Transmisi Matic dengan Transmisi Manual? Pilih Mana?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 106
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/649970
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    31
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 8 Mins 9 Secs

    Transmisi Matic dengan Transmisi Manual? Pilih Mana?

    Welcome to my Thread
    Disini saya akan membahas Transmisi apa saja yang biasanya digunakan dalam kendaraan Mobil.

    Sebelum kita membahas Tentang Macam Macam Transmisi, Kita harus memahami dulu apa itu transmisi. Transmisi adalah bagian atau satu kesatuan komponen yang menghubungkan mesin mobil ke roda yang berputar untuk menggerakan kendaraan tersebut. Saat kendaraan meningkatkan kecepatan, mesin akan sampai pada limitnya dan tidak bisa berputar lebih cepat lagi, disinilah transmisi yang memiliki beberapa gear untuk menyamakan kecepatan roda dengan mesin, sehingga kita dapat berkendara lebih cepat atau lebih lambat dari putaran mesin.

    Nah setelah kita memahami apa itu transmisi, kita juga harus tau apa itu transmisi manual.

    Lalu, apa itu transmisi manual?




    Saat pengemudi melakukan perpindahan gear secara manual, pengemudi tersebut harus menginjak kopling agar gear tersebut bisa ‘masuk’ karena selama pengemudi menginjak kopling tersebut, koneksi mesin dengan roda akan ‘terputus ‘. Saat koneksi terputus inilah, pengemudi dapat menganti gear. Kegiatan penggantian gear ke yang lebih tinggi ini lah yang dapat membuat kendaraan bergerak lebih cepat, karena mesin memiliki putaran yang terbatas.

    Lalu apa kelebihan nya?
    • Transmisi manual simple dan mudah perawatannya
    • Biaya perawatan lebih rendah
    • Lebih irit bahan bakar, karena tidak ada energy yang terbuang.

    Namun , sesuatu yang punya kelebihan pasti ada kekurangannya seperti
    • Lelah pada kaki melakukan perpindahan gigi saat dalam keadaan lalulintas macet
    • Perpindahan gigi/ pemilihan gear yang tepat tergantung pada pengemudinya sendiri, terkadang masih ada pengemudi yang tidak menggunakan gigi yang tepat sehingga menyebabkan borosnya bahan bakar dan kurangnya tenaga.



    Selain transmisi manual, ada juga transmisi automatic yang menjadi favorit banyak orang saaat ini, terutama yang sering mengemudi dalam lalu lintas yang padat dan macet.



    Transmisi Automatic






    Transmisi automatic juga menggunakan beberapa gear layaknya transmisi manual, namun alih-alih menggunakan kopling , transmisi automatic menggunakan mekanisme yang biasa disebut torque converter yang bekerja menggunakan cairan oli dan bekerja seperti turbin. Tugas dari Torque Converter disini adalah membantu transmisi mengganti gear saat kecepatan atau putaran mesin yang pas untuk mengganti gear, sehingga pengemudi tidak perlu mengganti gear ataupun menginjak kopling.

    Apa saja kelebihan automatic transmission?
    • Pengoprasian yang mudah
    • Tidak perlu menginjak kopling saat mengganti gear, mengurangi rasa lelah dan pegal pada kaki saat perjalanan dengan lalu lintas padat/ stop and go

    Dibalik kenyamanan dan kemudahandalam pengoprasiannya, automatic transmission memiliki kekurangan, diantarannya:
    • Torque converter memiliki mekanisme yang menyebabkan terbuangnya energy (energy losses) yang juga menyebabkan buruknya konsumsi bahan bakar.
    • Sistem transmisi yang complex atau lebih rumit, menyebabkan lebih mahal dalam perawatan dan penggantian.
    • Rasa berkendara yang tidak seasyik manual dimana energi banyak terbuang di torque converter


    Dari kelebihan dua transmisi tersebut, diciptakanlah transmisi auto gear shift, atau AGS


    Transmisi Auto Gear Shift




    Mekansime dari transmisi ini sangat mirip dengan yang ada pada transmisi manual. Transmisi ini menggunakan beberapa gear, dan kopling sebagai penghubungnya. Namun perbedaannya, adalah saat ingin memasukan gear pengemudi hanya tinggal memasukan transmisi ke mode drive(D) sama seperti mengendarai mobil dengan transmisi automatic, pengemudi pun tidak perlu bersusah payah ataupun lelah untuk menginjak kopling saat perpindahan gear, karena kopling tersebut dikendalikan menggunakan mekanisme ‘robot’ secara otomatis sesuai kebutuhan optimum mesin.
    Namun, selain mesin akan melakukan perpindahan gear dan kopling secara otomatis untuk pengemudi, pengemudi juga memiliki pilihan untuk menentukan gigi yang diinginkannya sendiri, dan akan memerintahkan robot atau perangkat tersebut untuk menggunakan gear yang diinginkan pengemudi, seperti menggunakan transmisi manual.

    Lalu apa kelebihan dari transmisi AGS ini?
    • Pengemudi bebas memilih apakah ingin manual atau automatic sesuai keinginan
    • nyaman untuk berkendara di saat macet
    • Konsumsi bahan bakar lebih baik dari transmisi automatic (tidak ada power loss terbuang seperti pada torque converter)
    • Biaya perawatan dan penggantian part yang lebih murah dari transmisi automatic, karena part dan peratan sama dengan transmisi manual

    Namun transmisi yang memiliki kelebihan pasti ada kekurangan
    • Belum banyak tersedia pada kendaraan sekarang

    Belum banyak memang kendaraan di Indonesia yang menggunakan AGS, Namun mobil terbaru yang menggunakan transmisi AGS ini terdapat pada Suzuki ignis, demi menghadirkan rasa berkendara yang maksimal dan irit bahan bakar tanpa menghilangkan kenyamanan dalam berkendara.






    Apa pendapatmu tentang AGS?? Mobil apa sajakah di Indonesia yang memiliki transmisi AGS?

  2. Giias 2018
  3. #2
    Kopral Dua
    Posts
    32
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 22 Mins 20 Secs
    wah menarik nih thread dijelasin nya, ane tadinya gk ngerti itu matic pake apaan kok gk injek2 kopling, taunya pake torrque converter toh. ane smpe ke yutub buat liat video cara kerjanya hahaha

  4. #3
    Kopral Satu
    Posts
    53
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 56 Secs
    saya sih matic aja om gacapek hehe, manual pegel bgt kaki klo macet

  5. #4
    Prajurit
    Posts
    7
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 2 Hrs 25 Mins 43 Secs
    kalau ane tegantung situasi
    kalau lagi gatel kakinya ya bawa manual
    kalau lagi macet macetan dalam kota ya matic aja bos
    kalau ags ane say no soalnya feelnya aneh mending matic skalian

  6. #5
    Kopral Satu
    Location
    Bekasi Barat
    Posts
    52
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 3 Hrs 16 Mins 47 Secs
    Kalo saran ane sih matic, manual uda rada ketinggalan jaman gan. Secara kalau mobil matic sistem pengereman akan lebih advance dari pada yang masih manual. Kalo ane lebih ke faktor safety aja sih
    Auto Experts Service
    www.autoexpertsservice.com
    Phone: 021 8945 2042 / 8945 2043, Fax: 021 8945 2053
    Address: Jalan Sultan Agung KM 28,5 No. 7. Kranji, Bekasi Barat 17133

  7. #6
    Kopral Satu
    Posts
    53
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 56 Secs
    wah sama nih kaya saya kakinya suka gatelan haha

    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by AutoExperts View Post
    Kalo saran ane sih matic, manual uda rada ketinggalan jaman gan. Secara kalau mobil matic sistem pengereman akan lebih advance dari pada yang masih manual. Kalo ane lebih ke faktor safety aja sih
    tapi kalo feel manual the best om haha

  8. #7
    Kopral Dua
    Posts
    44
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 17 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by Autonetizen View Post
    wah menarik nih thread dijelasin nya, ane tadinya gk ngerti itu matic pake apaan kok gk injek2 kopling, taunya pake torrque converter toh. ane smpe ke yutub buat liat video cara kerjanya hahaha
    wahahaha niat amat smpe liat youtube

  9. #8
    Kopral Satu
    Posts
    55
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 31 Mins 19 Secs
    cerita aja, saya dulu pernah pake ignis yang AGS beberapa waktu lalu, dan emg klo baru pertama mencoba AGS pasti dianggap aneh rasanya. tapi saat sehari pemakaian saja pasti langsung biasa. Ags itu ibaratnya kalian pake manual, tp itu kopling udh ada yg injekin buat kalian, dan driving feelsnya manual bgt, jd klo kita injak gas instan gasnya, gk ada 'ngeden' nya dulu. dan mungkin benar seperti yang TS bilang, gaada energi terbuang karena gk pake torque converter, pakenya kopling doang layaknya manual.





    btw intresting thread

  10. #9
    Kopral Dua
    Posts
    44
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 17 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by gegegogo View Post
    cerita aja, saya dulu pernah pake ignis yang AGS beberapa waktu lalu, dan emg klo baru pertama mencoba AGS pasti dianggap aneh rasanya. tapi saat sehari pemakaian saja pasti langsung biasa. Ags itu ibaratnya kalian pake manual, tp itu kopling udh ada yg injekin buat kalian, dan driving feelsnya manual bgt, jd klo kita injak gas instan gasnya, gk ada 'ngeden' nya dulu. dan mungkin benar seperti yang TS bilang, gaada energi terbuang karena gk pake torque converter, pakenya kopling doang layaknya manual.





    btw intresting thread

    wah nice bgtt udh ngerasain ya, ane masih kepo gmn rasanya AGS hehe. kebanyakan orang bilang aneh dll, malah bikin ane kepo

  11. #10
    Kopral Satu
    Posts
    55
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 31 Mins 19 Secs
    Quote Originally Posted by turboadjie View Post
    wah nice bgtt udh ngerasain ya, ane masih kepo gmn rasanya AGS hehe. kebanyakan orang bilang aneh dll, malah bikin ane kepo
    seperti yg ane bilang om, klo baru sekali rasain, terutama yg biasa bawamatic bilangny aneh, karena karakternya memang miripppp bgt sm manual, yg biasa pake manual, biasanya bakal bilang biasa aja. kalo saya yg biasa pake manual,pake AGS itu kenikmatan bgt dengan gaadanya pedal kopling hehe

 

 
Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. ask: diesel tuning, pilih transmisi matic or manual?
    By accord_maniac in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 5th September 2014, 01:50
  2. WTT Transmisi Matic --> Manual BMW e34 530i
    By wewena69 in forum Engine & Parts
    Replies: 0
    Last Post: 27th March 2013, 02:01
  3. Replies: 23
    Last Post: 4th September 2012, 11:23
  4. Replies: 0
    Last Post: 1st September 2012, 02:19
  5. ganti transmisi hyundai accent dari manual ke matic
    By putu prasaba in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 23rd April 2009, 01:57
Back to top