Mengendarai motor berkapasitas kecil di dalam sirkuit hingga batasnya adalah kesenangan yang luar biasa, dan dengan pemikiran ini, KTM baru saja merilis versi RC 390 R, motor jalanan edisi terbatas yang siap menghadapi kompetisi Supersport 300 saat dipadu dengan SSP300 Race Kit opsional.




Versi R yang baru terbatas hanya 500 unit dan dipersenjatai dengan serangkaian upgrade hardware untuk membuatnya sangat berguna untuk balapan di sirkuit. Dan semuanya dimulai dengan mengganti segitiga dan setang baru untuk posisi balap yang lebih agresif.

Sebagai bonus, tuas rem dan kopling dari CNC dan dapat dilipat juga hadir, meningkatkan umpan balik dan keamanan. Mereka juga bisa disesuaikan, begitu pula posisi stangnya.

Secara mekanis, RC 390 R dilengkapi dengan suspensi WP depan dan belakang full adjustable serta intake yang lebih pendek untuk meningkatkan efisiensi mesin dan sedikit melebarkan power band. Dan untuk menonjol dari model biasa, RC 390 R selesai dengan warna baru berkualitas tinggi.

Ingin berkompetisi dalam lomba resmi seperti Supersport 300 cup? Well, Anda bisa mengubah RC 390 R ini menjadi mesin balap homologated dengan penambahan kit SSP300. Yang satu ini terbatas hanya 50 unit per tahun dan bisa didapatkan langsung melalui divisi KTM Customer Racing, datang dengan lebih dari 230 bagian individual untuk mengubah motor tersebut menjadi motor balap sejati.

Di antara part ini, kita akan menemukan full exhaust Akrapovic SSP300 EVO02 titanium, ECU balap, STM slipper clutch, quickhshift, berbagai macam kabel, velg cadangan, pilihan gear set yang banyak, sistem pendingin yang lebih besar, serta body baru yang dibuat dari bahan ringan.

KTM RC 390 R 2018 dijual dengan harga 8.500 Euro di Eropa, sementara kit balap SSP300 hadir dengan harga 11.000 Euro. (autoevolution 30/1/2018)