Penjualan sepedamotor di Indonesia dari Januari-September 2017 turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengungkapkan bahwa penjualan sepedamotor sepanjang sembilan bulan tersebut sebanyak 4,34 juta unit. Angka tersebut, turun 1,4 persen dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 4,35 juta unit.



Penjualan sepedamotor secara nasional memang terkoreksi tipis, karena waktu kerja yang berkurang akibat libur nasional. Namun, pihak AISI sendiri masih optimis, jika penjualan kuda besi di Indonesia masih akan mencapai target, sebesar 5,7 juta unit.

Optimisnya AISI sebagai wadah pabrikan roda-dua di Tanah Air, sangat didukung penuh oleh para anggotanya. Bahkan, para produsen sepedamotor di Tanah Air terus berlomba menghadirkan produk-produk terbaik, guna merangsang daya beli pecinta otomotif.

Dan, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) sebagai salah satu stakeholder tak mau tinggal diam, dengan menyelenggarakan FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2017. Penghargaan tersebut, guna memberikan apresiasi kepada para produsen roda-dua di Indonesia, yang tiada henti menciptakan produk dan inovasi.

“Kami mencatat, sebanyak 37 motor baru telah diluncurkan selama periode satu tahun (September 2016 hingga Agustus 2017). Kemudian, dilakukan penilaian oleh 25 wartawan otomotif dari media cetak dan online. Untuk tahap pertama penjurian, terpilih lima finalis sepedamotor terbaik, yaitu Honda CRF250 Rally, Honda Scoopy, Suzuki GSX-R150, Yamaha Aerox 155, dan Yamaha XMax,” ujar Arief Aszhari sebagai Ketua Dewan Juri FMY 2017.



Selanjutnya, setelah lima finalis terpilih, dewan juri kembali melakukan penjurian untuk memilih satu motor terbaik di FMY 2017.

Untuk penjurian tahup dua ini, masing-masing juri mendapatkan total 25 poin, dengan kembali memperhatikan aspek Desain, Kenyamanan, Keamanan, Nilai Ekonomis, Handling, Performa, Fungsional, Keramahan Lingkungan, Pengalaman Berkendara, serta Harga.

“Setelah melakukan penjurian yang cukup ketat, akhirnya Suzuki GSX-R150 berhasil menyabet gelar motor terbaik di FMY 2017, dengan mendapatkan 161 point, disusul Yamaha XMax 139 point, Yamaha Aerox 116 point, Honda Scoopy 108 point, dan Honda CRF250 Rally 101 point,” tambah Arief.



Lebih lanjut Arief mengatakan, Suzuki GSX-R150 layak mendapatkan gelar motor terbaik FMY 2017, dengan melihat sejumlah aspek: desain, penyematan teknologi keyless entry pertama di kelasnya, bobot teringan di kelasnya, harga kompetitif, headlight LED pertama di kelasnya, dan respon positif dari pecinta roda-dua Tanah Air.

“Kami harapkan, dengan kemenangan ini menjadi pemicu bagi kebangkitan Suzuki di Indonesia. Selain itu, juga diikuti oleh pabrikan-pabrikan lain untuk menghadirkan motor-motor yang lebih baik, dan sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

Penyelenggaraan FMY 2017 yang didukung oleh Pertamina MOR 3, Pertamina Lubricants, dan Asuransi Astra ini bisa dibilang special karena datang dari berbagai segmen roda-dua, mulai dari skuter kecil, skuter besar, dual purpose, serta sport.