Kesulitan Lewati Jalan Tanjakan? Ini Tips Dari Rifat Sungkar
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 5 of 5
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/654331
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,665
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Days 16 Hrs 1 Min 29 Secs

    Kesulitan Lewati Jalan Tanjakan? Ini Tips Dari Rifat Sungkar

    Beberapa ruas jalan tol baru yang digunakan oleh para pemudik memiliki kontur tanjakan yang cukup curam, terutama di ruas Salatiga – Kartasura—persisnya di lokasi pembangunan jembatan Kali Kenteng. Hal ini mengakibatkan kemacetan lalu lintas dikarenakan banyak kendaraan yang mengalami mesin mati.

    Rifat Sungkar selaku pereli nasional sekaligus Direktur Rifat Drive Labs (RDL) mengungkapkan bahwa kejadian seperti ini bisa terjadi akibat kurangnya pemahaman teknik mengemudi ketika melewati tanjakan dan ditambah kapasitas barang bawaan yang melebihi standar keamanan mobil tersebut.

    “Kejadian ini cukup sering terjadi pada arus mudik. Sebagai pemudik kita harus paham bagaimana cara mengantisipasi jalan tanjakan dengan kapasitas barang bawaan yang berat, apalagi menggunakan mobil bertransmisi manual,” kata Rifat.



    Menurut Rifat, untuk mobil manual, hal utama dan terpenting adalah penempatan gigi yang tepat. Hanya ada satu pilihan mutlak saat melewati tanjakan, yaitu tuas transmisi ditempatkan pada gigi satu.

    “Orang banyak berbuat kesalahan yang membuat mobil jadi mundur di tanjakan karena mereka menganggap bisa dan mudah untuk beradu cepat ketika melepaskan pedal rem, mengangkat kopling, dan injak gas. Tidak ada sinkronisasi yang baik ketika melakukan hal-hal tersebut,” tambah Rifat.

    Teknik seperti ini banyak resikonya, karena semakin berat kendaraan akan semakin sulit menentukan titik angkut RPM yang tepat untuk membuat kendaraan bisa melaju. Di satu sisi, untuk bisa mendapatkan irama yang tepat saat melewati tanjakan, dibutuhkan jam terbang yang tinggi. Namun masalahnya, orang tidak banyak berlatih untuk hal yang satu ini.

    Satu hal penting yang perlu dibudidayakan atau dimaksimalkan oleh para pengemudi adalah memanfaatkan peranti standar atau alat bantu yang membuat pekerjaan untuk melewati tanjakan menjadi jauh lebih mudah. Peranti tersebut adalah rem tangan.

    Rifat menjelaskan lebih lanjut, “Di tanjakan, tidak usah malu atau gengsi untuk menarik rem tangan. Manfaatkan rem tangan tersebut semaksimal mungkin karena fungsi rem tangan sejatinya adalah untuk mempermudah Anda dalam berkendara. Ketika mobil terpaksa berhenti di tanjakan, tarik rem tangan pada saat itu juga!”

    Satu masalah terpecahkan ketika Anda sudah menarik rem tangan dan meletakkan tuas persneling pada gigi netral. Langkah berikut yang perlu Anda lakukan adalah ketika mobil sudah siap melaju.

    “Langkahnya adalah sebagai berikut, rem tangan biarkan memainkan perannya. Injak pedal kopling, masukkan gigi satu, dan injak gas. Angkat kopling sedikit untuk membuat mobil ini terasa menghentak. Dengan menambah daya injak pedal gas, rasakan terlebih dahulu tenaga mobil yang semakin besar dan semakin menghentak sembari mengangkat pedal kopling secara perlahan. Dalam keadaan seperti ini, rem tangan siap dilepas dan mobil akan melaju.”

    Yang merupakan kesalahan mutlak saat di tanjakan adalah tidak mengikutsertakan rem tangan sebagai bantuan Anda. Beradu nasib dengan cara langsung angkat kopling, angkat pedal rem dan langsung menginjak injak gas sekencang-kencangnya akan membuat mesin mobil malah mati dan berkompeten membahayakan pengendara di belakang Anda.

    Sebenarnya, banyak mobil keluaran baru yang sudah semakin canggih karena punya satu fitur bernama hill start assist. Fitur ini berfungsi untuk mempertahankan posisi mobil pada satu titik berhenti dan menghindari mobil mundur pada saat di tanjakan.

    “Pada akhirnya, apapun kendaraannya, secanggih apapun teknologinya, sebagai pengendara kita harus mempunyai feeling dan irama yang kuat supaya proses berkendara terasa aman dan pada saat mudik berlangsung tidak ada perasaan panik saat melalui tanjakan,” pungkas Rifat.


  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Malang-Surabaya PP
    Posts
    1,215
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 20 Hrs 3 Mins 18 Secs
    mantab informasinya sangat penting

  4. #3
    Letnan Dua
    Posts
    1,112
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Days 1 Hr 34 Mins 36 Secs
    kirain solusinya disuruh tancepin turbo

  5. #4
    Sersan Kepala
    Location
    Probolinggo
    Posts
    655
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 4 Days 15 Hrs 2 Mins 8 Secs
    Nice sharing, penting banget ini terkait banyak kasus gagal naik di mudik kemarin ...

  6. #5
    Letnan Dua
    Posts
    1,102
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 6 Hrs 35 Mins 16 Secs
    tricknya buat yang belom jago-jago banget agak kagok

 

 
NGK Busi GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Bobot Barang Mudik Melebihi Batas? Ini Tips Dari RIfat Sungkar
    By bhenzo in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 7th August 2018, 14:30
  2. HELP - CHEVROLETH ZAFIRA MATIC 2005 SUSAH JALAN BILA BELUM PANAS
    By kjpcup in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 28th July 2012, 22:22
  3. Replies: 0
    Last Post: 14th October 2011, 00:07
  4. info jalan sore ini..
    By gampang_inget in forum Automotive
    Replies: 6
    Last Post: 6th March 2009, 00:03
  5. stir susah dikendalikan di jalan gelombang
    By [Ctrl]+[Alt]+[Del] in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 9
    Last Post: 20th June 2007, 10:53
Back to top