KH. Agus Salim. Si Kecil yang sangat pandai berdiplomasi

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 4 of 4
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/648863
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    35
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 1 Hr 56 Mins 40 Secs

    KH. Agus Salim. Si Kecil yang sangat pandai berdiplomasi

    Assalamu’alaikum wr, wb..

    Balik lagi sama ane di thread yang sederhana namun penuh makna hehehe. Kali ini ane gak bosen-bosennya untuk ngasih kalian informasi seputar sejarah negara Indonesia.



    Kalo kalian seorang penghapal yang handal dalam mata pelajaran sejarah, dan inget sama Panitia Sembilan yang bertugas menampung saran, usulan, dari berbagai pemikiran dari anggota tentang dasar negara Indonesia merdeka, harusnya kalian kenal sama satu tokoh yang bakal gue bahas ini. Dia adalah KH. Agus Salim, salah satu anggota Panitia Sembilan. Kenapa gue pilih untuk membahas beliau? Ini semua karena beliau punya karakter yang nyentrik banget, dan kayaknya seru deh bahas salah satu tokoh penting yang pernah berjuang mendapatkan pengakuan Kemerdekaan RI dari negara-negara lain.

    Buat lebih jelasnya, bisa kit abaca di bawah:

    1. Nama Lahir

    Siapa yang sangka ternyata saat lahir beliau tidak langsung dikenal sebagai Agus Salim, melainkan memiliki nama asli Mashudul Haq, yang berarti “pembela kebenaran”. Kedua orang tuanya bernama Soetan Mohamad Salim dan Siti Zainab.

    Emang ya.. arti nama itu kayak cerminan diri kita sendiri mau jadi apa hahaha.

    2. Lahir di Sumatera Barat

    KH. Agus Salim adalah seorang pria asli Sumatera Barat. Beliau lahir di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat pada tanggal 8 Oktober 1884. 61 tahun sebelum Indonesia memperoleh Kemerdekaan.

    3. Latar belakang pendidikan yang baik
    KH. Agus Salim bersekolah di sekolah khusus anak-anak Eropa, Europeesche Lagere School (ELS). Setelah lulus, beliau melanjutkan menimba ilmu di Hoogere Burgerschool (HBS) di Batavia (Jakarta) dan mendapat predikat sebagai lulusan terbaik di HBS.

    4. Terjun ke dunia politik melalui Sarekat Islam

    KH. Agus Salim pernah menjadi anggota dan pemimpin organisasi Sarekat Islam. Organisasi ini terbilang berani karena sangat lantang menyuarakan pendapat dan mengkritik pemerintah.

    5. Aktif dalam lembaga-lembaga kelengkapan negara dan menteri

    Setelah Indonesia merdeka, beliau pernah menjadi anggota di Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dan bergabung di Kabinet Sjahrir II dan III sebagai menteri.

    Beliau juga pernah menorehkan satu kiprah yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia, yaitu melakukan sebuah misi diplomasi ke Mesir yang terjadi pada tahun 1947 demi memperoleh pengakuan atas kemerdekaan Indonesia. Beliau menjalankan misi ini gak sendiri, tapi ditemani oleh Abdul Rahman Baswedan, Mohammad Rasjidi, dan Sutan Nazir Pamoentjak sebagai diplomat Indonesia.

    Berkat kerja keras keempat sekawan ini, Mesir berhasil jadi negara pertama yang mengakui Kemerdekaan Indonesia.

    6. Menjadi anggota Panitia Sembilan

    Panitia Sembilan adalah panitia yang beranggotakan sembilan orang yang bertugas untuk merumuskan dasar negara Indonesia yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945. Panitia Sembilan dibentuk pada tanggal 1 Juni 1945. Terbentuknya panitia sembilan bermula ketika Jepang telah berjanji untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Kemudian dibentuklah Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 April 1945. Kemudian anggota-anggota BPUPKI dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 dan persidangan pertama dilakukan keesokan harinya sampai dengan 1 Juni 1945. Setelah itu dibentuk panitia kecil yang berjumlah 9 orang yang bertujuan untuk merumuskan gagasan-gagasan tentang dasar-dasar negara.

    Itu dia sedikit informasi tentang KH. Agus Salim. Semoga thread ini bermanfaat ya buat nambah olmu sejarah kita. by the way kalo ada yang mau nambahin informasi tentang KH. Agus Salim boleh loh komen di bawah. Ditunggu!

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    jaks-bar
    Posts
    7,360
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 3 Wks 1 Day 18 Hrs 37 Mins 26 Secs
    wowww nice infooo

  4. #3
    Sersan Kepala
    Location
    all over indonesia
    Posts
    638
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Day 13 Hrs 43 Mins 32 Secs
    Selain itu beliau juga mahir berbahasa Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Arab, Turki dan Jepang dan terkenal atas keberaniannya dalam berdiplomasi (menentang Agresi Militer Belanda di KMB, pidatonya di Volsraad, orasi melawan PKI dll)..

  5. #4
    Kopral Dua
    Posts
    35
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 1 Hr 56 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by the_devil View Post
    Selain itu beliau juga mahir berbahasa Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Arab, Turki dan Jepang dan terkenal atas keberaniannya dalam berdiplomasi (menentang Agresi Militer Belanda di KMB, pidatonya di Volsraad, orasi melawan PKI dll)..
    cool
    waktu ke Mesir juga dia ya yang mimpin? buat dapetin pengakuan kedaulatan dari Mesir

 

 
Tekiro Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 45
    Last Post: 27th April 2015, 11:17
  2. aveo cupu yang sangat standard..
    By andireza in forum Chevrolet
    Replies: 105
    Last Post: 20th March 2014, 12:28
  3. Replies: 34
    Last Post: 25th May 2013, 02:46
  4. pemandangan menara bbc yang sangat indah
    By ogi_srt in forum Automotive
    Replies: 32
    Last Post: 16th June 2009, 15:15
  5. =IKLAN PORSCHE 911 yang sangat menyentuh hati =
    By GameRacer in forum Automotive
    Replies: 19
    Last Post: 12th June 2008, 23:59
Back to top