Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Subwoofer!
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 2 of 2
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/651871
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    Serpong-tangerang
    Posts
    247
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 3 Hrs 29 Secs

    Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Subwoofer!



    Bagi para penggemar musik, memasang peranti tambahan untuk mendukung media hiburan di mobil merupakan suatu keharusan. Terutama mereka yang memang hobi memodifikasi kendaraan roda empat. Selain dapat meningkatkan harga jual, pemasangan aksesori tambahan juga dapat meningkatkan status sosial seseorang di kalangan komunitas dan pecinta otomotif.

    Salah satu peranti tambahan yang seringkali dipasang adalah pengeras suara. Sebenarnya pemasangan speaker aktif atau tweeter cukup menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas suara. Tetapi untuk mendengarkan musik dengan bass yang bertenaga, Anda perlu menambahkan subwoofer.

    Untuk membeli aksesori mobil tersebut, harga mahal bukanlah satu-satunya patokan. Ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan agar peranti yang dipasang tidak hanya menjadi pajangan saja.
    Nah, bagi yang tertarik memasang alat pengeras suara tersebut, berikut merupakan 5 hal yang harus diperhatikan. Di antaranya:

    1. Ukuran mobil
    Semahal apapun harga subwoofer yang dibeli tidak akan berguna jika ukuran mobil tidak memadai. Selain itu kita juga harus menentukan, di mana sebaiknya peranti pengeras suara akan dipasang. Apakah di ruang bekas tempat duduk penumpang atau bagasi? Idealnya, ukuran peranti pengeras suara yang tepat untuk sebuah mobil berukuran sekitar 8 hingga 10 inci.

    Dengan ukuran sebesar itu Anda dapat bisa menikmati suara yang bertenaga, jernih, sekaligus nyaring, dan aman di telinga. Untuk mobil berukuran besar seperti Range Rover atau Pajero, Anda bisa memasang dua unit subwoofer sekaligus agar bisa menikmati musik favorit sebagai teman perjalanan yang menyenangkan.

    2. Lengkapi pengeras suara dengan boks
    Ada dua jenis subwoofer yang beredar di pasaran, dijual dengan boks atau tanpa boks. Untuk pengeras suara dengan boks, Anda perlu menyesuaikan ukuran “rumah”-nya dengan ruang yang tersedia di mobil. Jika dimodifikasi, pastikan ukurannya tepat agar tidak mempengaruhi kualitas suara.

    Untuk yang tanpa boks, Anda bisa membuat sendiri tempat pengeras suara dari bahan jenis glasswool atau rockwool. Selain dapat melindungi subwoofer, bahan tersebut juga tepat untuk meredam tanpa mengurangi kualitas dan kejernihan suara yang dihasilkan.

    3. Sesuai dengan multimedia yang terpasang di mobil
    Sebelum membeli pengeras suara eksternal untuk mobil, cari tahu dulu jenis apa saja yang sesuai dan cocok dengan multimedia Anda. Bahkan kalau perlu, lakukan riset dan mintalah pendapat dari teman-teman yang ahli di bidang ini. Jangan mudah tergiur dengan harga subwoofer mahal atau spesifikasi keren.

    Karena meskipun alat yang dibeli mempunyai fitur-fitur yang mumpuni dan harganya cukup menguras kantong, hal tersebut akan sia-sia jika pengeras suara tidak mampu berkonfigurasi dengan multimedia yang sudah terpasang di mobil.

    4. Jenis musik yang disukai
    Selera musik ternyata juga berpengaruh dan turut andil dalam memilih subwoofer yang tepat. Untuk musik keras seperti Hiphop, Metal, dan Hard Rock, pasanglah pengeras suara dengan bass yang bertenaga. Bahkan kalau perlu, pasang dua pengeras suara eksternal sekaligus agar pengalaman mendengarkan musik di mobil lebih menyenangkan. Sedangkan bagi penggemar musik Pop atau RnB, satu subwoofer sudah cukup untuk melengkapi mobil dan perjalanan Anda.

    5. Daya yang dikonsumsi
    Harga subwoofer mahal tidak berpengaruh pada daya yang dikonsumsi peranti pengeras suara pada mobil. Beberapa merek bahkan ada yang memakan banyak daya meskipun dibanderol dengan nilai yang tidak murah. Karena itulah, saat membeli subwoofer, pastikan Anda tahu berapa banyak daya yang dikonsumsi.
    Apakah hal tersebut tidak berpengaruh pada performa mobil dan modifikasi apa saja yang harus dilakukan jika kita memasang pengeras suara tersebut di kendaraan? Semua hal harus dipertimbangkan dengan matang agar kita tetap mendapat hiburan yang berkualitas dan tidak merusak kinerja kendaraan.
    Itulah 5 hal yang harus diperhatikan saat ingin memasang subwoofer di kendaraan. Semoga bermanfaat.

  2. #2
    Mayor
    Posts
    3,240
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 5 Hrs 9 Mins 28 Secs
    daya konsumsi juga yang harus diliat daya nominal paling

 

 
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Inilah Lima Hal yang Harus Diketahui Tentang Elantra Sport 2017
    By bhenzo in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 1
    Last Post: 14th October 2016, 02:41
  2. Empat Faktor Utama Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara
    By bhenzo in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 12th August 2016, 09:43
  3. Replies: 20
    Last Post: 4th October 2013, 20:41
  4. 4 Hal Yang Harus Dihindari Saat Bercinta
    By Ethan in forum Health
    Replies: 12
    Last Post: 14th September 2013, 22:10
  5. [ask] Komponen2 Mesin Yang Harus Diperhatikan
    By unu3x in forum Diskusi Mesin
    Replies: 10
    Last Post: 14th June 2006, 04:42
Back to top