Semuanya disini pasti pada punya motor kan? Ngomongin kerusakan motor, biasanyak kerusakan ini macem-macem. Beragam banget. Tapi, kali ini gue mau ngomongin tentang kerusakan yang sering terjadi pada motor aja. Kerusakan yang emang banyak banget di alami sama kebanyakan motor.
Well, apa aja sih kerusakan motor yang sering terjadi? Dan gimana cara ngatasinnya? Simak beberapa point berikut, Bro!

1. Aki soak
Ini sering banget terjadi. Aki sendiri kan berfungsi sebagai penyimpan arus pada motor. Aki ini dibutuhkan saat proses starting, arus dari baterai akan disalurkan ke motor starter untuk memutar poros engkol mesin. Tapi baterai, juga memiliki batas pakai. Ketika mendekati batas pakainya kapasutas yang mampu ditampung oleh aki itu berkurang. Sehingga lama kelamaan, aki akan soak. Aki soak ini terjadi saat aki tidak mampu lagi menyimpan arus listrik dengan jumlah yang besar.

Gejalanya, sistem starter gak berfungsi dan ketika mesin hidup pada putaran idle sistem elektrikal seperti lampu akan redup.

Gimana cara ngatasinnya?
Kalo masalah ini muncul kita bisa melakukan perbaikan dengan mengganti aki pada aki basah. Atau kalau aki kering, kita perlu mengganti satu set aki karena aki kering itu tertutup sehingga tidak akan bisa untuk hanya mengganti elemen didalam.

2. Mesin susah hidup

Mesin yang susah dihidupkan bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya ;
Baterai akan mati (soak)
Campuran bensin terlalu kurus (lean AFM)
Kompresi mesin rendah
Fuel pump lemah (motor injeksi)
Api busi terlalu kecil
Semua masalah diatas, bisa menyebabkan motor susah dihidupkan khususnya dipagi hari saat suhu mesin masih dingin.

Gimana cara ngatasinnya?
Kalo udah ngalamin mesin susah hidup gini, ngatasinnya yang pertama adalah kita perlu cari tau penyebab kenapa ini mesin susah hidup. Setelah kita tau kenapa mesin susah hidup, baru kita bisa cari tau cara ngatasinnya. Misal, karena aki soak. Kalau aki soak kita bisa ganti aki seperti poin 1 diatas.

3. Mesin brebet
Mesin brebet ini kondisi dimana suara mesin tidak stabil seperti kehabisan bensin. Padahal bukan karena kehabisan bensin, ini terjadi karena adanya missfire pada beberapa siklus mesin yang terjadi. Biasanya masalah ini bisa disebabkan karena beberapa hal;
Pilot jet mampet membuat suplai bensin berkurang.
Busi kotor menyebabkan api busi tidak maksimal
Api busi terlalu kecil bisa juga karena kerusakan didalam busi.

Gimana cara ngatasinnya?
Buat mengatasinya, pertama kita perlu mengetahui dulu dimana letak masalahnya apa pada sistem bahan bakar atau sistem pengapian. Caranya dengan melihat elektroda busi, kalau warnanya putih pucat maka itu tanda masalah sistem bahan bakar. Kita perlu bongkar karburator buat membersihkan seluruh bagiannya termasuk pada pilot jet. Tapi kalau terdeteksi pada sistem pengapian (warna busi nomal/coklat kehitaman) maka kita perlu mengganti businya.

4. Tenaga hilang/ngempos

Motor yang tenaganya hilang atau kita sering sebut ngempos juga ini sering jadi keluhan pemilik motor. Masalah ini lebih sering lagi didera ketika motor kita menanjak. Faktor usia motor menjadi penyebab utama berkurangnya power sepeda motor. Selain faktor usia ada beberapa faktor lain yang membuat tenaga motor hilang, seperti kondisi filter yang kotor. Ini menyebabkan aliran udara seolau terhambat karena ada banyak debu mengendap pada permukaan filter. Sehingga power yang dihasilkan kurang maksimal. Selain itu, motor ngempos juga bisa disebabkan karena tekanan kompresi rendah. Kalau ini, disebabkan keausan pada salah satu komponen antara ring piston dan blok silinder.

Gimana cara ngatasinnya?
Solusinya, kita perlu menyervis dan melakukan tune-up. Kalau kondisi filter gak memungkinkan buat di bersihin, mau gak mau kita perlu ganti filter itu. Tapi kalo ada asap putih yang keluar dari knalpot, kita juga perlu mengganti ring piston dan memperbaiki blok silinder. Kalo udah gini, proses pembongkaran mesin bakal lebih rumit.


5. Keluar asap putih dari knalpot

Asap yang dimaksud ini asap putih tipis kebiru-biruan yang sering kita lihat pada motor-motor dua tak. Asap ini berasal dari oli mesin yang ikut terbakar didalam ruang bakar. Seharusnya, oli mesin gak masuk kedalam ruang bakar. Namun ini bisa terjadi saat ring piston mengalami keausan. Jika ini terjadi, oli dengan mudah masuk kedalam ruang bakar melalui celah ring piston yang semakin membesar.

Gimana cara ngatasinnya?
Buat ngatasinnya kita perlu membongkar seluruh komponen mesin buat mengganti satu set ring piston.

6. Mogok secara tiba-tiba

Motor mogok juga sering dialami oleh pemilik motor. Penyebabnya bukan cuma karena kehabisan bensin, tetapi masih ada penyebab lain misalnya pada CDI. CDI ini komponen pengapian sepeda motor yang dipake untuk mengaktifkan induksi pada ignition coil. Kalo CDI mengalami kerusakan maka induksi pada coil juga tidak terjadi sehingga busi tidak akan mengeluarkan api.

Gimana cara ngatasinnya?
Kita perlu memperbaiki komponen CDI ini. Bisa dikarenakan panas berlebih, soket yang kendor ataupun ada kerusakan pasda rangkaian CDI.

7. Mesin Motor Overheat
Mesin motor melakukan pembakaran supaya dapat berjalan, proses pembakaran artinya ada perubahan energi. Dari proses perubaan energi ini, kita jadi tau kan kalau mesin motor kalau kita pake pasti akan panas. Mesin motor yang overheat ini biasanya banyak penyebabnya, Salah satunya karena Oli Mesin. Karena sebenarnya oli mesin bukan cuma buat melumasi komponen mesin, tapi juga biat mendinginkan. Oli ini bisa mendinginkan dengan menyerap panas mesin dan menyalurkannya ke seluruh komponen mesin. Kalo mesin overheat, biasanya karena ada sumbatan didalam radiator, yang akhirnya sistem pendinginan mesin bakal terganggu. Di oil cooler juga sama. Kalo ada sumbatan pada saluran oli, otomatis penyerapan panas dan daya pelumasan komponen bakal terganggu. Nah, hal itu bikin komponen mesin gak terlumasi oli dan temperatur mesin bakal meningkat drastic yang akhirnya bikin mesin motor overheat.

Gimana cara ngatasinnya?
Kita perlu membersihkan sumbatan saluran yang tersumbat lebih dulu. Biasanya sumbatan ini disebabkan oleh kerak, cara termudah yakni dengan memakai bantuan engine flush. Sebelum agan ganti oli, tuangin sebotol engine flush ke mesin lewat lubang pengisian oli, terus idupin mesin sekitar 15 menit, biasanya kerak bakal rontok terus lakukan penggantian oli mesin. Buat pemilihan oli mesin sendiri, karena motor ane matic, disaranin sama montirnya pake Eni Oil i-Ride 4T Matic. Kata montirnya Eni oil ini dulu namanya Agip. Waktu ane pake vespa dulu emang udah pake Agip sih, tapi sekarang baru tau ada yang buat matic. Pas dipake, tarikannya jadi lumayan enteng.

Nah, itu dia beberapa kerusakan yang sering terjadi pada motor beserta cara mengatasinya. Ada kerusakan lain yang kalian sering alami pada motor kalian gak sih? Kalo ada, Share di komentar dong, Bro!