us
    tweet :@avo_id FB : groups/avanzaowners.id Ins : @avanzaownersindonesia Path : Avanza Owners Indonesia [AVOID]

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
GT Radial NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Tips memilih jenis mobil untuk car audio SQ
    By black_duduthonk in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 7th June 2018, 21:23
  2. Tips-tips untuk VES Lover (Vitara Escudo Sidekick)
    By blackscorpio in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 27
    Last Post: 18th May 2015, 14:38
  3. ask: Langkah untuk memulai detailing
    By alimoka in forum Diskusi Perawatan Mobil (Exterior & Interior)
    Replies: 1
    Last Post: 11th September 2011, 13:07
Back to top